Ultraman adalah sebuah waralaba tokusatsu Jepang yang saat ini telah memperkenalkan banyak sekali Ultras populer. Mulai dari Shin Ultraman, Dyna, Taro, sampai Ultras wanita seperti Marie dan Grigio. Dikenal sebagai bangsa alien dari Land of Light, para Ultraman ini sering diceritakan harus berhadapan dengan musuh-musuh kuat, termasuk lima Ultraman gadungan yang akan kita bahas kali ini. Berbeda dari para Dark Ultraman yang pada dasarnya merupakan Ultras jahat, Ultraman gadungan atau palsu ini sejatinya adalah seijin alias space kaiju yang bisa menyamar. Siapa saja? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Alguros

ultraman palsu

Pertama kali muncul di series Ultraman Gaia, Alguros adalah organisme logam ciptaan entitas Radical Destruction Bringer yang diutus untuk menghancurkan Bumi dan seluruh isinya. Demi mencapai tujuannya, Alguros yang tubuh logamnya bisa berubah bentuk diceritakan sengaja meniru fisik para Ultras, khususnya Ultraman biru pertama yang bernama Agul, Ultraman 80, bahkan Ultraman kedua Zoffy. Dengan begitu dia bisa menandingi Ultraman Gaia yang tercatat tidak pernah kalah sebelumnya. Hebatnya lagi saat menjadi Ultraman palsu, Alguros juga terbukti bisa menembakkan beberapa jurus andalan Ultras, seperti Liquidator dan Photon Crusher milik Agul.

Babarue

ultraman palsu

Babarue adalah space kaiju dari Planet Babarue yang pertama kali diceritakan di series Ultraman Leo. Sebagai bagian dari bangsa alien yang terkenal sangat licik dan mempunyai kemampuan berubah bentuk, Babarue terbukti mampu menipu para Ultras veteran hanya dengan menyamar sebagai seorang Ultraman. Ketika menjadi Ultraman palsu, dia biasanya akan menyamar untuk waktu yang sangat lama hingga rencananya benar-benar matang. Hal inilah yang membuat Babarue dicap sebagai salah satu musuh Ultraman paling berbahaya. Dalam sejarahnya, dia pernah berhasil menyamar sebagai Ultraman Astra, Taro, Orb, Mebius, Leo, dan masih banyak lagi, termasuk kaiju lain seperti Valky.

Gregore

ultraman palsu

Dari sekian banyak space kaiju yang pernah dihadapi oleh para Ultras, Gregore adalah sosok yang karakterisitiknya sangat sulit untuk digambarkan. Pasalnya dia tidak jahat maupun baik, tujuannya hanyalah berkeliling alam semesta untuk mencari lawan dan membuktikan kekuatannya. Ketika tiba di Bumi, tepatnya di series Ultraman Dyna, Gregore langsung menantang Dyna untuk memperkuat reputasinya. Dalam prosesnya dia terbukti mampu menjadi Ultraman Dyna palsu termasuk tipe Flash dan Miracle-nya. Dyna asli baru bisa mengalahkan Gregore setelah berhasil menguasai tipe Strong. Setelah mengakui kekalahannya, Gregore akhirnya kembali ke luar angkasa untuk mencari lawan lain.

Jatar

The Infernal Jatar, atau singkatnya Jatar, adalah alien Hipporit yang diceritakan berasal dari planet mirip Neraka. Sebenarnya space kaiju yang melakukan debutnya di series Ultra Zero Fight ini sempat dikalahkan oleh Ultraman Zero. Namun dia berhasil kembali bersama tim kaiju jahat Darkness Five yang dipimpin oleh Dark Ultraman Belial. Pada titik inilah Jatar menggunakan kemampuanya untuk menjadi Ultraman palsu. Tidak tanggung-tanggung, sosok yang dia tiru adalah Mother of Ultra alias Ultrawoman Marie. Terakhir kali Jatar terlihat adalah ketika kiamat Ultras yang disebut Crisis Impact terjadi. Sejak saat itu keberadaannya tidak pernah diketahui.

Zarab

ultraman palsu

Space kaiju terakhir yang pernah diceritakan menjadi Ultraman palsu adalah Zarab. Dalam sejarah Ultraman, Zarab bahkan dikenal sebagai kaiju pertama yang terbukti mampu menyamar sebagai Ultraman. Hal itu bisa terjadi karena dia adalah alien dari Planet Zarab yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan berbagai ilusi. Setibanya di Bumi, dia langsung menciptakan berbagai kekacauan dengan meniru Shin Ultraman dan Mebius, sehingga dunia berpikir bahwa para Ultras adalah bangsa alien jahat. Untungnya Shin Ultraman berhasil mengalahkan Zarab dan membuktikan kepada dunia bahwa itu semua hanya tipu muslihat space kaiju yang ingin menghancurkan Bumi.

Itulah para Ultraman palsu yang sejatinya adalah seijin alias space kaiju yang mempunyai kemampuan untuk menyamar. Meskipun mereka tidak muncul sesering Dark Ultraman atau Shadow Ultraman, tetapi kehadiran mereka selalu berhasil menghadirkan kejutan dan ketegangan dalam series Ultraman. Karena umumnya mereka punya rencana yang lebih licik untuk menipu, daripada para Ultras jahat yang biasanya sejak awal sudah mengakui dirinya sebagai musuh. Dan tidak jarang juga, perbuatan mereka ini berujung pada pengkhianatan dan perseteruan di kalangan Ultras sendiri.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.