Kemungkinan mimpi besar Luffy dalam cerita One Piece adalah menjadi seekor ikan atau menjadi manusia ikan agar bisa bebas berenang di lautan. Mimpi besar Luffy merupakan salah satu teka-teki yang cukup membuat para fans penasaran. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Luffy memiliki mimpi besar dalam hidupnya yang dia ungkapkan kepada kru Topi Jerami.

Sayangnya, kita tidak pernah tahu apa sebenarnya mimpi dari Luffy tersebut karena Oda Sensei selalu menghilangkan bagian tersebut. Banyak spekulasi yang kemudian muncul di kalangan fans terkait dengan hal tersebut. Dan salah satu yang menarik adalah munculnya teori jika mimpi besar Luffy kemungkinan adalah menjadi seekor ikan atau manusia ikan agar bisa berenang dengan bebas.

Berbagai Petunjuk yang Ada

Teorinya sendiri menjelaskan jika ada lima chapter yang secara spesifik menjadi petunjuk tentang mimpi besar Luffy untuk menjadi seekor ikan. Yang pertama adalah chapter perdana dari seriesnya. Di awal cerita One Piece, Luffy diketahui tidak memiliki kemampuan untuk berenang. Itulah alasan mengapa kemudian Luffy mendapatkan panggilan Anchor atau jangkar.

Shanks sendiri nampak mengejek sebutan Luffy tersebut. Dan dalam chapter itu juga dijelaskan bahwa menurut Shanks, seorang bajak laut adalah seseorang yang memang pandai dalam hal berenang. Hal yang sama juga kemudian kembali ditegaskan oleh Benn Beckman, di mana menjdi seorang bajak laut artinya harus berenang. Kata-kata Luffy sebelum dia memakan buah iblis adalah “Aku akan belajar berenang.”

Hal yang kemudian Luffy pertama kali lakukan pasca memakan buah iblis adalah membeli seekor ikan. Menurut teorinya, bagaimana Luffy membeli seekor ikan setelah dia memakan buah iblis dianggap sebagai sesuatu yang aneh. Pasalnya, Luffy sendiri bukan sosok yang senang dengan ikan melainkan daging. Dan di chapter ini juga Luffy bersumpah untuk bisaa melampaui Shanks yang diketahui handal dalam hal berenang.

mimpi luffy

Kemampuan Shanks dalam hal berenang kemungkinan ada kaitannya dengan tidak adanya kru bajak lautnya yang memiliki kekuatan buah iblis. Hal ini pun sama dengan kru dari kelompok bajak laut Roger yang sama sekali tidak memakan buah iblis, kecuali Buggy yang tidak sengaja memakannya. Dan contoh paling nyata dari hal ini, selain Shanks adalah Silvers Rayleigh yang bisa juga jadi gambaran dari mimpi Luffy.

Dalam chapter 590, Luffy berada dalam titik terendah dalam hidupnya pasca pertempuran puncak di Marineford. Dia saat itu bersama Jinbei, yang merupakan manusia ikan, dan ingat jika hal penting yang dia miliki dan ingin dia temui adalah teman-temannya. Luffy tidak bisa bertemu dengan teman-temannya karena lautan jadi pembatas alami diantara mereka. Dan kejutan pun muncul di chapter 591.

Dalam chapter tersebut sang raja kegelapan, Silvers Rayleigh, berenang menuju Amazon Lily dengan melewati Calm Belt. Reaksi Jinbei – serta kru dari bajak laut Hati – mengetahui hal tersebut benar-benar sangat terkejut. Kemampuan itulah yang diyakini sangat diinginkan oleh Luffy dan apa yang dimaksud Luffy menjadi orang yang paling bebas di lautan.

Petunjuk Lainnya

Pada chapter 1060 dan 1061, kita diperlihatkan bagaimana Luffy mengatakan mimpi besarnya kepada kru Topi Jerami. Dan semua reaksinya memang sangat terkejut dan bahkan Sanji meminta untuk memeriksakan isi kepala dari Luffy. Namun, yang menarik adalah reaksi dari Jinbei pasca mendengar mimpi besar Luffy itu dan apa yang dia ucapkan setelahnya.

mimpi luffySetelah mengatakan apa mimpinya, mereka mengalami kejadian buruk di mana kru Topi Jerami harus terpisah dan Luffy pun jatuh ke laut. Dia tidak bisa berenang namun, untungnya Jinbei berhasil menyelamatkannya. Setelah diselamatkan oleh Jinbei, Luffy kemudian berbicara tentang Gear 5 kepada Bonney dan mengatakan bahwa itu adalah form ketika dia merasa bebas. Padahal, sebelumnya dia sempat hampir tewas akibat tenggelam.

Berenang kemungkinan memiliki peranan yang cukup besar dalam ide Luffy tentang kebebasan. Luffy kemungkinan akan mencari cara agar dia bisa berenang dengan bebas di lautan. Karena, rasanya Luffy tidak akan terus-menerus diam dan menerima keadaan bahwa dia tidak bisa berenang.

Koneksi Dengan Karakter Lain

Mimpi Luffy untuk menjadi seekor ikan mungkin memang terdengar konyol. Namun, hal tersebut bisa jadi memiliki berbagai implikasi atau koneksi terhadap ceritanya. Meskipun masih sekedar spekulasi, namun bisa jadi ada hubungan antara mimpi Luffy tersebut dengan All Blue, Sun Pirates, Joy Boy, Im, dan lain-lain. Mimpi Luffy untuk menjadi ikan menghubungkannya dengan Sanji. Sanji sendiri memiliki mimpi untuk menemukan sebuah jenis ikan.

Kita kemudian tahu jika Nami memiliki pengalaman yang buruk dengan manusia ikan. Luffy kemudian menganggap Shirahoshi, putri duyung yang memang dekat dengan Nami, sebagai adik perempuannya. Di Wano, kita melihat Momo dianggap oleh Luffy sebagai adik laki-lakinya. Bajak laut Matahari dan para manusia ikan juga saling terhubung dalam banyak cara di ceritanya.

mimpi luffy

Luffy mengatakan bahwa dia ingin menjadi seekor ikan bisa dibilang pas dan menarik. Karena, ada asumsi jika Joy Boy dan para manusia ikan serta pulau manusia ikan memiliki ikatan yang kuat. Lalu, kutukan pemakan buah iblis tidak bisa berenang kemungkinan ada kaitannya dengan Im. Luffy kemungkinan akan menghapuskan atau mennghilangkan kutukan tersebut di akhir ceritanya.

Sehingga, semua pengguna buah iblis, seperti Luffy, pada akhirnya bisa berenang di laut dana jadi orang paling bebas di lautan. Dan yang menarik, dalam setiap cerita sampul atau gambar yang mewakili Eiichiro Oda, karakternya selalu berkaitan dengan ikan. Gambar dari Eiichiro Oda diperlihatkan bagian kepalanya adalah ikan. Jadi, apakah Luffy akan mampu mewujudkan mimpinya tersebut? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.