Joaquin Phoenix kembali memerankan sosok ikonik Clown Prince of Crime dalam trailer pertama film “Joker: Folie à Deux”, yang menandai kelanjutan dari sekuel DC yang baru. Todd Phillips, sutradara di balik kesuksesan kritis dan finansial film “Joker” tahun 2019, sedang bersiap untuk memperluas franchise Elseworlds-nya. “Joker: Folie à Deux” akan menjadi satu-satunya film DC yang dirilis pada tahun 2024 dan akan mengeksplorasi wilayah baru dalam genre film komik, karena sekuel ini akan menjadi film musikal.

Warner Bros. Pictures telah merilis trailer tersebut, memberikan dunia sekilas tentang film musikal komik bersama dengan pemeran “Joker: Folie à Deux”. Minggu lalu, Warner Bros. Pictures mengumumkan bahwa trailer pertama “Joker: Folie à Deux” akan tiba hari ini, dengan film tersebut hanya enam bulan lagi dari perilisan di bioskop. Studio ini juga merilis sebuah poster yang menampilkan Arthur Fleck (Phoenix) dan Harley Quinn (Lady Gaga) sedang menari, memberikan pratinjau adegan yang ditampilkan dalam trailer.

Trailer “Joker: Folie à Deux” mengeksplorasi kehidupan Arthur saat ini, yang kini menjadi pasien di Arkham Asylum. Namun, jelas Arkham Asylum tidak akan bisa menahannya untuk waktu yang lama, karena rekaman tersebut menangani kembalinya dia ke mata publik, dengan dukungan yang lebih besar untuk Joker dari sebelumnya. Serupa dengan film “Joker” pertama, tampaknya ada unsur politik, karena banyak warga Kota Gotham yang terbagi tentang karakter Joker Arthur dan apakah dia harus dibebaskan.

Dengan banyak misteri yang mengelilingi Harley dari Lady Gaga, trailer “Joker: Folie à Deux” akhirnya memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana mereka mendekati karakter ikonik ini dibandingkan dengan iterasi Margot Robbie dari linimasa film DCEU. Alih-alih menjadi psikiaternya, Harley juga merupakan narapidana Arkham Asylum, yang setidaknya mempertahankan koneksi yang mereka bangun melalui institusi tersebut. Secara umum, ada banyak momen yang menunjukkan energi kacau mereka yang akan terasa sepanjang “Joker: Folie à Deux”, dari mereka melakukan kejahatan hingga beberapa cuplikan kemampuan musikal mereka.

Satu-satunya lagu yang disorot dalam trailer “Joker: Folie à Deux” adalah “What the World Needs Now Is Love,” yang kemungkinan menunjukkan bahwa itu akan menjadi salah satu lagu yang ditampilkan dalam film. Tidak akan mengejutkan jika trailer kedua “Joker: Folie à Deux” akhirnya lebih memfokuskan pada nomor-nomor musikal untuk memberikan penonton gambaran yang lebih baik tentang bagaimana elemen tersebut dimainkan dalam cerita. Meskipun hanya trailer teaser yang telah dirilis, “Joker: Folie à Deux” sudah terlihat seperti sesuatu yang sangat unik dalam lanskap film komik yang terus berkembang.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.