Banyak Geeks yang mungkin lebih mengenal Thor sebagai salah satu karakter yang muncul di MCU, namun faktanya Thor juga muncul berbagai judul film non-MCU. Bagi banyak orang Thor merupakan salah satu karakter Avengers di Marvel Cinematic Universe. Dia merupakan putra Odin dan menjadi salah satu karakter dari mitologi Nordik yang sangat populer.

Di MCU sendiri karakter Thor diperankan oleh aktor Chris Hemsworth yang berhasil menghidupkan karakternya sejak film pertama. Namun, dengan popularitas yang tinggi dari karakter Thor sebenarnya ada juga berbagai judul film non-MCU yang menghadirkan karakter Thor. Dan mereka pun menginterpretasikan karakter Thor sesuai dengan keinginan mereka.

Kung Fury

Kung Fury merupakan salah satu film yang cukup “epik” dan juga gila. Ini merupakan sebuah film bertema polisi tahun 80an yang banyak menghadirkan elemen-elemen menarik dan unik. David Sandberg menjadi penulis, sutradara, serta salah satu bintang di film ini. Yang menarik adalah filmnya sendiri dibuat dengan cara urunan (crowdfunding). Ceritanya sendiri berfokuss pada seorang polisi yang juga ahli bela diri, Kung Fury.

thor non-mcu

Kung Fury kemudian harus berhadapan dengan berbagai macam musuh, mulai dari ninja, lemari yang hidup, bahkan sampai Adolf Hitler yang sedang melakukan perjalanan waktu. Pertarungan itu justru membuat Kung Fury kembali ke masa para Viking masih ada. Dalam adegan itu, diperlihatkan bagaimana sosok Thor muncul yang diperankan oleh atlet bodybuilder Andreas Cahling.

Mortal

Mortal menyajikan kisah dan interpretasi yang sangat berbeda jauh dari sosok Thor. Disutradarai oleh André Øvredal, film ini berkisah tentang Eric, seorang Norwegia-Amerika yang memiliki kekuatan aneh. Dia bisa menyalakan atau memunculkan api dengan pikirannya. Eric bahkan dituduh sebagai pelaku dari sebuah kasus kebakaran. Mengetahui hal ini, Eric kemudian pergi ke psikologis bernama Christine.

Christine kemudian membantu Eric untuk mencari tahu silsilah keluarganya dan juga membantu mengendalikan keluarganya. Namun, kekuatan Eric justru semakin kuat. Dia kemudian menemukan sebuah artefak kuno dewa Nordik yang membuatnya bisa mengendalikan dan menguasai teknik petir. Namun, dia kemudian dianggap sebagai teroris. Eric sendiri dianggap sebagai Thor akibat kekuatannya tersebut. Dan ternyata, peternakan keluarganya merupakan peternakan dari keluarga Thor pasca peristiwa Ragnarok.

Star Gate SG-1

Berbicara mengenai keunikan dari penampilan sosok Thor, maka Stargate SG-1 menjadi salah satu yang sangat berbeda. Dalam series ini, sosok Thor justru digambarkan sebagai sseroang Supreme Commander dari sebuah armada kapal Asgar. Dia juga merupakan anggota dari Asgard High Council. Dan yang paling unik adalah Thor di series ini tidak diperlihatkan sebagai manusia.

thor non-mcu

Dalam hal ini, Thor di series Star Gate SG-1 justru digambarkan sebagai alien dengan nada yang monoton dan tanpa ekspresi. Meskipun begitu, kreator dari seriesnya memanfaatkan pitch vokal dari karakternya untuk memperlihatkan emosi yang dia rasakan. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Thor versi ini sangat unik.

Adventures In Babysitting

Sosok Thor yang muncul dalam film ini dianggap sangat aneh sekaligus juga menarik. Filmnya sendiri berkisah tentang Chris, seorang pengasuh bayi yang mengalami sebuah petualangan unik ketika mengasuh. Salah satu anak yang diasuh oleh Chris adalah Maia Brewton, yang sangat terobsesi dengan sosok Thor dalam cerita Marvel. Ada hal menarik yang kemudian terjadi di akhir cerita.

thor non-mcu

Mereka kemudian bertemu seorang mekanik bertubuh besar dan kekar yang memegang sebuah palu dan memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Thor. Awalnya, dia menolak untuk menolong mereka. Namun, Maia kemudian mengatakan bahwa dia harus menolong orang. Akhirnya, dia pun mau menolong Maia dan yang lain. Sosok pemeran Thor tersebut adalah Vincent D’Onofrio yang kemudian berperan sebagai Kingpin.

Meskipun ada banyak mitologi dan dewa-dewa Yunani yang populer, Thor tetap menjadi salah satu yang tidak kalah populer. Karakter mitologi Nordik ini nyatanya pernah juga muncul di berbagai judul film dengan interpretasi masing-masing mengenai karakternya. Thor mungkin memang salah satu karakter populer di MCU, namun berbagai cerita non-MCU di atas pun nyatanya pernah tampilkan sosok Thor.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.