Sosok Michael Jackson memang dikenal sebagai ‘Raja Pop’ dan penyanyi legendaris, namun berkat popularitasnya tersebut ada beberapa karakter anime yang terinspirasi dari sang penyanyi. Dalam dunia anime atau manga, sebuah karakter selalu menjadi perhatian dari para penggemar. Pasalnya, tidak jarang para karakter tersebut memiliki penampilan yang menarik, unik, dan sangat mencolok.

Berbagai karakter unik tersebut bisa kita lihat dalam berbagai anime, misalnya One Piece yang memang dikenal memiliki karakter yang epik. Dan tidak jarang juga, alasan mengapa para karakter anime tersebut bisa sangat menarik dan unik adalah karena mereka terinspirasi dari sosok nyata, contohnya adalah Michael Jackson. Berikut adalah beberapa contohnya.

Jango

Ini mungkin adalah salah satu contoh karakter anime yang terinspirasi Michael Jackson yang paling populer. Karakter Jango sudah diperkenalkan di awal cerita One Piece, tepatnya di arc Syrupp Village. Jango merupakan salah satu rekan dari Captain Kuro di mana dia hendak melakukan kejahatan dengan memeras Kaya. Dia memiliki senjata unik yang bisa membuat orang terhipnotis.

Secara sekilas, kita bisa lihat jika desain karakter dari Jango memang sangat mirip dengan Michael Jackson. Hal ini ditunjukan dari segi wajah dan juga penampilan. Bahkan, perilaku atau karakteristiknya pun dianggap sama. Jango pun memiliki desain sepatu yang mirip dengan Michael Jackson. Namun, yang juga menarik adalah Jango memiliki nama panggilan “Jacko” dalam versi dubbing di Jerman yang mana itu adalah nama panggilan Michael Jackson di dunia nyata.

Muzan Kibutsuji

Contioh karakter anime yang terinspirasi dari Michael Jackson yang paling populer lainnya adalah Muzan Kibutsuji. Muzan merupakan sosok “raja iblis” yang mengubah orang-orang menjadi makhluk mengerikan tersbeut. Dia adalah villain utama dalam cerita Demon Slayer. Muzan mengincar Nezuko untuk mewujudkan mimpinya yaitu keabadian. Namun, keinginan Muzan tersebut harus terhalang oleh para Demon Slayer.

karakter anime michael jacksonBanyak fans anime yang sudah sadar jika karakter Muzan memiliki desain yang mirip dengan sosok Michael Jackson. Hal ini bisa dilihat dari setelan jas yang dia kenakan, gaya rambut, dan bahkan topi yang sangat mirip dengan gaya dari sang raja pop. Berbeda dengan Jango, tidak diketahui apakah Koyoharu Gotoge memang terinspirasi dari Michael Jackson atau merupakan bentuk penghormatan ketika menghadirkan karakter Muzan.

Michael Jackson

Ini memang bukan karakter anime yang terinspirasi dari Michael Jackson, namun ini adalah karakter anime yang memang dihadirkan berdasarkan sosok Michael Jackson sendiri. Karakternya muncul dalam sebuah series anime bernama Idol Tenshi Youkoso Youko episode 28. Dalam episode tersebut diperlihatkan bagaimana dua penyanyi idola, Saki Yamamori dan Tanaka Youko, menyanyi di atas panggung.

karakter anime michael jackson

Ketika bernyanyi, karakter Michael Jackson kemudian muncul di belakang panggung dan menanyakan siapa yang sedang bernyanyi tersebut. Dan sang manajer kemudian coba menjelaskan kepada Michael Jackson bahwa Saki dan Youko adalah dua orang penyanyi bersuara emas yang masih baru. Dan Michael sendiri memberikan pujian kepada keduanya bahwa penampilan mereka sangat bagus.

Yukel Hakushon

Yukel Hakushon adalah karakter antagonis yang muncul dalam series anime Nerima Daikon Brothers. Ceritanya sendiri berkisah tentang tiga orang bernama Ichiro, Hideki, dan Mako yang bercita-cita menjadi seorang penyanyi besar dan konser di sebuah stadium. Sehari-hari mereka merupakan petani daikon atau lobak Jepang di wilaya Nerima. Dalam ceritanya, ketiga karakter harus berhadapan dengan banyak hal termasuk Yukel Hakushon.

Yukel Hakushon memiliki wajah dari Michael Jackson setelah operasi plastik. Dia juga sering berteriak di ujung kalimatnya, seperti yang dilakukan Michael Jackson di berbagai lagu miliknya. Namun, Yukel tidak menggunakan kostum yang mirip seperti Michael Jackson seperti Muzan atau Jango. Yukel justru mengenakan kostum dari cerita Peter Pan. Yukel sendiri berusaha menggusur perkebunan lobak milik ketiga karakter dan menjadikannya “Nerima-Land.”

Kepopuleran Michael Jackson di dunia, di mana salah satunya adalah Jepang, pada akhirnya membuat para kreator dari cerita anime terinspirasi untuk membuat karakter dari sosok Michael Jackson. Selain menghadirkan para karakter yang memang mirip dengan Michael Jackson, tidak sedikit cerita yang menghadirkan referensi dari Michael Jackson.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.