Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu atau sadar jika Tsuburaya, rumah produksi Ultraman, juga menghadirkan berbagai karakter dari versi gelap Ultraman alias Evil Ultraman. Dari segi kekuatan, mereka tidak kalah kuat dan dahsyat dari para Ultraman yang baik. Meskipun begitu, ada kekuatan jahat dalam diri para Evil Ultraman ini yang membedakan mereka dengan para protagonis.

Geeks tentunya sudah mengenal siapa sosok pahlawan atau salah satu karakter Tokusatsu dari Jepang yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi raksasa, yaitu Ultraman. Dengan ceritanya yang sudah lebih dari lima dekade berjalan, sudah banyak jenis atau varian Ultraman yang diperkenalkan dalam franchisenya. Namun, tahukah Geeks jika Ultraman juga memiliki versi jahatnya yaitu Evil Ultraman. Lalu, siapa saja mereka?

Dark Zagi

Dark Zagi merupakan sosok kloning jahat dari Ultraman Noa dan merupakan antagonis utama dalam Ultra N Project yang dirilis oleh Tsuburaya pada 2004 silam. Dalam ceritanya, sebuah ras alien sengaja menciptakan Dark Zagi sebagai sebuah senjata bilogis untuk menghadapi Space Beasts. Namun, tanpa diduga justru Zagi mulai berbalik melawan penciptanya. Dia bahkan merekrut para Space Beasts untukmenghancurkan semua planet.

Dark Zagi memiliki kecerdasan yang luar biasa, di mana dia selalu memiliki rencana jangka panjang. Wadah manusia dari Dark Zagi juga memiliki keahlian dalam hal peretasan dan juga analisa. Dari segi kekuatan Dark Zagi benar-benar sangat mengerikan, di mana dia dianggap selalu berada dalam mode berserker. Dia bahkan tidak ragu untuk menghancurkan sesama villain atau antagonis lainnya yang mencoba menghalangi jalannya.

Chaos Ultraman

Selain Dark Zagi, kloning dari Ultraman jahat juga bisa kita lihat dari sosok Chaos Ultraman. Dia merupakan kloning jahat dari karakter Ultraman Cosmos yang dibangkitkan dan diciptakan oleh organisasi Chaos Organisms, sebuah kelompok yang menebarkan teror dan jadi antagonis utama di seri Ultraman Cosmos. Karena merupakan kloning dari Ultraman Cosmos, Chaos Ultraman mampu menandingi semua hal dari sang protagonis.

Penciptaan Chaos Ultraman oleh Chaos Organisms merupakan salah satu upaya mereka yang frustasi karena rencana jahatnya selalu berhasil digagalkan oleh Ultraman Cosmos. Chaos Organisms sendiri memiliki tujuan untuk mencuri kekuatan Cosmos dari Musashi. Chaos Ultraman sendiri merupakan bentuk gabungan dari Chaos Header, pemimpin Chaos Organism, dan juga sosok Ultraman Cosmos.

Dark Mephisto

Dark Mephisto adalah salah satu Evil Ultraman yang memiliki bentuk yang menyeramkan. Dia merupakan antagonis dalam seri Ultraman Nexus. Dalam ceritanya dijelaskan jika Dark Mephisto muncul di suatu malam, ketika dia jatuh ke bumi dan menyebabkan sebuah reruntuhan. Anggota TLT (Terrestrial Liberation Trust) kemudian menyelidiki peristiwa itu dan menemukan sesuatu yang mengerikan.

Mereka diserang oleh sosok besar yang bentuknya mirip Ultraman bernama Dark Mephisto. Dark Mephisto sendiri, seperti yang dijelaskan dalam serinya, adalah sosok yang menciptakan kelompok Giant of Darkness. Selain Dark Mephisto, di seri Ultraman Nexus juga kemudian diperkenalkan karakter Evil Ultraman lain yang merupakan kloning dari Dark Mephisto yaitu Dark Mephisto Zwei.

Ultraman Tregear

Karakter Ultraman Tregear pertama kali muncul di film Ultraman R/B The Movie: Select! The Crystal of Bond. Saat masih kecil, Tregear merupakan sosok yang tidak pernah atau jarang bergaul. Dan Tregear pun lebih senang untuk berbicara atau membahas mengenai berbagai hal yang dianggap tabu oleh masyarakat normal. Yang menarik, Tregear sendiri memiliki arti “mad curiousity” atau “rasa penasaran yang luar biasa.”

Berbagai momen dalam hidupnya, membuat Tregear berubah menjadi sosok yang penuh kegelapan menjauh dari hal-hal positif. Dia lebih senang untuk tidak terlibat langsung dalam berbagai peristiwa jahat atau negatif. Dengan kata lain, dibandingkan terlibat langsung Kirisaki atau Ultraman Tregear justru lebih sering senang untuk melihat semua yang ada di sekitarnya hancur.

