Salah satu bintang MCU, Robert Downey Jr., mengaku jika kemunculannya di jagat sinematik tersebut pengaruhi kualitas aktingnya. Seperti yang diketahui Robert Downey Jr. alias RDJ merupakan aktor yang dianggap sebagai “pahlawan” bagi Marvel Studios. Pasalnya, perannya sebagai Tony Stark dalam film Iron Man di tahun 2008 menjadi pintu masuk bagi rumah produksi tersebut untuk menciptakan sebuah jagat sinematik yang populer hingga sekarang.

Meskipun pada awalnya pihak Marvel Studios ragu untuk menyewa jasa RDJ, apalagi saat itu dia baru saja keluar dari penjara karena kasus obat-obatan terlarang, namun sang aktor membuktikan bahwa dia mampu menghidupkan karakter tersebut. Dan akhirnya, RDJ menjadi salah satu sosok penting di MCU. Namun, Robert Downey Jr. kemudian mengakui jika perannya sebagai Tony Stark di MCU pengaruhi kualitas aktingnya sebagai aktor Hollywood.

robert downey mcu

Dalam wawancaranya dengan The New York Times, RDJ mengatakan jika perannya sebagai Iron Man saat itu benar-benar total. Dan selama perannya sebagai Iron Man di MCU memberikan pengaruh besar dalam karir aktingnya yang membuat dia akhirnya bisa muncul di berbagai film, salah satunya adalah film Oppenheimer karya Christopher Nolan.

Ya. Seratus persen, dan aku tahu sempat ada poin di mana Christopher Nolan memberikan dukungan (terhadap RDJ), mari kita latih otot-otot lainnya, tapi mari kita lakukan sambil melakukan apa yang sebelumnya tidak pernah/jarang dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, setelah perannya sebagai Tony Stark di MCU dan sukses membawa jagat sinematik tersebut populer memang karir dari RDJ langsung melonjak tajam. RDJ banyak bintangi film populer seperti Sherlock Holmes, Dr. Dolittle, dan yang paling baru tentunya adalah Oppenheimer. Dalam film tersebut RDJ berperan bersama Cillian Murphy, Emily Blunt dan masih banyak lainnya.

RDJ sendiri memutuskan untuk mengakhiri perannya sebagai Tony Stark di tahun 2018 dalam film Avengers: Endgame. Dia diperlihatkan tewas setelah mengorbankan dirinya untuk menghabisi nyawa Thanos. Meskipun sudah tidak lagi memerankan karakter Tony Stark, karirnya di MCU nyatanya berhasil pengaruhi kualitas akting Robert Downey Jr. dan hal ini tentunya memberikan dia kesempatan untuk bisa berkarya lebih banyak lagi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.