Beberapa judul film mampu menghadirkan sebuah adegan bertarung atau fight scene terbaik yang membangkitkan adrenalin para penontonnya. Dalam sebuah cerita film, terutama yang bergenre aksi, fight scene atau adegan bertarung adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh terlewatkan.

Di era sebelumnya, adegan bertarung dan juga koreografi yang dihadirkan pun nampak begitu sederhana di mana protagonis utamanya akan selalu mampu memukul lebih keras dari karakter jahat. Namun, di era modern ini adegan bertarung jauh lebih menarik, kompleks, dan mewah. Bahkan, beberapa momen fight scene benar-benar sangat epik sehingga berhasil membuat para penonton terpukau. Berikut adalah beberapa fight scene terbaik di dunia film.

Pertarungan di Lobi

Adegan fight scene terbaik pertama adalah pertarungan yang terjadi di lobi dalam film The Matrix. Pertarungan di lobi ini banyak dianggap oleh para fans sebagai salah satu fight scene terbaik dalam sejarah perfilman. Dan ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi yaitu koreografi yang unik, visual yang menawan, dan teknik pengambilan gambar yang inovatif.

Fight scene dalam film The Matrix ini memang bukan adegan yang penuh dengan darah atau momen brutal. Namun, bagaimana pengemasan fight scene ini dengan sangat baik dan ciamik membuat pertarungan di lobi tersebut menjadi salah satu fight scene terbaik. Geeks tentunya ingat momen ikonik ketika Neo dan Trinity menghindari peluru dengan cara yang unik dan menarik.

Steve Rogers vs Bucky Barnes

Sebelum para penonton akhirnya tahu siapa sebenarnya sosok Winter Soldier, kita hanya tahu jika sosok villain tersebut merupakan karakter yang berbahaya dan sangat kuat. Bahkan, Winter Soldier mampu untuk mengimbangi dan mengalahkan Steve Rogers sang Captain America. Film Captain America: The Winter Soldier berhasil menghadirkan sebuah momen adegan bertarung yang epik.

Adegan pertarungannya sendiri terjadi di jalanan, di mana Steve dan Natasha Romanoff berusaha untuk menghentikan Winter Soldier. Koreografi yang dihadirkan dalam film ini benar-benar sangat luar biasa, bahkan bisa dibilang ini adalah salah satu adegan bertarung atau fight scene terbaik yang pernah ditampilkan di Marvel Cinematic Universe selain pertarungan Steve dan Bucky menghadapi Tony Stark di film Civil War dan juga beberapa momen lainnya.

Pertarungan Berdarah di Gereja

Kingsman: The Secret Service merupakan sekuel dari film pertamanya, Kingsman. Dalam film ini kita diperlihatkan bagaimana Galahad menghadapi sebuah misi baru untuk menelusuri teknologi ciptaan Richmond Valentine. Teknologi tersebut mampu mengendalikan pikiran seseorang untuk berubah menjadi jahat, liar, dan kejam. Valentine pun bahkan bisa meledakan kepala mereka dari jauh.

fight scene terbaik

Dalam sebuah adegan di gereja, Galahad nampak dikelilingi oleh para jamaah yang ternyata semuanya sudah berhasil dikendalikan oleh Valentine. Ketika dia mengaktifkan teknologi tersebut situasi di ruangan tersebut benar-benar berubah menjadi gila. Galahad alias Harry Hart nampak menggunakan kemampuan bertarungnya untuk bertahan hidup menghadapi orang-orang tersebut. Diiringi oleh lagu ‘Free Bird’ dari Lynyrd Skynyrd adegan di gereja ini benar-benar berubah epik dan jadi salah satu fight scene terbaik.

Pertarungan Di Gudang Senjata

Film John Wick garapan Chad Stahelski memang dikenal banyak menghadirkan berbagai adegan bertarung yang luar biasa dan menarik. Kita diperlihatkan bagaimana kemampuan bertarung dari John Wick yang memang dikenal sebagai pembunuh paling mengerikan yang pernah ada. Dan salah satu adegan fight scene terbaik di franchise John Wick adalah pertarungan di gudang senjata.

fight scene terbaik

Fight scene tersebut muncul dalam film John Wick 3: Parabellum. Yang menjadi alasan mengapa adegan di gudang senjata ini menjadi salah satu fight scene terbaik adalah karena John Wick tidak mengandalkan kemampuan bela dirinya. Dia benar-benar hanya mengandalkan insting bertahan hidup dan pengalaman bertarungnya untuk menghadapi para pembunuh lain yang mengincar nyawanya. John benar-benar memanfaatkan benda di sekitarnya mulai dari pisau, pedang, bahkan kapak.

Beatrix Kiddo vs The Crazy 88

Sosok sutradara Quentin Tarantino sudah tidak asing untuk menghadirkan adegan fight scene epik dan penuh dengan adegan gore serta mengerikan. Bahkan, Tarantino dianggap sebagai sutradara nomor satu untuk urusan tersebut. Dan contoh paling nyata dari hal ini bisa kita lihat dalam film Kill Bill: Vol 1, di mana filmnya dibuka dengan pertarungan Kiddo menghadapi Vernita Green.

fight scene terbaik

Namun, fight scene terbaik di film ini muncul ketika Kiddo alias The Bride berhasil menelusuri jejak O-Ren Ishii. Karakter yang diperankan Uma Thurman ini dikepung oleh 88 anak buah Ishii yang menggunakan katana dengan sebutan The Crazy 88. Fight scene dalam adegan ini benar-benar epik, stylish, dan luar biasa di mana The Bride menunjukan kemampuan bela diri dan kemampuan berpedangnya untuk bertahan hidup. Namun, fight scene ini juga penuh dengan darah yang mana bahkan sebagian adegan terpaksa harus dibuat dalam format hitam-putih.

