Ada berbagai perbedaan yang cukup kontras antara WWE dengan MMA yang membuat kedua olahraga hiburan ini memiliki penggemarnya masing-masing. WWE atau World Wrestling Entertainment dan MMA atau Mixed Martial Arts merupakan dua hal yang berbeda. Meskipun begitu, baik WWE ataupun MMA sama-sama memiliki banyak pendukung fanatik yang sangat luar biasa.

Banyak orang yang kemudian membandingkan antara WWE dan juga MMA. Bagi sebagian pihak, WWE dianggap lebih baik dibandingkan MMA. Begitu juga sebaliknya, di mana sebagian lain berpendapat jika MMA lebih baik daripada WWE. Namun, mungkin banyak Geeks yang masih bingung tentang apa sebenarnya perbedaan besar antara WWE dan juga MMA. Dan berikut adalah beberapa penjelasannya.

Jenis Gaya Bertarung

Sesuai namanya, World Wrestling Entertainment atau WWE merupakan sebuah wadah yang memang khusus memperlihatkan atau mempertontonkan pertandingan gulat. Tidak ada unsur olahraga atau bela diri lainnya yang diperlihatkan oleh para atlet WWE selain kemampuan gulat. Inilah mengapa banyak teknik seperti Grapling Hold atau Joint Lock sering dipertontonkan dalam pertandingan WWE.

Sedangkan, MMA sendiri memperlihatkan campuran dari berbagai ilmu seni bela diri. Mulai dari gulat, tinju, Judo, dan sebagainya. Namun, salah satu ilmu bela diri yang sering dipraktikan atau diperlihatkan adalah Jiu-Jitsu. Kombinasi dari tendangan, pukulan, serta kuncian adalah hal lumrah dalam sebuah pertarungan MMA. Kombinasi inilah yang membuat pertarungan MMA dianggap lebih menghibur.

Jenis Pertarungan

Dalam pertarungan gulat WWE para penonton akan disuguhkan oleh elemen lain di luar olahraga tersebut, yaitu hiburan (entertainment). Hiburan dalam pertarungan WWE bisa beragam, contohnya adalah drama perselisihan antar pegulat. Inilah alasan mengapa kemudian para pegulat WWE memiliki musik pengiring ketika mereka masuk atau memiliki persona di atas ring yang berbeda.

Meskipun begitu, kemampuan gulat dan pertarungan di atas ring adalah hal yang nyata. Mereka semua berlatih sebelum momen pertarungan agar tidak ada salah perhitungan. Sedangkan, pertarungan MMA seperti Ultimate Fighting Championship adalah pertarungan kontak penuh di mana kedua petarung akan saling serang seperti halnya olahraga lain seperti tinju, Muay Thai, atau kickboxing.

Tanpa Skrip

Seperti dijelaskan di atas, WWE adalah sebuah pertarungan gulat yang dibalut dengan hiburan. Ada banyak drama dan hal lainnya yang disuguhkan dalam pertarungan WWE, seperti naskah skrip yang sudah disiapkan dalam setiap pertandingan. Para pegulat akan berlatih “adegan” yang akan mereka lakukan di momen pertandingan nanti. Bisa juga mereka sudah berlatih siapa yang akan menang dan kalah dalam sebuah pertandingan.

perbedaan wwe dengan mma

Di sisi lain, pertarungan MMA sama sekali tidak menggunakan skrip atau direncanakan sebelumnya. Mereka benar-benar bertarung satu sama lain dan berusaha untuk saling mengalahkan. Tidak ada yang tahu siapa yang akan menang atau siapa yang akan kalah di pertandingan tersebut. Siapa yang kemudian mampu bertahan sampai akhir, maka dialah pemenangnya. Meskipun begitu, ada juga beberapa elemen kecil di luar octagon yang memang dipersiapkan demi promosi dari pertandingan tersebut atau promosi sebuah produk.

Kelas Pertandingan

Layaknya dalam sebuah pertandingan olahraga seperti tinju, MMA juga memiliki kelas tersendiri tergantung dari berat badan para petarung. Misalnya, ada kelas bulu (Featherweight), kelas ringan (Lightweight), dan bahkan kelas berat (Heavyweight). Total ada sekitar sembilan kelas yang ada dalam sebuah pertandingan MMA. Dan dalam setiap pertandingan selalu ada juri yang akan menentukan siapa pemenangnya.

Berbeda dengan MMA, WWE justru sama sekali tidak memiliki kelas pertandingan. Artinya, mereka yang bertubuh kecil bukan tidak mungkin bertarung melawan pegulat bertubuh besar. Contohnya adalah Rey Mysterio yang pernah bertarung melawan The Undertaker. Di sisi lain, WWE memiliki lebih banyak jenis pertandingan daripada MMA. Misalnya, Hell in a Cell, Royal Rumble, Ladder Match, dan masih banyak lainnya. WWE tidak memiliki juri, namun ada wasit yang bisa menentukan pertandingan tersebut.

