Film Oppenheimer karya Christopher Nolan saat ini siap tayang di bioskop dan Geeks bisa membaca panduan karakter yang muncul dalam cerita. Oppenheimer sendiri berkisah pada sosok J. robert Oppenhimer, ahli fisika yang menjadi pemimpin dari sebuah proyek legendaris, The Manhanttan Project. Proyek inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya bom atom.

Film Oppenheimer sendiri diketahui akan berdurasi selama tiga jam yang menjadikan film ini jadi salah satu yang terlama. Ada berbagai karakter yang akan muncul dalam film ini, di mana mungkin akan membuat Geeks nantinya sedikit bingung. Karena itulah, Geeks bisa membaca panduan lengkap mengenai para karakter yang akan muncul dalam film Oppenheimer.

Tom Conti Sebagai Albert Einstein

Salah satu yang menarik dalam film Oppenheimer adalah kemunculan sosok Albert Einstein yang diperankan oleh Tom Conti. Salah satu ahli fisika paling terkenal di dunia ini sudah memiliki banyak kontribusi, mulai dari teori relativitas, teori mekanik quantum, dan merupakan sosok yang dekat dengan Robert Oppenheimer.

Christopher Denham Sebagai Klaus Fuchs

Klaus Fuchs merupakan seorang ahli teori fisika asal Jerman dan merupakan seorang mata-mata yang mengawasi proyek bom atom. Dia melakukan kerja sama dengan pihak Uni Soviet dan menjadi sosok yang berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai Manhattan Project. Oppenheimer sendiri dianggap sebagai film thriller spionase, yang mana hal ini kemungkinan besar karena momen kemunculan Fuchs.

David Krumholtz Sebagai Isidor Isaac Rabi

Isidor Isaac Rabi merupakan ahli fisikawan lainnya yang pernah memenangkan penghargaan Nobel pada 1944 karena berhasil menemukan resonansi magnetik nuklir (nuclear magnetic resonance) dan gambar resonansi magnetik (magnetik resonance imaging). Yang menarik adalah David Krumholtz sebenarnya adalah seorang aktor komedi. Tentunya ini jadi salah satu kejutan besar yang Nolan hadirkan di film Oppenheimer.

Devon Bostick Sebagai Seth Neddermeyer

Devon Bostick akan memerankan tokoh bernama Seth Neddermeyer, di mana dia adalah seorang ahli fisika yang juga terlibat dalam Manhattan Project. Seth Neddermeyer sendiri merupakan salah satu sosok yang memberikan pengaruh besar terhadap terciptanya bom atom. Dia adalah ahli fisika yang bersikukuh untuk menghadirkan sejata nuklir dengan daya ledak tinggi.

Gustaf Skarsgard Sebagai Hans Bethe

Hans Bether adalah seorang ilmuwan yang memberikan kontrobusi besar dalam bidang fisika nuklir dan bahkan berhasil memenangkan Penghargaan Nobel di tahun 1967 berkat kerja kerasnya dalam mengerjakan teori stellar nucleosynthesis.

Danny Deferrari Sebagai Enrico Fermi

Karakter selanjutnya yang akan muncul dalam film Oppenheimer adalah Enrico Fermi. Dia adalah sosok penting dalam Manhattan Project dan merupakan sosok yang terkenal karena berhasil menciptakan reaktor nuklir pertama di dunia.

Gary Oldman Sebagai Harry S. Truman

panduan karakter oppenheimer

Gary Oldman merupakan salah satu bintang besar yang ikut terlibat dalam film Oppenheimer. Dia berperan sebagai presiden Amerika yang ke-33 yaitu Harry S. Truman. Sang presiden merupakan pemimpin tertinggi dari pasukan Amerika saat perang dunia kedua terjadi. Ini bukan pertama kalinya Gary Oldman memerankan tokoh penting, di mana sebelumnya dia pernah memerankan Winston Churchill.

Jack Quaid Sebagai Richard Feynman

Geeks mungkin mengenal sosok Jack Quaid sebagai pemeran Hughie Campbell dalam series The Boys. Namun, Jack akan memerankan Richard Feynman di film Oppenheimer. Richard sendiri adalah salah satu ahli teori fisika paling berpengaruh sepanjang masa. Teorinya yang paling populer berfokus pada quantum elektrodinamika yang mana membuat dia bergabung dalam Manhattan Project.

Josh Peck Sebagai Kenneth Bainbridge

Kenneth Bainbridge adalah seorang ahli fisikan yang menjadi pemimpin dari tes pertama bom atom di Manhattan Project. Josh Peck menjadi aktor komedian lainnya yang terlibat dalam film Oppenheimer memerankan karakter yang serius. Namun, Nolan sendiri memang terkenal sering menghadirkan para cast yang diluar dugaan.

Michael Angarano Sebagai Robert Serber

Michael Angarano memerankan Rober Serber, di mana dia merupakan salah satu dari sekian banyak ahli fisika yang bergabung dalam Manhattan Project bersama Oppenheimer. Robert Serber pun merupakan professor fisika di Columbia University bersama dengan adik dari J. Robert Oppenheimer.

Dylan Arnold Sebagai Frank Oppenheimer

Dylan Arnold bergabung di film ini dengan memerankan Frank Oppenheimer. Dia merupakan adik laki-laki dari Robert Oppenheimer yang merupakan seorang professor fisika di University of Colorado. Dylan sendiri sebenarnya masih terhitung baru di dunia akting dan tentunya hal ini menarik bagaimana Dylan memerankan salah satu sosok penting di film ini.