Pertarungan di Kamar Mandi

Film Mission: Impossible – Fallout garapan Christopper McQuarrie merupakan salah satu film aksi terbaik di franchisenya dan juga dalam sejarah film. Salah satu bukti nyata dari hal ini adalah momen pertarungan di kamar mandi. Dalam adegan ini, diperlihatkan bagaimana Ethan Hunt dan August Walker memiliki misi untuk menaklukan dan membawa seorang agen rahasia.

Namun, pada kenyataanya, hal tersebut tidak semudah yang mereka bayangkan. Agen rahasia yang menjadi target mereka nyatanya juga memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa. Dan hasilnya kita pun disuguhkan salah satu fight scene terbaik di franchise Mission: Impossible. Selain Ethan Hunt, kita juga diperlihatkan kemampuan bertarung dari August Walker.

Pertarungan di Sebuah Lorong

Oldboy merupakan film kedua dari trilogi film karya Park Chan-Wook selain Sympathy for Mr. Vegeance dan Lady Vegeance. Fight Scene di sebuah lorong dalam film Oldboy menjadi adegan yang paling mencuri perhatian selain juga berbagai adegan menarik lainnya di film tersebut. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang masih kagum dan membahas adegan bertarung ini.

fight scene terbaik

Bukan tanpa sebab memang fight scene ini dianggap salah satu terbaik karena secara teknis fight scene ini benar-benar luar biasa dan menarik untuk dilihat. Dalam adegannya diperlihatkan bagaimana Oh Dae-Su harus pergi ke sisi lorong lainnya yang mana hal itu bukanlah tugas mudah. Pasalnya, lorong tersebut sudah dikepung oleh orang-orang yang menunggunya dan pertarungan epik pun tidak terhindarkan.

Batman Vs. 4 Penjahat

Film Batman v Superman: Dawn of Justice memang menjadi film yang kurang begitu laku di pasaran, meskipun secara pemasukan film ini berhasil mengantongi jumlah yang besar. Alur cerita yang membingungkan menjadi salah satu alasan mengapa filmnya banyak mendapatkan reaksi negatif. Namun, film ini menghadirkan fight scene terbaik yang pernah muncul dalam film adaptasi buku komik.

fight scene terbaik

Fight scene ini sendiri terjadi menjelang akhir filmnya di mana Batman mencoba untuk menyelamatkan Martha Kent, ibu dari Clark Kent di sebuah gudang. Setelah melumpuhkan puluhan penjahat sebelumnya, Batman pun harus berhadapan dengan empat orang penjahat lainnya sekaligus. Alasan fight scene ini dianggap yang terbaik yang pernah ada dalam film adaptasi buku komik karena Zack Snyder menghadirkan momen yang “realistis” di mana para penjahat justru menyerang secara bersamaan. Hal ini berbeda dengan mayoritas film lainnya yang memperlihatkan para penjahat menunggu momen untuk menyerang. Pertarungan Batman yang brutal di momen ini juga banyak dipuji karena sangat menggambarkan sosok Batman.

Yuda vs. Para penjahat

The Raid merupakan salah satu film Indonesia yang berhasil diakui oleh Hollywood. Film garapan Gareth Evans ini berhasil melambungkan nama Indonesia di mata dunia dan industri Hollywood berkat adegan bertarung yang sangat luar biasa. Momen yang paling epik dalam film ini adalah fight scene yang terjadi di sebuah lorong di mana diperlihatkan Yuda harus berhadapan dengan para penjahat anak buah dari Tama Riyadi seorang gembong narkoba.

fight scene terbaik

Dalam fight scene ini kita diperlihatkan kemampuan bertarung Yuda yang luar biasa. Dia mampu menghadapi berbagai serangan senjata tajam dan juga serangan lainnya. Fight scene ini sangat luar biasa karena menghadirkan elemen pencak silat. Momen pertarungan yang terjadi pun sangat cepat dengan koregrafi yang indah dan alami. Namun, banyak adegan berdarah dan mengerikan yang juga dihadirkan dalam fight scene ini.

Pertarungan Di Lapang Penjara

Cerita dari film The Raid garapan Gareth Evans kemudian berlanjut ke film sekuelnya yaitu The Raid 2. Dengan budget yang lebih besar dari sebelumnya, film ini pun menghadirkan momen pertarungan yang jauh lebih masif dibandingkan film pertama. Fight scene yang terjadi di lapang sebuah penjara saat pembukaan filmnya benar-benar menarik dan luar biasa, ditambah dengan koreografi yang ciamik.

fight scene terbaik

Adegan ini diakui memang sulit untuk dilakukan. Namun, hasil kerja keras para stuntman dan juga cast di film tersebut akhirnya terbayarkan di mana adegan bertarung di film ini menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah perfilman. Dalam adegan ini Yuda diperlihatkan bertarung menghadapi para penjahat lainnya demi melindungi sosok anak penjahat yang harus dia lindungi demi penyamarannya berjalan dengan lancar.

Adegan bertarung terkadang menjadi salah satu momen yang paling memorable dalam sebuah film. Meskipun jika kemudian filmnya kurang begitu laku di pasaran atau mendapatkan banyak ulasan negatif, namun adegan bertarung di film tersebut mungkin bisa jadi salah satu momen dan hal yang bisa “menyelamatkan” film tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.