Penggemar setia Marvel, baik komik maupun jagat sinema MCU, pasti tahu siapa Stan Lee. Penulis, editor, dan produser Amerika yang telah lama menjadi wajah komik superhero ini tercatat telah menciptakan banyak sekali karakter ikonis Marvel, termasuk Spider-Man, Iron Man, Hulk, X-Men, dan Scarlet Witch. Namun tahukah kalian bahwa selain karyanya di Marvel Comics, Stan Lee juga telah lama berkontribusi dalam penciptaan karakter menakjubkan lain di luar Marvel, sebelum akhirnya dia meninggal pada tahun 2018. Berikut ini adalah sepuluh karakter non-Marvel ciptaan Stan Lee yang harus kalian tahu!

The Accuser

Karakter ciptaan stan lee

The Accuser adalah salah satu karakter ciptaan Stan Lee untuk tayangan animasi web berjudul sama yang diproduksi oleh Stan Lee Media. Karakter yang mempunyai nama asli Dan Mason ini awalnya hanyalah seorang pengacara kriminal. Kehidupannya langsung berubah drastis setelah seorang klien sengaja meledakan bom di dekatnya sehingga istri Dan tewas, sementara dirinya mengalami kelumpuhan. Pada titik inilah dia diselamatkan oleh karakter misterius bernama Stranger yang memberinya kursi roda canggih yang bisa berubah menjadi armor, sehingga Dan bisa beraksi sebagai vigilante bernama The Accuser.

The Condor

Karakter ciptaan stan lee

Pertama kali diperkenalkan di film animasi superhero tahun 2007, The Condor adalah nama dari salah satu karakter non-Marvel ciptaan Stan Lee yang cukup populer di kalangan penggemar. Dia sejatnya adalah seorang remaja latin bernama Tony Valdez yang mengalami kelumpuhan setelah mengalami kecelakaan yang menewaskan orang tuanya. Suatu hari sahabatnya yang bernama Sammi datang dengan nanobots yang bisa membuat Tony kembali berjalan. Dengan skateboard dan helm berteknologi tinggi, Tony mulai menjadi The Condor untuk mencari tahu kebenaran tentang kematian orang tuanya.

Chakra

Karakter ciptaan stan lee

Selain aktif menciptakan karakter Amerika, siapa sangka ternyata Stan Lee juga pernah bekerja sama dengan media India untuk melahirkan superhero lokal bernama Chakra. Karakter non Marvel ciptaan Stan Lee ini debut di komik digital Chakra The Invincible yang berfokus pada seorang anak ajaib bernama Raju Rai. Kisah Raju sendiri bermula ketika dirinya tiba-tiba menemukan sebuah cakra ajaib di gua suci India yang memberinya kekuatan super, seperti teleportasi, telekinesis, telepati dan menyembuhkan diri sendiri. Sejak saat itulah dia mulai beraksi sebagai superhero yang melindungi negaranya.

Cyber Crusaders

Cyber Crusaders adalah sebutan untuk tim superhero non Marvel ciptaan Stan Lee yang para karakter utamanya terdiri dari para personil boy band Backstreet Boys. Semuanya bermula ketika Nick Carter dari Backstreet Boys sengaja mendatangi Stan Lee untuk dibuatkan komik superhero tentang boy bandnya. Hasilnya lahirlah komik enam issue yang berfokus pada Nick dan kawan-kawan, di mana mereka mendapatkan teknologi alien yang memberikan beragam kekuatan menakjubkan serta kostum yang keren sekaligus kuat. Misi mereka adalah menghalau invasi alien yang mengancam kedamaian Bumi.

The Governator

Karakter ciptaan stan lee

Pada tahun 2011 silam penggemar dunia superhero Amerika sempat dibuat antusias dengan karakter non Marvel ciptaan Stan Lee dan aktor Arnold Schwarzenegger yang bernama The Governator. Arnold yang pada saat itu masih menjabat sebagai Gubernur California ingin mewujudkan ide isengnya dalam bentuk series animasi. Di mana dia digambarkan sebagai seorang gubernur sekaligus superhero yang memanfaatkan teknologi canggih dalam setiap aksinya. Sayangnya sebelum ceritanya sampai ke penggemar, series The Governator lebih dahulu dibatalkan karena pada saat itu Arnold tersandung skandal.

