Pasca apa yang terjadi di episode terakhir Secret Invasion muncul pertanyaan besar yaitu apakah series ini lahirkan superhero terkuat di MCU. Series Secret Invasion menghadirkan cerita di mana sosok Nick Fury harus menghadapi cerita masa lalunya yang melibatkan sosok Skrull. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Nick Fury berserta Talos berusaha untuk menghadapi sosok Skrull jahat yaitu Gravik.

Di series ini pun para penonton diperlihatkan sosok G’iah yang menjadi salah satu sosok penting dalam ceritanya. Namun, ada sebuah hal menarik yang kemudian melibatkan sosok G’iah di mana dia terlibat dalam pertempuran melawan Gravik. Di akhir episode Secret Invasion sendiri diperlihatkan bagaimana G’iah berubah menjadi sosok yang kuat. Dan hal ini pun memunculkan pertanyaan apakah kemudian Secret Invasion lahirkan superhero terkuat di MCU?

G’iah Jadi Super Skrull

Dalam episode enam diperlihatkan bagaimana Nick Fury kemudian datang ke kamp yang jadi markas dari para Skrulls di Rusia. Dia hendak memberikan serum The Harvest kepada Gravik yang di episode sebelumnya meminta Nick untuk memberikannya sebelum berbagai serangan dahsyat yang memulai perang dunia ketiga terjadi. Setelah sempat ada perbincangan singkat diantara mereka sesuatu yang mengejutkan terjadi.

secret invasion mcu

Ketika Gravik menggunakan serum tersebut dan merubahnya menjadi sosok Super Skrull, tanpa diduga ternyata sosok Nick Fury yang dia temui merupakan G’iah yang menyamar. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah ternyata G’iah juga sudah menggunakan serum The Harvest yang juga kemudian merubahnya menjadi Super Skrull. Akhirnya, pertarungan diantara mereka pun tidak terelakan.

Dalam pertarungan antara G’iah dan Gravik diperlihatkan bagaimana kekuatan dahsyat dari serum The Harvest tersebut. Mereka berdua bisa menggunakan kekuatan dari berbagai karakter superhero bahkan villain. Keduanya tampak menggunakan kekuatan dari Carol Danvers yang memang sangat luar biasa. Dan bahkan, G’iah juga menggunakan kekuatan dari Carol Danvers untuk menghabisi nyawa Gravik. Mengingat tidak ada lagi Skrulls yang diketahui menggunakan serum The Harvest, artinya G’iah jadi satu-satunya Super Skrull di MCU.

G’iah Bukan Superhero Terkuat MCU

Dengan G’iah yang menjadi satu-satunya Super Skrull di MCU artinya dia menjadi sosok yang sangat kuat dan juga berbahaya. Hal ini karena G’iah memiliki semua kekuatan super yang dimiliki oleh para villain dan superhero yang ada di MCU. Namun, apakah dengan semua kekuatan super yang dimiliki oleh G’iah saat ini membuat dia menjadi superhero terkuat di MCU?

Jawabannya tentu saja tidak. Mengapa? Karena, G’iah tidak memiliki seluruh kekuatan super tersebut secara penuh. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, The Harvest merupakan serum yang diambil dari DNA para Avengers serta superhero lainnya beserta para villain. Hal itu membuat siapa pun akan berubah menjadi sosok yang sangat kuat, termasuk G’iah apalagi ada kekuatan Carol Danvers di dalamnya.

Meskipun begitu, ada catatan yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Pertama, dalam berbagai cerita fiksi atau cerita superhero biasanya karakter yang menggunakan atau memiliki kekuatan dari karakter lain tidak akan sekuat sosok aslinya. G’iah mungkin memiliki banyak kekuatan super. Namun, dia tidak memiliki kekuatan super tersebut secara keseluruhan atau secara utuh.

secret invasion mcu

Kekuatan super akan secara utuh dimiliki oleh para karakter yang memang menjadi pemilik dari kekuatan tersebut. Misalnya, meskipun G’iah memiliki kekuatan Carol Danvers dan mampu menggunakan kekuatan kosmiknya untuk menghabisi Gravik tetapi dia tidak akan bisa mengalahkan kekuatan dari pemilik asli kekuatan tersebut yang tidak lain adalah Carol Danvers alias Captain Marvel.

Jika kemudian pertanyaannya adalah apakah kemudian G’iah akan jadi salah satu karakter terkuat di MCU? Maka, jawabannya adalah ya. Dengan kekuatan tersebut G’iah tentunya menjadi salah satu karakter terkuat saat ini di MCU yang levelnya bisa jadi setara dengan nama-nama besar seperti Carol Danvers, Hulk, Doctor Strange, dan sebagainya. Dan kekuatan ini juga bisa jadi ancaman lainnya bagi bumi. Jadi, Secret Invasion tidak lahirkan superhero terkuat di MCU melainkan melahirkan salah satu karakter terkuat.

Nasib Selanjutnya Sosok G’iah

Menjadi salah satu karakter terkuat di MCU dan menjadi satu-satunya Super Skrull yang ada membuat sosok G’iah kini menjadi kunci penting bagi para Skrulls yang ada di bumi. Di akhir episode 6 diperlihatkan bagaimana pada akhirnya orang-orang sudah mengetahui jika para Skrulls ada di sekitar mereka. Banyak orang yang memutuskan untuk main hakim sendiri menghabisi sosok yang mereka anggap sebagai Skrulls.

Meskipun ada yang benar, namun ternyata mereka juga menghabisi nyawa orang yang tidak bersalah. Kondisi ini kemudian diperparah dengan pernyataan dari presiden Ritson yang menyatakan perang terbuka dengan para Skrulls dan dia pun berencana untuk menghabisi seluruh Skrulls yang ada di bumi. Seperti yang diungkapkan Nick Fury, hal itu justru semakin memperburuk situasi.

secret invasion mcu

Yang menarik kemudian adalah Sonya Falsworth justru membantu G’iah dalam menghadapi perang dengan Ritson. Namun, Falsworth sendiri kemudian meminta G’iah untuk menjadi pemimpin para Skrulls dan meminta mereka untuk menjaga agar tidak menyerang umat manusia yang tidak bersalah. Artinya, peran dari G’iah dalam cerita yang akan datang akan jauh lebih besar dan lebih penting.

The Marvels akan rilis pada November mendatang yang mana mungkin kita akan melihat kembali kemunculan sosok G’iah. Dan dalam filmnya bisa jadi kita akan melihat apa yang G’iah lakukan bersama Sonya Falsworth untuk menghadapi berbagai ancaman dari Ritson. Dan G’iah juga kemungkinan akan menjadi sosok penting dalam film MCU yang akan datang yaitu Avengers: Secret War atau mungkin alur cerita lainnya di mana Nick Fury sendiri mengatakan jika bangsa Kree menyatakan perdamaian dengan bangsa Skrull. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada film yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.