Bercerita tentang petualangan Son Goku, Dragon Ball dari Akira Toriyama yang debut pada tahun 1980-an saat ini dianggap sebagai salah satu manga paling legendaris. Nah di balik keseruan manga, anime, video games, dan media Dragon Ball lainnya, ada satu masa di mana penggemar dibuat penasaran karena Goku yang semula anak kecil tiba-tiba tumbuh dewasa. Sekarang setelah hampir empat dekade berlalu siapa sangka alasan di balik usia Goku yang cepat dewasa dalam Dragon Ball akhirnya terungkap.

Jika kita mundur ke masa-masa awal Dragon Ball pertama kali diciptakan oleh Akira Toriyama, sebenarnya keberhasilan dari manga shonen ini juga tidak luput dari campur tangan Kazuhiko Torishima sebagai editornya. Torishima yang pada saat itu bekerja sebagai editor dari penerbit Shueisha untuk komik Toriyama yang berjudul Dr. Slump, sempat juga membantu proses kelahiran Dragon Ball. Menariknya, baru-baru ini dalam sebuah buku yang bercerita tentang perjalanan hidupnya sebagai editor, Torishima membeberkan perkataan Akira Toriyama terkait alasan sesungguhnya karakter Goku cepat dewasa.

Alasan goku cepat dewasa

Dalam buku baru Torishima yang mengungkap percakapan antara dirinya dan Toriyama, ada satu detail menarik yang akhirnya menjawab alasan usia Goku cepat dewasa di semesta Dragon Ball. Semuanya ternyata bermula ketika premis manga-nya berubah dari cerita perjalanan Goku kecil menjadi pertarungan antara karakter-karakter hebat. Di mana koreografi pertarungan yang lebih rumit dan detail, pada akhirnya memaksa Toriyama untuk menggambar Goku sebagai karakter dengan tubuh yang lebih besar dan maskulin.

Akira Toriyama yang pada saat itu memang sudah terbiasa menggambar Dr. Slump dengan karakter-karakter jenaka dalam cerita komedi, merasa tubuh Goku kecil tidak cocok untuk premis baru Dragon Ball yang penuh pertarungan. Sebagai editor awalnya Torishima sempat menolak ide tersebut, tetapi Toriyama bersikukuh agar manga Dragon Ball bisa terus dilanjutkan. Berbekal alasan tersebut Torishima membantu menyakinkan penerbit Shueisha untuk mengubah Goku kecil menjadi versi dewasa seperti sekarang.

Seperti yang kita tahu bersama, saat ini Goku memang memiliki tubuh yang jauh lebih dewasa dari penampilan debutnya dengan pertarungan yang lebih bombastis lagi. Dan alasan Goku cepat dewasa ternyata hanya karena Akira Toriyama merasa tubuh kecilnya tidak sesuai dengan pertarungan brutal di semesta Dragon Ball. Bagaimana menurut kalian dengan alasan Goku tiba-tiba dewasa ini, Geeks? Apakah memang perlu atau tidak?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.