Heroman

Karakter ciptaan stan lee

Meskipun sempat gagal dengan The Governator, tetapi Stan Lee tidak pernah menyerah untuk menciptakan series menarik lainnya pada tahun yang sama. Bersama sineas Jepang Tamon Ohta, Stan Lee akhirnya berhasil merilis series anime berjudul Heroman yang berfokus pada seorang anak bernama Joey Jones dan robot supernya yang harus melindungi dunia dari serangan alien. Joey dan robotnya yang bernama Heroman ini tidak lain adalah dua karakter ciptaan Stan Lee yang tidak melulu soal Marvel, tetapi tetap mempunyai keunikan tersendiri. Dengan arahan Joey, Heroman terbukti mampu memanipulasi ukuran tubuhnya serta mempunya tinju listrik yang sangat mematikan.

The Mighty Seven

Karakter ciptaan stan lee

Debut di komik terbitan PGS Entertainment, The Mighty Seven adalah sebuah tim super alien yang semua karakter di dalamnya merupakan ciptaan Stan Lee sekaligus mempunyai koneksi kuat dengannya. Pasalnya, Stan Lee turut muncul dalam ceritanya sebagai penulis komik yang tidak sengaja menemukan pesawat alien yang terjatuh. Di dalamnya ada dua penegak hukum alien bernama Strong Arm dan Silver Skylark, bersama dengan lima penjahat galaksi: Lazer Lord, Roller Man, Lady Lightning, Micro, dan Kid Kinergy. Bersama Stan Lee mereka lantas menjadi sebuah tim super yang berusaha melindungi Bumi dari bangsa alien kadal, sambil mencari jalan untuk kembali ke planet asalnya masing-masing.

Mosaic

Mosaic adalah karakter alien ciptaan Stan Lee yang digambarkan mempunyai kemampuan unik untuk mengubah DNA di dalam tubuhnya menjadi seperti bangsa lain. Dengan kemampuannya ini Mosaic diceritakan membantu seorang aktris bernama Maggie Nelson yang ayahnya diculik oleh bangsanya yaitu bangsa alien Chameliel. Merasa bertanggung jawab atas kekacauan yang disebabkan oleh bangsanya, Mosaic bersumpah untuk melindungi Bumi beserta semua isinya. Siapa sangka ternyata Maggie sendiri akhirnya mendapatkan kekuatan supernya sendiri setelah mengelami sebuah peritiwa mengerikan. Sejak saat itulah mereka berjuang bersama untuk menghadapi para Chameliel.

Stripperella

Dari semua karakter yang ada di daftar ini bisa dipastikan bahwa Stripperella adalah ciptaan Stan Lee yang paling vulgar. Pertama kali diperkenalkan melalui series berjudul sama yang rilis tahun 2003-2004, Stripperella adalah seorang stripper sekaligus bernama asli Erotica Jones yang karakternya terinspirasi dan disuarakan langsung oleh aktris seksi Pamela Anderson. Di luar pekerjaannya sebagai seorang penari eksotis, ternyata Erotica adalah seorang superheroin sekaligus agen rahasia yang menggunakan keahlian serta gadget canggih miliknya untuk membasmi kejahatan.

Starborn 

Karakter ciptaan stan lee

Starborn adalah karakter superhero non Marvel ciptaan Stan lee yang melakukan debutnya di komik berjudul sama terbitan BOOM! Studios. Sebagai seorang novelis yang karyanya tidak pernah rilis, karakter bernama asli Benjamin Warner ini akhirnya menyadari bahwa dia sejatinya adalah alien yang mempunyai kemampuan super, seperti telepati, manipulasi energi, serta regenerasi. Dengan semua kekuatan miliknya, dia lantas memutuskan untuk beralih profesi menjadi superhero pelindung Bumi bernama Starborn. Sampai akhirnya dia bertemu dengan dua karakter tangguh lainnya yang turut berbagi tujuan dengannya, yaitu sang pengendali waktu The Traveler dan superhero berarmor Soldier Zero.

Demikianlah sepuluh karakter ciptaan Stan Lee yang tidak kalah menarik dari karya-karyanya di Marvel Comics. Eksistensi dan popularitas para karakter ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa kreativitas dan imajinasi seorang Stan Lee tidak hanya dimaksudkan untuk meramaikan dunia superhero Marvel. Pada kenyatannya walaupun dia lebih terkenal sebagai wajah Marvel, tetapi warisan kreatifitasnya tidak melulu soal Marvel dan pada akhirnya terus meluas ke berbagai perusahaan media hiburan lainnya. Dari semua karakter non Marvel ini mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.