Di Marvel Comics, ada banyak sekali karakter yang memiliki level kekuatan di atas rata-rata. Jika mau, mereka bisa menghancurkan Bumi dan seluruh isinya. Contoh karakter super kuat di Marvel Comics adalah Thanos. Dia terbukti mampu menghancurkan berbagai planet, yang bahkan dilindungi oleh superhero kuat. Selain mampu menghancurkan sebuah planet, ternyata di Marvel Comics, adalagi karakter yang memiliki kekuatan untuk menghancurkan sebuah universe atau bahkan multiverse Marvel. Siapa saja karakter yang terbukti pernah menghancurkan sebuah universe atau bahkan multiverse Marvel? Simak berikut ini!

Genis-Vell

Genis-Vell adalah anak dari salah satu superhero terkenal di Marvel yaitu Captain Mar-Vell. Kekuatan Genis-Vell memang sangat luar biasa. Selain kekuatan fisik, dia juga memiliki kemampuan untuk bisa mengeluarkan energi dari tubuhnya, dan menggunakannya sebagai senjata atau pelindung. Dia pun terbukti mampu menghancurkan seluruh multiverse di Marvel. Dalam komik, Genis-Vell sempat mendapatkan kekuatan yang luar biasa dari Zemo. Sayangnya kekuatan tersebut justru memberikan Genis-Vell kekuatan untuk menghancurkan alam semesta. Dan setelah pergi menjelajahi masa depan di mana alam semesta telah musnah, Zemo memutuskan untuk membunuh Genis-Vell untuk menyelamatkan semesta.

Beyonders

Jelang Secret Wars, Beyonders memutuskan untuk menghancurkan beberapa universe, bahkan multiverse. Caranya adalah dengan menciptakan Molecule Man alias Owen Reece. Yap, Beyonders menciptakan banyak Molecule Man yang dia sebar di seluruh multiverse, di mana Molecule Man disiapkan sebagai bom yang mampu menghancurkan seluruh multiverse. Dalam komik New Avengers $33, Molecule Man pernah membunuh salah satu doppelgangernya, membuat alam semestanya berakhir sebelum waktunya. Dia kemudian mengirim Doom dalam sebuah misi untuk membunuh semua Molecule Man di setiap realitas untuk balik menghentikan Beyonder dan menyelamat Eart-616.

Mister Fantastic

Setelah kematian Galactus, sebuah entitas bernama Abraxas memulai teror di multiverse. Dia mulai membunuh beberapa versi alternatif dari Galactus, dan mulai mengincar Earth-616. Sadar akan munculnya bahaya, Fantastic Four pun turun langsung dan mereka menjadi garis pertahanan terakhir sebelum Abraxas menghancurkan multiverse. Dan di momen terakhir, Mister Fantastic menggunakan Ultimate Nullifer, sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk memusnahkan seluruh peradaban. Akibatnya, alam semesta kemudian dibentuk kembali tanpa pernah ada Abraxas di dalamnya. Segala hal yang pernah dihancurkan oleh Abraxas kembali normal.

Thanos

Suatu ketika, Thanos pernah mengendalikan sumber energi yang sangat kuat bernama Heart of the Universe. Dengan sumber energi itu, Thanos bisa memperlajari semua kehidupan di alam semesta, dan mampu menyebabkan kehancuran yang masif. Dengan Heart of the Universe, Thanos menjadi sangat kuat. Setelah mengalahkan semua pahlawan super yang ada, Thanos kemudian menyerap semua makhluk ciptaan ke dalam dirinya, termasuk para makhluk terkuat sekalipun seperti Eternity, Infinity, dan Living Tribunal, serta seluruh multiverse. Beruntung karena Adam Warlock muncul dan meyakinkan Thanos untuk memperbaiki seluruh alam semesta.

Korvac

Dalam komik What If? #32, kita diceritakan bagaimana Korvac mampu membunuh para Avengers dan memangkitkan mereka yang telah mati sebagai pelayannya. Terlepas dari kemampuannya untuk mengendalikan musuh-musuhnya, ada orang-orang yang tersisa di alam semesta yang masih berupaya untuk melawan Korvac. Dalam amarahnya yang menggebu, Korvac kemudian menyerap semua kehidupan di Bumi dan melawan sisa-sisa orang-orang yang melawannya. Pada akhirnya Korvac kemudian menggunakan Ultimate Nullifier untuk membunuh Eternity dan menghapus semua makhluk hidup. Akhirnya, tanpa kehidupan di alam semesta, dia telah mencapai tujuannya.

Jean Grey

Karakter berikutnya yang pernah menghancurkan universe Marvel adalah Jean Grey. Di Marvel Comics, Jean Grey pernah melakukan bunuh diri untuk menghentikan dirinya agar tidak menjadi Dark Phoenix yang jahat. Dalam komik What If? #27, kekuatan Phoenix dari Jean berhasil disingkirkan oleh Shi’ar Empire. Karena itulah Jean bisa kembali ke Bumi dan bergabung dengan X-Men. Sayangnya kekuatan Jean yang sudah dihilangkan itu muncul kembali. Awalnya, tanpa kekuatan Phoenix, Jean Grey masih stabil. Tetapi kemudian Phoenix muncul kembali di malam hari dan menuntunnya untuk menghancurkan segalanya. X-Men pun mencoba menghentikan Jean Grey saat dia mulai tidak terkendali. Pada akhirnya Jean Grey kembali menjadi Dark Phoenix dan melepaskan kekuatannya ke seluruh alam semesta dan menghancurkannya.

Namor

Namor pernah membuat keputusan yang sulit yaitu mengorbankan alam semesta lain untuk menyelamatkan alam semesta utama. Namor sempat berbeda pendapat dengan anggota Illuminati yang lain, di mana yang lain ingin menyelamatkan semuanya tanpa harus mengorbankan sesuatu. Untuk menghentikan ancaman itu, Namor bekerja sama dengan Thanos, Maximus the Mad, Corvus Glaive, Proxima Midnight, Terrax untuk melindungi Bumi. Kelompok baru ini kemudian menghancurkan beberapa realitas alternatif untuk menjamin keamanan dari Earth-616.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang pernah menghancurkan sebuah universe di Marvel. Masing-masing dari mereka memiliki alasan tersendiri untuk menghancurkan sebuah universe. Di antara para karakter di atas, mana yang menurut kalian paling kejam?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/