Ultraman Belial

Ultraman Belial adalah salah satu karakter Ultraman yang sangat kuat. Sayangnya, dia memiliki sifat yang tamak dan rakus. Hal itu bahkan membuatnya rela melakukan hal yang jahat, seperti mencuri Plasma Spark. Beruntung, hal tersebut gagal untuk dia lakukan. Pasca kegagalan tersebut, dia kemudian diusir dan dirubah oleh seorang alien bernama Rayblood untuk menjadi seorang Reionic Ultra, Ultraman dengan DNA Rayblood di dalamnya.

Ultraman Belial sendiri sempat berhasil disegel oleh Ultraman King. Meskipun sempat bebas setelah ribuan tahun tersegel, tetapi Ultraman Zero berhasil untuk mengalahkan sang Ultraman jahat tersebut. Tidak berhenti sampai disitu, Belial juga sempat membangun kerajaannya sendiri di Other Space sebelum Ultraman Zero kembali mengalahkannya yang berakibat kematiannya. Yang mengerikan adalah meskipun hanya tersisa jiwanya, Ultraman Belial tetap berusaha mencari wadah untuk melakukan berbagai kejahatan.

Giants of Darkness

Berbeda denngan para karakter di atas, Dark Giants merupakan kelompok yang berisi para Evil Ultraman yang berjumlah tiga orang. Kelompok ini dipimpin oleh Carmearra alias Kamila dan jadi antagonis dalam seri Ultraman Tiga. Sebenarnya, Ultraman Tiga merupakan rekan dari para Dark Giants. Namun, mereka akhirnya harus berpisah karena para Dark Giants memilih jalan kegelapan atau jahat dan Ultraman Tiga memilih jalan kebaikan atau cahaya.

Selain Kamila, dua sosok Evil Ultraman lainnya dari kelompok Dark Giants adalah Hudra dan Darramb. Ultrama Tiga sempat berhasil menyerap kekuatan rekan-rekannya dan kemudian menyegel mereka di sebuah pulau. Namun, suatu hari, terdapat penjelajah yang menemukan artefak atau keberadaan mereka dan tidak sengaja melepaskan segelnya. Inilah yang jadi awal mula upaya balas dendam Dark Giants terhadap Ultraman Tiga. menemukan pulau tersebut dan tidak sengaja mencopot segel mereka. Ketiga Evil Utraman tersebut bangkit lagi dan berusaha membalaskan dendamnya.

Evil Tiga

Tidak berbeda dari sosok Ultraman Tiga, Evil Tiga sebenarnya merupakan bagian dari para Ultraman yang baik. Namun, karena sosok avatar atau wadah manusianya, yaitu Keigo Masaki, memiliki hati yang jahat pada akhirnya dia pun berubah menjadi jahat. Sosok Tiga berubah menjadi Evil Tiga. Dia juga memiliki kekuatan yang mirip dengan sang protagonis utama di serinya, bahkan dianggap setara.

Meskipun begitu, terdapat beberapa keunggulan dari Evil Tiga yang cukup merepotkan bagi Ultraman Tiga ketika mereka bertarung. Uniknya adalah selain dari segi kekuatan, Evil Tiga dan Ultraman Tiga memiliki kelemahan yang sama yaitu tidak mampu bertahan lama di luar atmosfer bumi. Setelah berhasil dikalahkan, Evil Tiga sempat kembali di seri lainnya yaitu Ultraman Dyna.

Evil Trigger

Evil Trigger merupakan salah satu Evil Ultraman lain dalam franchise ini yang muncul pertama kali dalam Ultraman Trigger: Episode Z, sekaligus menjadi salah satu Ultraman baru yang muncul di tahun 2022 ini. Dia berperan sebagai salah satu antagonis dalam ceritanya, dan memiliki julukan sebagai “sosok yang mewarisi sisi bayangan.” Yang menarik adalah dalam ceritanya diperlihatkan jika Evil Trigger diciptakan berdasarkan desain dari Evil Tiga.

Mereka hanya melakukan berbagai perubahan detail, misalnya dari segi warna. Dalam praktiknya, Evil Trigger sendiri tidak kalah kuat dengan Evil Tiga. Beberapa kemampuan dahsyat yang diketahui dimiliki oleh Evil Trigger adalah penyerapan energi dan juga teknik epik, seperti Evil Slash, Evil Shoot, Dark Lightning, dan sebagainya.

Para Evil Ultraman ini memberikan tantangan tersendiri bagi para penjaga bumi, di mana mereka mampu menandingi level kekuatan dari para Ultraman. Di sisi lain, Evil Ultraman ini juga menjadi warna yang berbeda dalam ceritanya dengan menambah kompleksitas pertarungan. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Tsuburaya akan kembali merilis atau menghadirkan Evil Ultraman lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.