Di dunia maya ada banyak sekali meme yang bertebaran dan sangat legendaris, di mana sumber aslinya merupakan salah satu adegan dari film. Meme sudah menjadi salah satu budaya yang erat kaitannya dengan para peseluncur di internet. Meme biasanya menjadi jawaban atau respon dari seseorang terkait sebuah unggahan yang beredar di internet.

Meskipun pada awalnya meme merupakan anekdot atau lelucon untuk mengomentari sebuah peristiwa, di era modern ini meme sudah mengalami pergeseran di mana selain menghadirkan komentar lucu juga sebagai sarana untuk menghadirkan komentar sarkas. Terlepas dari itu semua, banyak sekali meme lucu dan menarik serta legendaris yang justru diambil dari salah satu adegan film. Apa saja?

Willy Wonka And The Chocolate Factory

Film yang rilis pada tahun 1971 ini menghadirkan sosok Gene Wilder sebagai Willy Wonka. Alur filmnya sendiri memang tidak jauh dari apa yang sudah pernah dihadirkan dalam versi modern, seperti yang diperankan oleh Johnny Depp. Namun, ada satu momen di film tersebut yang kemudian menjadi salah satu meme legendaris yaitu ketika Willy Wonka menatap terhadap salah satu pengunjung dengan senyum yang lebar.

film meme

Momen tersebut sering kali dijadikan meme yang bersifat sarkasme oleh para pengguna internet. Ini adalah salah satu momen awal popularitas meme di internet. Adegannya ini terjadi di awal cerita ketika Willy Wonka memperkenalkan para pengunjung pabrik coklatnya terhadap salah satu mesin bernama Everlasting Gobstoppers. Dan Willy sebenarnya saat itu bertanya tentang bagaimana mesin tersebut beroperasi.

The Lord Of The Rings: The Fellowship Of The Ring

Meme “One does not simply walk into Mordor” yang memperlihatkan sosok Sean Bean ini sudah berusia kurang lebih 22 tahun. Meme ini endiri lahir dari potongan dialog dalam film The Lord Of The Rings: The Fellowship Of The Ring. Ketika pertemuan para dewan Elrond di Rivendell, karakter yang diperankan oleh Sean Bean, Boromir, menyatakan bahwa mereka bisa menggunakan the Ring sebagai senjata.

film meme

Dan dalam dialog tersebut Boromir sempat menyebutkan bagaimana sulitnya menghancurkan kreasi dari Sauron tersebut, dengan cara melemparkannya ke Mount Doom. Sean Bean sendiri mengaku bahwa dia tidak masalah dengan meme tersebut dan bahkan menganggap hal itu sebagai warisan.

The Matrix

Film The Matrix adalah salah satu film fiksi ilmiah yang paling sukses dan banyak dicintai oleh para penggemar. Dalam film ini, kita diperkenalkan dengan beberapa karakter ikonik seperti Neo dan juga Morpheus. Berbicara mengenai Morpheus, The Matrix menghadirkan salah satu meme legendaris yang melibatkan salah satu adegan di film tersebut dan menunjukan sosok Morpheus.

film meme

Dalam adegan tersebut, Morpheus nampak serius dan berusaha menjelaskan sesuatu. Dan ini juga yang kemudian menjadi meme legendaris, “What if I Told you…” yang diikuti oleh berbagai fakta untuk menyerang “korbannya.” Yang menarik adalah sebenarnya Morpheus sendiri tidak pernah mengatakan dialog tersebut dalam filmnya. Yang dia katakan di film tersebut adalah “Do you want to know what ‘it’ is?”

Prekuel Trilogi Star Wars

Prekuel trilogi Star Wars ternyata bukan hanya dianggap sebagai salah satu trilogi yang sukses di franchisenya. Film-film tersebut juga banyak melahirkan meme legendaris. Contohnya adalah meme “For the Better, Right?” yang memperlihatkan momen Anakin dan Padme di sebuah kebun. Ekspresi yang diperlihatkan oleh Anakin saat itu – yaitu senyum mengerikan – yang kemudian menjadi meme tersebut.

film meme

Selain meme dari Anakin dan Padme, ada juga meme legendaris yang muncul dari adegan pertarungan antara Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi. Contohnya adalah meme “Hello There,” dan yang paling fenomenal adalah “It’s over Anakin! I have the high ground!” serta “You were the Chosen One!” dan “You underestimate my power.” Franchise Star Wars sepertinya berhasil menghibur banyak orang.

Anchorman: The Legend of Ron Burgundy

Ini juga merupakan salah satu film yang menghasilkan meme legendaris. Filmnya sendiri rilis pada 2004 dan menjadi film komedi satir yang mengisahkan seorang pembawa acara berita paling dicintai di San Diego, Burgundy. Karena ini merupakan film komedi, rasanya wajar jika kemudian ada banyak meme yang kemudian muncul dari film ini salah satunya potongan dialog “That escalated quickly.”

