Dalam cerita One Piece sejauh ini ada beberapa Black Blade atau pedang hitam yang sudah muncul dan diperkenalkan oleh Eiichiro Oda. Pedang menjadi salah satu senjata yang umum digunakan oleh berbagai karakter yang ada di cerita One Piece. Mulai dari karakter protagonis, sampai karakter antagonis, ada banyak yang menggunakan pedang sebagai senjata utama mereka.

Menurut penjelasan dalam ceritanya, pedang yang ada di dunia One Piece terbagi dalam tiga kategori; Meito alias pedang yang populer, Yoto atau pedang terkutuk, dan yang ketiga adalah Kokuto atau pedang hitam. Sejauh ini, pedang hitam alias Kokuto sendiri jumlahnya masih sangat sedikit yaitu hanya dua pedang.

Apa Itu Black Blade

Lalu, apa sebenarnya Black Blade atau Kokuto? Pedang hitam atau Black Blade ini bisa dibilang adalah klasifikasi tertinggi dari ketiga jenis pedang yang ada, di mana tidak semua pedang kemudian bisa masuk dalam kategori ini. Bahkan, pedang hitam sebenarnya tidak bisa didapatkan melainkan diraih dengan cara terus menerus digunakan.

Selain harus digunakan secara terus-menerus, koneksi kuat antara pengguna dan pedangnya juga menjadi salah satu kunci untuk membuat pedang hitam. Dalam arc Wano kemarin, Tenguyama Hitetsu juga sempat menjelaskan bahwa kemampuan Haki menjadi kunci lainnya untuk bisa merubah sebuah pedang menjadi pedang hitam terutama Conqueror Haki.

Namun, tidak ada detil seberapa lama pengguna pedang harus menggunakan secara terus-menerus pedang tersebut agar kemudian bisa menjadi Black Blade. Namun, ada kemungkinan jika prosesnya berlangsung sama lama yaitu tahunan atau bahkan puluhan tahun. Bisa jadi, ini juga yang kemudian menjadi alasan tidak banyak Black Blade yang diperkenalkan atau muncul dalam ceritanya. Mungkin, Oda Sensei akan memberikan informasi detil mengenai hal ini pada masa yang akan datang.

Black Blade Shusui

Shusui merupakan Black Blade yang muncul selanjutnya dalam cerita One Piece pasca Yoru. Pedang Hitam ini pertama kali muncul dalam alur cerita Thriller Bark, di mana pada saat itu Zoro bertemu dengan zombie dari dewa pedang asal Wano yaitu Ryuma. Keduanya kemudian saling bertarung, yang mana kemudian pertarungannya berhasil dimenangkan oleh Zoro.

Zombie Ryuma saat itu kemudian sangat senang dengan Zoro dan mengatakan jika pedang Shusui akan senang dengan pemilik barunya tersebut. Meskipun begitu, fakta mengejutkan kemudian muncul di mana ternyata Shusui bukan hanya pedang yang digunakan oleh Ryuma. Shusui merupakan pedang yang menjadi harta karun bagi penduduk di Wano.

Black blade one piece

Mengetahui hal tersebut, Kozuki Hiyori kemudian melakukan penawaran kepada Zoro. Hiyori meminta Zoro untuk melepaskan pedang Shusui dan sebagai gantinya dia akan memberikan salah satu pedang milik Kozuki Oden yang diwariskan kepadanya yaitu pedang Enma. Menurut informasinya, pedang ini digunakan oleh Ryuma untuk melindungi negara Wano.

Kedahsyatan pedang Shusui pernah beberapa kali diperlihatkan, misalnya ketika Zoro menghancurkan sebuah kapal dengan hanya satu tebasan. Atau ketika dia menggunakan pedang ini dalam menghadapi Pica. Juga saat Zoro menggunakannya untuk menghadapi Oars. Meskipun bukan bagian dari cerita canon, Shusui adalah pedang yang digunakan oleh Ryuma untuk menghabisi seekor naga pada zaman dahulu.

Black Blade Yoru

Yoru merupakan Black Blade alias Pedang Hitam pertama yang diperkenalkan dalam cerita One Piece, di mana pedang ini muncul ketika Dracule Mihawk menghancurkan kapal Don Krieg dan melukai tubuh Zoro. Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang Saijo O Wazamono atau pedang dengan kualitas sempurna.

Sejauh ini baru 3 pedang yang diperlihatkan dalam cerita yang masuk dalam klasifikasi pedang sempurna, yaitu Yoru, Shodai Kitetsu, dan Murakumogiri. Selain menjadi pedang dengan kualitas sempurna, Yoru juga merupakan pedang yang masuk dalam kategori pedang hitam alias Black Blade. Selain menghancurkan kapal Don Krieg dengan mudah ada juga kedahsyatan lainnya dari pedang ini.

Misalnya ketika Mihawk mampu membelah ombak es saat perang besar di Marineford. Kedahsyatan dari pedang Yoru juga pernah diperlihatkan ketika Mihawk menghancurkan meteor yang ditarik oleh Issho dengan pedang ini. Hingga saat ini, masih belum ada informasi dari mana Mihawk mendapatkan pedang tersebut.

Black blade one piece

Selain itu, belum diketahui juga apakah Mihawk mendapatkannya sedari awal dan kemudian merubahnya menjadi pedang hitam atau Mihawk menemukannya sudah dalam keadaan berubah menjadi pedang hitam. Serta, tidak diketahui siapa yang membuat pedang Yoru dan dari mana asalnya.

Pedang Yoru sendiri kemungkinan memiliki tinggi sekitar lebih dari 190 cm, hal ini dikarenakan pedangnya mampu melampaui tinggi Mihawk ketika disimpan di belakang. Mihawk sendiri sering terlihat menggunakan dua tangannya untuk bisa mengayunkan pedang Yoru, tetapi yang dahsyatnya adalah tidak jarang dia hanya menggunakan satu tangan seolah Mihawk sudah biasa melakukannya. Apakah akan ada Pedang Hitam lainnya yang muncul di dunia One Piece? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.