Datang dari studio raksasa Marvel Studios, Marvel Cinematic Universe merupakan jagat sinema populer yang saat ini telah berhasil mengubah cara padang kita dalam melihat sebuah waralaba superhero Amerika. Di mana masing-masing tayangannya mempunyai konektivitas yang cukup kuat, dengan karakter, alur cerita, serta kualitas yang selalu berusaha dijaga konsistensinya. Tanpa terkecuali tayangan series MCU yang terbukti telah menghabiskan anggaran hampir setara dengan film-filmnya. Nah khusus pada artikel kali mari kita bahas berbagai series MCU termahal yang ternyata punya budget fantastis!

The Falcon and the Winter Soldier, Loki, Hawkeye, Ms. Marvel

Pada posisi kelima, kita punya deretan series MCU termahal yang telah menghabiskan anggaran kurang lebih sama, yaitu The Falcon and the Winter Soldier, Loki, Hawkeye, dan Ms. Marvel. Di mana menurut The Hollywood Reporter, untuk memproduksi semua series live action yang memiliki total enam episode ini Marvel Studios harus menggelontorkan biaya sebesar 25 juta dolar Amerika per episodenya. Artinya jika di total, masing-masing seriesnya bernilai kurang lebih 150 juta dolar atau sekitar 2,2 triliun rupiah.

Yang mengejutkan adalah masing-masing anggaran series Fase 4 MCU (2021-2022) ini ternyata lebih mahal dari film terbaru Christopher Nolan’ Oppenheimer yang dilaporkan telah menghabiskan 100 juta dolar. Walaupun begitu pada akhirnya semua series ini, kecuali Hawkeye, memang telah mengantarkan para karakter utamanya ke kisah yang lebih besar. Misalnya TFATWS yang membuka jalan untuk film Captain America: Brave New World (2024) dan Ms. Marvel yang terhubung dengan film The Marvels (10 November).

Moon Knight (2022)

series mcu termahal

Series MCU termahal selanjutnya yang dilaporkan telah menghabiskan biaya setara film adalah Moon Knight yang dibintangi oleh aktor sekelas Oscar Isaac dan Ethan Hawke. Plot series MCU berjumlah enam episode ini bercerita tentang petualangan Marc Spector dan berbagai alter egonya yang menjadi avatar Dewa Bulan Khonshu. Secara keseluruhan alur cerita dan efek visual yang dihadirkan di seriesnya bisa dibilang telah berhasil memukau para penggemar setia MCU. Namun untuk mewujudkan itu semua, menurut salah satu showrunner-nya Mohamed Diab, series Moon Knight harus menelan anggaran sebesar 165 juta dolar Amerika atau sekitar 2,4 triliun rupiah.

Secret Invasion (2023)

series mcu termahal

Secret Invasion adalah series teranyar MCU yang baru saja menyelesaikan keenam episodenya di saluran streaming Disney+. Ceritanya sendiri berfokus pada konspirasi sekaligus invasi bangsa alien Skrull di Bumi yang memaksa Nick Fury kembali dari luar angkasa untuk menghentikannya. Dibintangi oleh sejumlah aktor brilian, termasuk Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Kingsley Ben-Adir, dan Emilia Clarke, tayangan MCU dengan rating terburuk ini masuk dalam kategori series termahal. Menurut Forbes, Secret Invasion telah menghabiskan biaya sebesar 212 juta dolar Amerika, yang jika dikonversikan ke rupiah mencapai 3,2 triliun.

She-Hulk: Attorney At Law (2022)

series mcu termahal

Series She-Hulk: Attorney At Law berfokus pada karakter baru MCU bernama Jennifer Walters, yang mau tidak mau harus menyeimbangkan kehidupannya sebagai seorang pengacara kondang sekaligus superheroin She-Hulk. Mengingat She-Hulk sendiri adalah sosok yang memiliki kekuatan radiasi gamma sama seperti sepupunya Bruce Banner alias Hulk (Mark Rufallo), tidak aneh jika karakter yang diperankan aktris Tatiana Maslany ini lebih banyak dihadirkan dengan visual efek. Itulah mengapa She-Hulk: Attorney At Law ini menjadi series MCU termahal dengan anggaran mencapai 225 juta dolar Amerika untuk kesembilan episodenya.

WandaVision (2021)

series mcu termahal

Terakhir, series MCU termahal yang punya anggaran setara dengan She-Hulk: Attorney At Law adalah WandaVision. Series perdana MCU yang tayang pada awal Fase 4 MCU ini bercerita tentang upaya Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) dalam menciptakan kehidupan palsu dengan suaminya Vision (Paul Bethany) serta kedua anak kembar mereka di kota kecil Westview. Sama seperti sebagian besar series MCU lainnya, WandaVision telah menghabiskan biaya sekitar 25 juta dolar Amerika untuk episodenya. Artinya dengan total sembilan episode, secara keseluruhan anggaran series ini mencapai 225 juta dolar atau skitar 3,4 triliiun rupiah.

Setidaknya sampai hari ini itulah berbagai series MCU termahal yang anggarannya bisa dibilang melebihi film-film besar Hollywood. Meskipun anggarannya mencapai angka yang sangat mengejutkan, tetapi sayangnya tidak semua series MCU ini berhasil diterima dengan baik oleh para penggemar dan kritikus. Beberapa di antaranya bahkan malah ada yang dicap sebagai series terburuk MCU, seperti She-Hulk: Attorney At Law dan Secret Invasion. Pada akhirnya cukup masuk akal jika ke depannya Disney selaku perusahaan induk Marvel Studios ingin MCU lebih fokus pada kualitas daripada kuantitas tayangan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.