Biasanya, meme ini digunakan ketika ada sebuah peristiwa besar lainnya terjadi yang mengakibatkan situasi menjadi tidak terkendali. Meme ini memperlihatkan sosok Burgundy duduk santai di sebuah kursi dengan ekspresi terkejut sambil memegang minuman. Adegan meme tersebut diambil dari adegan di mana Burgundy berkelahi dengan dengan para kru dari tv rivalnya.

The Big Lebowsky

Salah satu film klasik yang underrated. The Big Lebowski berkisah tentang Jeff Lebowski. Banyak orang salah sangka jika dia adalah sosok milyuner yang memiliki banyak masalah, karena namanya sama. Jeff kemudian harus berurusan dengan kasus menghilangnya istri seorang milyuner, penagih hutan asal Jerman, dan berbagai hal mengerikan lainnya. Momen dari film ini yang kemudian menjadi meme adalah ketika Walter mengambil pistol di sebuah arena bermain bowling dan mulai mengokang pistol tersebut dengan teks “Am I the only one…” Meme ini biasanya digunakan oleh seseorang untuk menunjukan kemarahan mereka terhadap seseorang atau situasi.

The Dark Knight

The Dark Knight menghadirkan beberapa meme populer di awal era 2010. Salah satu meme yang terkenal dari film karya Christopher Nolan ini adalah dialog Joker dengan Harvey Dent. Joker mengatakan jika orang-orang tidak pernah panik ketika semua kejahatan yang dia lakukan terjadi. Namun, ketika ada satu orang tewas di luar rencananya maka semuanya kehilangan akal sehat mereka.

Meme “Everybody loses their minds” lahir dari adegan di atas di mana ada gambar Joker yang menjelaskan sesuatu kepada Harvey Dent. Film ini juga menghadirkan meme “You merely adopted the darkness” yang merupakan potongan dialog dari Bane. Meme ini digunakan untuk membandingkan antara dua peristiwa atau orang, di mana satu orang lainnya sudah terbiasa dengan situasi tersebut.

Spider-Man 3

Tobey Maguire dikenal sebagai salah satu aktor pemeran Spider-Man yang fenomenal, sebelum kemudian kita diperkenalkan sosok lain seperti Andrew Garfield dan Tom Holland. Di dua film pertama, kita melihat bagaimana sosok Spider-Man dan Peter Parker sesuai dengan ekspektasi sebagai seorang pahlawan. Namun, di film ketiga Peter mengalami perubahan sikap akibat symbiote di dalam tubuhnya.

film meme

Perubahan sikap ini yang kemudian menghasilkan beberapa meme legendaris. Misalnya adegan ketika Peter Parker berjoget di jalanan dan di beberapa tempat. Dan dia juga sempat menghadirkan sebuah dialog yang cukup fenomenal yaitu “I’ll put some dirt in your eye.” Fakta menariknya adalah ternyata Tobey sendiri masih sering melakukan joget tersebut setiap pagi.

Django Unchained

Django Unchained merupakan film karya Quentin Tarantino yang meskipun mendapatkan banyak sekali ulasan positif dan sukses di box office, film ini penuh dengan berbagai kontroversi. Berkisah tentang perbudakan di wilayah Amerika pada zaman dahulu, film ini menghadirkan sederet bintang besar mulai Christoph Waltz, Jamie Foxx, dan juga Leonardo DiCaprio.

film memeLeo sendiri berperan sebagai sosok villain pemilik perkebunan bernama Calvin Candie. Dalam sebuah adegan makan malam menjelang akhir filmnya, nampak bagaimana DiCaprio memegang segelas minuman sambil tertawa dengan kesan mengejek. Momen ini yang kemudian lahir menjadi salah satu meme paling legendaris.

Joker

Film Joker karya Todd Phillips yang rilis pada 2019 memang pada dasarnya bukan sebuah material meme, mengingat fokus cerita yang serius. Ada juga hal serius yang lainnya yang dihadirkan oleh karakter Arthur Fleck seperti gangguan kesehatan mental yang dia alami. Namun, hal itu tidak membuat orang-orang untuk menghadirkan meme dari film ini dan mengunggahnya di internet.

film meme

Beberapa meme yang lahir dari film ini adalah adegan Joker yang menari di tangga sebuah wilayah, di mana adegan ini adalah Arthur yang mulai menerima dirinya sebagai Joker. Dan yang tidak kalah fenomenal adalah potongan dialog yang muncul di akhir cerita, yaitu “you wouldn’t get it” di mana adegan ini muncul ketika psikiatris coba untuk menanyakan apa yang ada dalam pikiran Arthur.

Berbagai film yang ada dan rilis di bioskop memang sedari awal tidak bertujuan untuk menjadi sebuah meme di internet. Namun, para pengguna internet selalu berhasil menemukan momen yang unik dan kocak yang mana kemudian momen tersebut menjadi meme di internet.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.