Aturan Pertandingan

WWE dan MMA memiliki perbedaan aturan pertandingan yang cukup kontras. Dalam sebuah pertandingan MMA ada berbagai aturan yang harus para petarung ikuti. Misalnya tidak boleh menyerang bagian bawah tubuh, memiting leher, dan sebagainya. Ada beberapa cara untuk menentukan pemenang dalam pertandingan MMA yaitu diskualifikasi, technical knockout, submission, dan melalui keputusan juri.

perbedaan wwe dengan mma

Dalam pertandingan WWE ada berbagai aturan yang justru berbanding terbalik dengan MMA. Misalnya, para pegulat diperbolehkan untuk keluar dari ring meskipun ada juga peraturan yang melarang hal tersebut. Kemudian, para pegulat di WWE diperbolehkan memiting leher lawan. Pemenang dalam pertandingan WWE ditentukan dalam tiga cara; submission, diskualifikasi, dan pinfall. Pinfall sendiri adalah momen ketika pegulat menahan tubuh dari musuhnya yang tergeletak dan wasit akan menghitung sampai tiga.

Jenis Ring

MMA dan WWE menggunakan jenis ring yang berbeda untuk pertandingan mereka. MMA biasanya menggunakan jenis ring yang memiliki delapan sudut atau yang biasa disebut sebagai Octagon. Tidak ada embel-embel lain yang muncul di Octagon. Sedangkan, WWE menggunakan jenis ring yang sama seperti olahraga tinju yaitu berbentuk persegi. Namun, tidak jarang ring tersebut mengalami modifikasi.

perbedaan wwe dengan mma

Seperti yang disebutkan di atas, WWE memiliki banyak jenis pertandingan seperti salah satu contohnya adalah ‘Hell in a Cell’ yang membuat ring mengalami modifikasi dengan menambahkan jeruji besi. Tidak jarang juga pertarungan WWE terjadi di luar ring, misalnya di belakang panggung atau bahkan di sebuah tempat parkir kendaraan. Hal ini sengaja mereka lakukan untuk menghadirkan kesan dramatis dalam pertarungan tersebut. Ring WWE juga dianggap lebih aman dari Octagon, karena ring WWE memang didesain untuk melindungi para pegulat dari cidera.

Penampilan

Salah satu perbedaan WWE dengan MMA yang paling kontras adalah penampilan dari para petarung atau apa yang mereka gunakan. Dalam pertandingan WWE, para pegulat bebas menggunakan apa pun mulai dari celana panjang atau pun celana pendek. Meskipun mayoritas tidak mengenakan baju, namun tidak jarang juga ada pegulat yang menggunakan kostum dengan warna mencolok dan cerah atau mengenakan pakaian dalam seperti kaus singlet.

perbedaan wwe dengan mmaNamun, dalam pertandingan MMA seluruh petarung mengikuti aturan yang serupa. Untuk para petarung pria wajib tidak mengenakan pakaian dan hanya mengenakan celana pendek. Para petarung bebas memilih warna dari celana pendek mereka. Sedangkan, untuk para petarung wanita selain memakai celana pendek mereka juga mengenakan pakaian khusus seperti sports bra atau bra khusus untuk olahraga. Sebagian ada yang juga mengenakan knee dan ankle support.

Bayaran

Bayaran menjadi salah satu perbedaan lainnya antara WWE dengan MMA. Mantan juara UFC kelas Bantam, Ronda Rousey, pernah mengatakan bahwa bayaran dari WWE jauh lebih besar dari MMA – dalam hal ini adalah UFC. Dalam sebuah pertarungan MMA, seorang petarung biasa akan dibayar kurang lebih 30.000 Dollar amerika. Sedangkan, seorang pegulat yang kurang populer di WWE akan mendapatkan bayaran per tahun sebesar 500.000 Dollar Amerika.

perbedaan wwe dengan mmaAngka tersebut bisa muncul dalam satu pertandingan WWE, jika menghadirkan seorang pegulat bintang. Contohnya adalah mega bintang dari WWE, seperti John Cena, akan dibayar 500.000 Dollar Amerika dalam satu pertandingan. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa tidak sedikit petarung MMA yang ingin bergabung dengan WWE seperti halnya Ronda.

Jadwal Tayang

Perbedaan terakhir antara WWE dengan MMA adalah jadwal tayang di televisi. Harus diakui jika media menjadi cara untuk meningkatkan popularitas kedua jenis pertandingan. Namun, jika membandingkan antara keduanya maka WWE jauh lebih “sibuk” dibandingkan MMA. Popularitas MMA saat ini memang sedang meningkat yang mana berefek pada ramainya jadwal pertandingan di televisi.

Namun, WWE menghadirkan lebih banyak pertandingan di televisi jika dibandingkan dengan pertandingan MMA. Vince McMahon diketahui memproduksi minimal tiga pertunjukan dalam satu minggu di sepanjang tahun. Belum lagi ada event pertandingan yang khusus ditampilkan di kanal khusus seperti Pay-Per-View alias PPV

MMA dan WWE adalah hiburan olahraga yang sedang populer dalam beberapa tahun belakangan. Selain di Amerika, popularitas dari keduanya bahkan menyebar ke seluruh dunia bahkan ke Indonesia. Namun, terlepas dari beberapa perbedaan yang kontras antara WWE dan juga MMA kedua hiburan olahraga ini masih akan terus berkembang dalam beberapa tahun kedepan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.