Marvel memang terkenal karena tidak pernah membunuh karakter secara permanen. Ada banyak karakter yang diceritakan tewas kemudian dihidupkan lagi. Contohnya adalah Captain America yang awalnya diceritakan mati, namun terungkap bahwa dia masih hidup dan membeku. Selain itu, Jean Grey juga diceritakan tewas beberapa kali, namun Marvel tetap memunculkannya kembali. Meski begitu, ada beberapa karakter yang ternyata benar-benar mati permanen di Marvel, dan hingga kini karakternya belum dimunculkan kembali. Siapa mereka?

Rita DeMara

Dalam Marvel Comics, kostum milik Hank Pym pernah dicuri dan digunakan oleh seorang wanita bernama Rita DeMara. Pada awalnya, dia adalah seorang villain yang bergabung dengan Masters of Evil. Namun, dia kemudian berpindah kubu ke Avengers, untuk membantu mereka dalam pertarungan melawan High Evolutionary. Selain itu, dia juga pernah mengkhianati Masters of Evil sekali lagi demi bergabung dengan Galaxy of the 31st Century. Rita tetap menjadi anggota Guardian itu selama beberapa beberapa waktu, sampai dia melakukan perjalanan ke masa lalu dan dibunuh oleh Iron Man yang berada di bawah kendali Immortus Kang. Dan sejak itu dia tidak terlihat.

Jacues Duquesne

Karakter Marvel kedua yang mati permanen adalah Jacues Duquesne. Duquesne dulunya adalah mentor bagi Hawkeye, di mana Duquesne mengajari Hawkeye cara menggunakan panah serta persenjataan lainnya. Sebagai seorang pengguna pedang, Duquesne bukanlah seorang pahlawan. Dia justru dikenalkan sebagai villain sekaligus musuh Avengers. Dan ketika beraksi, Duquesne menggunakan nama Swordsman. Meski awalnya villain, tetapi Marvel mengubah drastis karakternya dengan menjadikan Swordsman sebagai anggota Avengers. Saat bergabung, Swordsman pernah jatuh cinta kepada salah satu anggota Avengers yaitu Mantis. Namun sayangnya, Swordsman pernah dibunuh oleh Kang the Conqueror dan hingga sekarang karakter Jacues Duquesne tidak pernah muncul kembali.

John Proudstar

John Proudstar alias Thunderbirds sebenarnya dapat kembali hidup berkat protokol kebangkitan Krakoa. Namun hingga saat ini, belum ada konfirmasi yang menyebutkan bahwa dia kembali, dan sepertinya Marvel tidak memiliki rencana untuk mengembalikan Thunderbird. Thunderbird alias John Proudstar pertama kali dikenalkan sebagai salah satu anggota baru X-Men. Dia bergabung dengan anggota lainnya seperti Wolverine, Storm, Colossus, Nightcrawler, Sunfire, dan Banshee. Ketika bertugas, Thunderbird pernah ditugasi untuk menghentikan Count Nefaria dan Ani-Men miliknya. Misi ini berakhir dengan Thunderbird yang tewas akibat pesawat yang meledak.

Bill Foster

Karakter Marvel yang mati permanen selanjutnya adalah Bill Foster. Bill Foster bukanlah karakter biasa. Dia mampu membuat ulang Pym Particles dan menjadi pahlawan super bernama Goliath. Selain itu, Foster juga memiliki karier yang luar biasa sebagai pahlawan super, di mana dia sudah bergabung dengan tim pahlawan super The Champions, Defenders, dan Fantastic Four berkali-kali. Sayangnya, Foster tebunuh dalam peristiwa Civil War, oleh sebuah robot bernama Ragnarok. Foster ketika itu berada di pihak Captain America, dan dia harus terbunuh setelah robot tersebut menembakkan tembakan yang membuat lubang besar di dada Goliath. Kemudian keponakan Foster yang bernama Tom yang menjadi penerus Goliath.

Brunnhilde

Brunnhilde juga pernah menjadi Valkyrie di Marvel Universe, dan karakternya pernah memiliki peranan penting di Defenders dan Secret Avengers. Ketika Malekith membuat onar di War of the Realms, Brunhilde dan rekan-rekan seperjuangannya berusaha menyelamatkan orang-orang tak berdosa di Bumi dari Malekith. Sayangnya, kejadian ini berakhir dengan seluruh Valkyrie dibantai oleh Malekith dan pasukannya. Dan salah satu yang menjadi korban dari serangan itu adalah Brunnhilde. Dan setelah itu, Jane Foster yang menjadi Valkyrie baru menggantikan Brunnhilde.

Alejandra Jones

Alejandra Jones adalah manusia lainnya yang pernah menjadi Spirit of Vengeance alias Ghost Rider. Tetapi masa jabatan Jones sebagai Ghost Rider memang tergolong singkat. Selama masa itu, Jones pernah membantu beberapa karakter lain seperti Venom, Red Hulk, dan X-23. Tetapi itu menjadi puncak kariernya karena setelah peristiwa Circle of Four, Jones memiliki symbiote yang menyatu ke dalam dirinya. Dia kemudian diburu oleh Carnage dalam peristiwa Absolute Carnage, hingga akhirnya Carnage membunuh Jones. Dan setelah itulah Jones tidak pernah muncul kembali.

Captain Mar-Vell

Captain Mar-Vell adalah pahlawan super yang menjadi inspirasi bagi Carol Danvers untuk menjadi Captain Marvel. Captain-Marvell jugalah yang menjadi musuh bebuyutan Thanos. Sebagai Kree, Mar-Vell memilih untuk memihak terhadap Bumi, dan melawan bangsanya sendiri yang menyebabkan dia tewas. Yap, sebenarnya, Mar-Vell tewas akibat penyakit kanker yang dia derita setelah melawan Nitro the Exploding Man. Kree memang menawarkan obat penyembuh kepada Mar-Vell, tetapi dengan syarat Mar-Vell harus mengkhianati umat manusia, tetapi Mar-Vell menolak tawaran tersebut hingga akhirnya tewas. Dan setelah itulah Mar-Vell yang asli tidak pernah hidup kembali.

Pat Mulligan

Pat Mulligan adalah seorang polisi sekaligus manusia pertama yang menjadi symbiote Toxin. Symbiote Toxin adalah keturunan dari Carnage dan diramalkan sebagai yang paling kuat dari garis keturunan symbiote. Namun, Toxin menghilang dari radar tidak lama setelah kemunculan pertamanya. Symbiote Toxin kembali di awal cerita Circle of Four. Terungkap bahwa Blackheart memukuli Pat Mulligan sampai mati dan meninggalkannya di selokan. Symbiote Toxin kemudian terikat dengan Eddie Brock, dan sekarang melekat kepada Bren Waters. Dan setelah itulah Pat Mulligan tidak pernah diceritakan kembali.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang mati permanen di Marvel Universe. Setelah kematian beberapa karakter di atas, Marvel tidak pernah menampilkan kembali karakter tersebut. Tetapi masih ada harapan karakter-karakter itu akan kembali.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/