Matthew Modine Sebagai Vannevar Bush

Vannevar Bush adalah sosok insinyur elektrik dan seorang penemu yang merupakan pemimpin dari Office of Scientific Research dan Development. Modine sendiri sudah pernah melakukan kolaborasi dengan Nolan dalam film the Dark Knight Rises d imana dia berperan sebagai Deputi Komisioner, Peter Foley. Dia juga berperan sebagai Dr. Martin Brenner dalam series Stranger Things.

Josh Harnett Sebagai Ernest Lawrence

Ernest Lawrence meruapakan ahli fisika nuklir asal Amerika yang memenangkan Penghargaan Nobel di tahun 1939 berkat penemuan cylotron. Josh Harnett sendiri merupakan salah satu kandidat utama untuk memerankan Batman di trilogi Batman karya Nolan, namun ditolak karena jadwal yang bentrok. Sejak 2020, Harnett sendiri tidak terlalu banyak mendapatkan peran yang besar.

Benny Safdie Sebagai Edward Teller

Edward teller merupakan salah satu ahli fisika yang bergabung dengan Manhattan Project bersama dengan Robert Oppenheimer. Namun, dalam bidang ilmu pengetahuan dan fisika nama Edward Teller juga dikenal sebagai “the father of the hydrogen bomb” atau “bapak dari bom hidrogen.” Hal ini karena dia berhasil menciptakan senjata termonuklir pertama.

Florence Pugh Sebagai Jean Tatlock

panduan karakter oppenheimerJean Tatlock adalah salah satu anggota dari United States Communist Party atau Partai Komunis Amerika Serikat dan juga merupakan seorang psikiater. Jean Tatlock diketahui memiliki hubungan romantis dengan Robert Oppenheimer semasa hidupnya. Ini menjadi proyek film pertama Pugh dalam kolaborasinya dengan Christopher Nolan dan akan jadi salah satu proyek film besar di tahun 2023 yang menghadirkan dia sebagai bintang.

Robert Downey Jr. Sebagai Lewis Strauss

panduan karakter oppenheimer

Pasca pensiun dari karakternya sebagai Tony Stark, RDJ mulai bergabung dengan Christopher Nolan dalam film Oppenheimer. Di film ini, RDJ berperan sebagai Lewis Strauss yaitu seorang perwira angkatan laut yang menjalani dua tugas di United States Atomic Energy Comission atau Komisi Energi Atom Amerika Serikat.

Matt Damon Sebagai Leslie Groves

panduan karakter oppenheimerMatt Damon juga jadi salah satu bintang besar Hollywood yang gabung dalam film Oppenheimer. Dia berperan sebagai Leslie Groves yang merupakan seorang insinyur di angkatan darat Amerika Serikat. Dia adalah sosok yang bertanggung jawab dalam pembangunan gedung pemerintah Pentagon dan juga ditunjuk menjadi pemimpin dari Manhattan Project pada September 1942.

Emma Dumont Sebagai Jackie Oppenheimer

Jackie Oppenheimer merupakan adik ipar dari Robert Oppenheimer, di mana Jackie menikah dengan adik Robert Oppenheimer yaitu Frank. nama Emma Dumont memang mungkin tidak terlalu banyak terdengar mengingat mayoritas peran yang dia mainkan sangat kecil. Namun, Emma terkenal sebagai aktris pemeran Lorna Dane alias Polaris dalam series The Gifted.

Emily Blunt Sebagai Katherine Oppenheimer

panduan karakter oppenheimer

Emily Blunt akan memerankan salah satu karakter utama dalam film ini yaitu Katherine “Kitty” Oppenheimer. Katherine sendiri merupakan istri dari Robert Oppenheimer yang menjadi partnernya dalam mengatasi berbagai keraguan serta berbagai masalah lain. Melihat prestasi Blunt dalam film sebelumnya, rasanya Blunt memang pas berperan di film ini.

Cillian Murphy Sebagai J. Robert Oppenheimer

panduan karakter oppenheimer

Nama Cillian Murphy mungkin lebih terkenal sebagai Tommy Shelby dalam series Peaky Blinders. Namun, dia juga pernah bekerja sama dengan Nolan dalam trilogi Batman di mana dia berperan sebagai Scarecrow. Cillian Murphy berperan sebagai sosok utama di filmnya, J. Robert Oppenheimer. Dialah yang kemudian menemukan bom atom dan berbagai hal lainnya yang memengaruhi kehidupan manusia.

Para Cast Dengan Karakter Yang Belum Terkonfirmasi

panduan karakter oppenheimer

Selain beberapa bintang di atas, ada juga ternyata nama-nama lainnya yang muncul dalam film ini tetapi belum terkonfirmasi apa perankan yang mereka mainkan. Berikut adalah deretan cast yang belum terkonfirmasi perannya dalam daftar panduan karakter Oppenheimer.

  • Casey Affleck
  • David Dastmalchian
  • Rami Malek
  • Kenneth Branagh
  • Dane DeHaan
  • Alden Ehrenreich
  • Jason Clarke
  • Alex Wolff
  • Tony Goldwyn
  • Scott Grimes
  • Josh Zuckerman
  • James D’Arcy
  • David Rysdahl
  • Louise Lombard
  • Harrison Gilbertson
  • Olli Haaskivi

Berdasarkan penjelasan di atas, Christopher Nolan menghadirkan banyak sekali karakter dalam film Oppenheimer ini. Dia juga menghadirkan bukan hanya para bintang kenamaan Hollywood, melainkan juga para bintang pendatang baru atau yang namanya kurang terdengar. Geeks bisa membaca panduan lengkap para karakter ini sebelum menonton film Oppenheimer.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.