Secret Invasion episode 4 akhirnya mengungkap hal yang sudah sejak lama dicurigai oleh para penggemar. James ‘Rhodey’ Rhodes alias War Machine, yang selama ini kita kenal sebagai sahabat Iron Man sekaligus anggota Avengers, sekarang terungkap bahwa ternyata dia seratus persen Skrull di seriesnya. Yang lebih parahnya dia adalah bagian dari Skrull pemberontak yang berusaha mengalahkan Nick Fury dan merebut planet Bumi dari umat manusia. Pertanyaannya sekarang adalah sejak kapan War Machine jadi Skrull? Benarkah sejak awal? Mari langsung saja kita kupas misterinya, Geeks!

Skrull Wanita Bernama Raava

Setelah sempat menjadi pembicaraan kontroversial di kalangan penggemar, Secret Invasion episode terbaru akhirnya mengonfirmasi bahwa Rhodey alias War Machine adakah seorang skrull. Pengungkapan yang disampaikan secara dramatis ini sudah mulai terasa di awal episode 4, ketika Rhodey dan istri Nick Fury yang bernama Pricilla bertemu di sebuah gereja. Dalam dialog yang juga didengar oleh Fury melalui alat sadap suara, Rhodey memaksa Priscilla untuk membunuh suaminya karena dia berusaha menggagalkan rencana Gravik dan Skrull pemberontak untuk memicu perang dunia.

War Machine Skrull

Singkat cerita setelah Fury dan Priscilla memutuskan untuk berdamai dengan keadaan dan tidak jadi saling bunuh, selanjutnya kita diperlihatkan pada adegan di mana seorang Skrull wanita tengah mandi. Dia tidak lain adalah Skrull imposter bernama Raava yang selama ini telah menyamar sebagai Rhodey alias War Machine untuk menduduki posisi strategis di pemerintahan Amerika. Fury yang telah menyelesaikan masalahnya dengan Priscilla langsung mencoba mengonfimasi pengkhianatan Rhodey dengan datang ke apartemen mewahnya.

Pada titik inilah Raava alias Rhodey tidak malu mengakui semuanya sambil meneguk whiskey senilai emas 24 karat yang ternyata telah Fury campur dengan alat pelacak cair. Kabar baiknya walaupun untuk saat ini Fury belum mampu membongkar identitasnya, tetapi dia dan sahabatnya Talos bisa mengikuti Rhodey secara diam-diam ke lokasi Presiden Ritson. Di mana ternyata Gravik dan para Skrull pemberontak menyamar sebagai teroris Rusia untuk menyerang iring-iringan presiden. Menjelang kredit, upaya Gravik untuk membunuh Presiden Ritson memang gagal, tetapi sayangnya dia berhasil membunuh Talos.

Sejak Kapan Jadi Skrull?

Saat ini Marvel Studios memang belum menjelaskan secara detail sejak kapan Rhodey alias War Machine jadi Skrull di MCU. Walaupun begitu mari kita coba menebaknya dengan mundur ke setiap penampilan Rhodey di MCU. Sejauh ini karakter Rhodey yang diperankan oleh Don Cheadle sudah muncul di banyak film Marvel, mulai dari waralaba Iron Man, Captain America: Civil War, sampai dua film terakhir Avengers yaitu Infinity Wars dan Endgame. Selama itu juga Rhodey sama sekali tidak memperlihatkan tanda-tanda sebagai seorang Skrull yang ingin merebut planet Bumi dari manusia.

Penampilan terakhir Rhodey sebelum Secret Invasion adalah di episode perdana series The Falcon and the Winter Soldier. Dalam adegannya dia terlihat menasehati Sam Wilson terkait keputusannya untuk menjadi Captain America yang baru. Meskipun Rhodey tidak memperlihatkan dukungannya secara langsung, baik sebagai sesama orang kulit hitam maupun sebagai Avengers, tetapi dia justru mendorong Sam untuk menjadi simbol Amerika. Berdasarkan hal tersebut sampai titik ini cukup jelas bahwa dia masih Rhodey yang selama ini kita kenal.

Artinya perubahan Rhodey menjadi Skrull di MCU, atau dengan kata lain tubuhnya diambil alih oleh Skrull pemberontak, kemungkinan besar terjadi setelah series TFATWS dan sebelum Secret Invasion. Dengan rentang waktu sekitar satu hingga dua tahun, sepertinya Gravik dan para anteknya telah berhasil menculik Rhodey yang asli dan kemudian menyuruh Raava untuk menggantikan posisinya di pemerintahan sampai hari ini.

Teori ini bahkan didukung dengan pernyataan Presiden Marvel Studios Kevin Feige. Di mana dia baru saja mengungkapkan kepada Marvel.com bahwa mengubah Rhodey menjadi seorang Skrull merupakan keputusan yang diambil untuk series Secret Invasion saja. “Kami memerlukan karakter yang sama sekali tidak diharapkan menjadi Skrull. Dan Don [Cheadle] siap untuk pengungkapan tersebut,” ungkapnya.

Nasib War Machine yang Asli

War Machine Skrull

Jika Rhodey di Secret Invasion adalah seorang Skrull, sekarang pertanyaannya di mana dan bagaimana nasib Rhodey alias War Machine yang asli? Sama seperti agen Everett Ross dan sejumlah orang yang dicuri identitasnya oleh Skrull, kemungkinan Rhodey yang asli tengah ditawan dalam keadaan stasis di markas Skrull pemberontak. Cara satu-satunya untuk menyelamatkan Rhodey dan yang lain adalah Nick Fury harus benar-benar berhasil menghentikan rencana Gravik. Di mana jawabannya hanya akan terungkap melalui dua episode terakhir Secret Invasion yang akan tayang selama dua minggu ke depan.

Sekian pembahasan tentang sejak kapan Rhodey alias War Machine menjadi Skrull di MCU. Terlepas dari statusnya yang masih menjadi misteri, yang jelas Rhodey dipastikan tidak akan mati di series Secret Invasion. Karena ke depannya dia dimaksudkan untuk kembali di film Armor Wars mendatang. Kita lihat saja minggu depan seperti apa pengungkapan nasib Rhodey yang sesungguhnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.