Belum lama ini Transformers: Rise of the Beasts baru saja merilis trailer kedua yang mengungkap sejumlah hal menarik di filmnya. Salah satunya adalah kemunculan sosok big bad Unicron dalam bentuk planetnya yang digadang-gadang akan menjadi sentral konflik persekutuan Autobot dan Maximal dalam melawan Terrorcon. Selain itum ada satu adegan menarik lainnya yang mengonfirmasi bahwa karakter manusia Noah Diaz (Anthony Ramos) akan mengenakan armor Exosuit versi live action di film Transformers: Rise of the Beasts nanti. Apa itu Exosuit? Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini, Geeks!

Penampilan Perdana Live Action Exosuit

Penampilan armor Exosuit ini bisa kita lihat pada detik-detik terakhir trailer Transformers Rise of the Beasts, ketika karakter manusia bernama Noah berinteraksi dengan sahabat barunya Autobot Mirage. Pada adegan tersebut Mirage berbicara kepada Noah, “Yo Noah, ambil kemudi,” sambil melemparkan sebuah benda mirip kunci kepadanya. Sejurus kemudian benda tersebut langsung bertransformasi menjadi armor nano teknologi Cybertron yang mulai menyelimuti lengan Noah. Menariknya teknologi ini sama sekali belum pernah terlihat di versi live action Transformers sebelumnya.

Pada potongan adegan selanjutnya Noah yang mengenakan armor Exosuit terlihat menempel pada bagian belakang Bumblebee dan bergerak layaknya manusia super. Di dunia nyata sendiri exosuit atau eksoskeleton merupakan sebuah pakaian canggih yang memiliki sejumlah mesin penggerak agar penggunananya lebih kuat dan memiliki daya yang tahan lebih tinggi. Tentunya Exosuit versi Transformers ini jauh lebih hebat dari itu. Dan walaupun baru pertama kali ditampilkan di versi live action-nya, faktanya armor yang diperuntukkan bagi manusia ini sudah diperkenalkan sejak lama di versi animasinya.

Origin Armor Exosuit di Transformers

Di serial animasi Transformers Generation 1 (1984), Exosuit pertama kali dipakai oleh Spike Witwicky ketika terlibat dalam pertempuran bersama Bumblebee di salah satu bulan Cybertron yang disebut Moonbase Two. Secara garis besar armor Cybertron ini memang dimaksudkan untuk digunakan oleh manusia atau makhluk humanoid lainnya. Ketika anak Spike yang bernama Daniel Witwicky mengenakannya Exosuit yang diberikan oleh Autobot Arcee, armor ini bahkan bisa berubah menjadi kendaraan yang memungkinkannya kabur dari Decepticon Shrapnel dan Scavenger di Planet Junkion.

Selain keluarga Witwicky, manusia lain yang pernah mengenakan Exosuit adalah Jessica Morgan. Di mana dia diceritakan berhasil membantu Optimus Prime dan para Autobot dalam melawan Galvatron di Planet Chaar. Dalam cerita lainnya, Deception dan Autobot juga pernah mengubah senjata bahkan kepala mereka menjadi armor Exosuit yang bisa digunakan oleh alien humanoid di Planet Nebulos. Berdasarkan sepak terjang Exosuit di mitologi Transformers ini sepertinya akan sangat menarik ketika versi live action-nya diperlihatkan di film Rise of the Beasts nanti.

Fungsi Armor Exosuit Bagi Manusia

Jika merujuk pada versi animasinya pada dasarnya armor Exosuit ini berfungsi untuk melindungi penggunanya dari lingkungan ekstrem, seperti ruang hampa udara di luar angkasa, tekanan tinggi di laut dalam, atau di tengah pertempuran Transformers. Selain bisa berubah menjadi kendaraan mini, pada umumnya Exosuit juga dilengkapi dengan blaster yang bisa digunakan untuk menyerang dan juga mesin jet yang memungkinkan penggunanya untuk melompat tinggi serta bergerak lebih cepat. Jika digunakan dengan tepat, bukan tidak mungkin Exosuit dapat membuat manusia menginmbangi Transformers.

Meskipun fungsi Exosuit di Transformers: Rise of the Beasts belum terungkap secara penuh, tetapi dalam cuplikan trailernya Noah terlihat mampu bergerak lebih cepat dan melopmpat lebih tinggi. Apalagi dalam cuplikan tersebut dia terlihat bertempur bersama Bumblebee yang tengah berhadapan dengan segerombolan robot jahat. Berbekal informasi tersebut kemungkinan besar Exosuit telah meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh Noah. Dengan kata lain saat mengenakan teknologi armor pemberian Mirage ini Noah telah berubah menjadi manusia super, layaknya Iron Man atau RoboCop.

Sekian pembahasan tentang armor Exosuit di film Transformers: Rise of the Beasts. Saat filmnya tayang nanti, mungkin kita akan melihat lebih banyak lagi keunggulan dari armor ini, misalnya senjata blaster untuk serangan jarak jauh atau pedang energi untuk pertarungan jarak dekat. Yang jelas, dengan Exosuit, Noah dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi Autobot dan juga Maximal dalam melawan ‘teror’ Scourge dan para Terrorcon. Penampilan dan kehebatan penuh dari armor keren ini hanya bisa kita saksikan saat film Transformers: Rise of the Beasts tayang perdana pada tanggal 9 Juni mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.