Sebagai anggota Avengers dengan kekuatan fisik luar biasa, saat ini Hulk telah menjadi salah satu karakter paling populer dalam sejarah Marvel. Identitas ganda Dr. Bruce Banner dan Hulk secara tidak langsung melahirkan perpaduan unik antara kekuatan fisik serta tingkat kecerdasan yang melebihi manusia pada umumnya. Nah walaupun banyak penggemar yang sudah cukup familier dengan kemampuan dasar Hulk, tahukah kalian bahwa dia masih memiliki kekuatan rahasia lain yang jarang diketahui. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi enam kekuatan rahasia Hulk yang mungkin belum pernah kalian dengar!

Tidak Bisa Mati

Meskipun pada dasarnya Bruce Banner adalah seorang manusia, tetapi dia menyimpan kekuatan rahasia Hulk yang membuatnya tidak bisa mati dengan mudah. Hal ini terbukti dari beragam upaya Banner untuk menghabisi nyawanya sendiri, seperti menembak kepalanya, menabrakan dirinya ke kereta api, dan lain sebagainya, tetapi tidak pernah berhasil karena Hulk akan selalu keluar untuk mempertahan tubuhnya dari segala macam bahaya. Hal yang sama juga berlaku jika ada orang lain yang berusaha melukai Banner saat dalam bentuk manusianya. Hulk akan langsung mengambil alih tubuhnya dan berubah menjadi monster hijau yang bisa dibilang nyaris abadi karena tidak bisa dilukai.

Paru-paru Super

Dengan tubuh serta kekuatan fisik yang sangat besar, tidak aneh jika paru-paru Bruce Banner juga ikut membesar ketika berubah menjadi Hulk. Namun tahukah kalian bahwa kapasitas dari paru-paru Hulk ini merupakan salah satu kekuatan rahasia yang sering membuatnya unggul dalam berbagai pertarungan. Misalnya ketika dia bertarung dalam ruangan yang dipenuhi gas beracun, Hulk relatif bisa menahan napasnya lebih lama. Hal yang sama juga terjadi di dalam air. Di mana Namor the Sub-Mariner pernah terkejut karena Hulk ternyata masih mampu bertarung di dalam air untuk waktu yang cukup lama. Selain itu napasnya juga memungkinkan dia untuk menyeburkan tornado dari mulutnya.

Ciptakan Portal

Salah satu kunci mengapa Hulk sulit dibunuh adalah karena dia memiliki portal Green Door yang akan selalu muncul ketika dirinya mati. Portal inilah yang membuatnya tidak pernah bisa pergi ke akhirat ketika mati. Yang lebih hebatnya lagi, selain portal yang memisahkan kematian dan kehidupannya, Hulk juga terbukti mampu menciptakan portal ke tempat lain dengan kekuatannya. Di mana hal ini pernah dibuktikan oleh salah satu persona Hulk paling cerdas yang bernama Doc Hulk. Portal berwarna kuning yang Doc Hulk ciptakan memungkinkan dirinya untuk melakukan teleportasi kapan saja dan ke mana saja. Dalam cerita lain, tinju Hulk juga ternyata mampu membukakan jalan ke dimensi lain.

Menyelami Tanah

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa Hulk mampu melompat dengan ketinggian dan jarak yang tidak masuk akal, di mana dia bisa melintasi benua hanya dengan sekali lompatan. Namun dahulu sebelum kekuatan tersebut populer, Hulk lebih suka menyelam ke dalam tanah untuk berpindah-pindah tempat. Dia akan terus menggali tanah layaknya berenang di dalam air, sampai akhirnya sampai ke titik yang diinginkannya. Kekuatan rahasia yang sudah jarang Hulk gunakan ini bahkan terbukti efektif dalam pertarungan. Karena dia bisa menyelami tanah dan muncul kembali ke permukaan untuk menyergap musuh dari titik buta.

Herbalis Andal

Saat Hulk mengambil alih tubuh Bruce Banner dia memang cenderung kurang pintar dan tidak bisa menahan emosinya. Namun bukan berarti kecerdasan Bruce tidak bisa berintegrasi dengan kepribadiannya. Pada kenyataannya saat muncul sebagai Hulk, ternyata dia masih menyimpan banyak pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan yang menjadikannya seorang herbalis andal. Di mana kekuatan rahasia ini sering disebut plant instinct, yang artinya Hulk masih bisa mengetahui mana tanaman obat atau racun. Hanya dengan mengendus, Hulk bisa tahu kegunaan serta manfaat dari sebuah tanaman yang ditemukannya dan kemudian mengolahnya menjadi obat yang dapat berguna.

Berganti Persona

Dalam sejarah Marvel, Hulk adalah salah satu karakter yang memiliki banyak sekali persona, salah satunya adalah Doc Hulk yang tadi kita bahas. Hal ini membuktikan bahwa di dalam diri Hulk dan Bruce Banner sebenarnya tersimpan banyak kekuatan rahasia yang dimiliki oleh persona lain. Sebut saja Maestro yang mampu bertahan dari perang nuklir, Devil Hulk yang pukulannya bisa menghancurkan adamantium, bahkan TOBA Hulk yang bisa menghancurkan sebuah planet dengan mudah. Bukan hanya personanya saja yang bisa berganti-ganti, tetapi juga warna tubuhnya seperti Joe Fixit yang punya tubuh berwarna abu-abu dan sering terlihat menggunakan pakaian a la mafia.

Demikianlah kekuatan super rahasia milik Hulk yang jarang diketahui. Sampai sini setidaknya kita bisa menyimpulkan bahwa Hulk sebenarnya adalah karakter luar biasa yang menyimpan banyak sekali kejutan. Di balik kemampuan dasarnya yang terkenal, seperti kekuatan dan daya tahan tubuh super, ternyata ada banyak kekuatan rahasia yang membuat eksistensinya di Marvel Universe semakin menakutkan sekaligus menarik.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.