Dalam dunia superhero Marvel Universe terdapat banyak sekali karakter luar biasa yang terbentang dari superhero sampai supervillain dengan origin dan mitologinya masing-masing. Nah berbicara tentang mitologi khususnya yang berkaitan dengan supervillain, salah satunya yang paling menonjol dalam Marvel Universe adalah kelompok Super Skrull.

Dikenal sebagai elemen vital dalam peristiwa Secret Invasion, para Super Skrull memiliki kemampuan yang unik dan menarik. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara lengkap tentang Super Skrull, eksistensinya, para tokohnya, kekuatannya, perbedaannya dengan Skrull biasa, dan perannya dalam sejarah Marvel Universe. Tanpa basa basi lagi, mari langsung saja simak pembahasan di bawah ini, Geeks!

Asal-usul Super Skrull

Super Skrull pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four #18 yang ditulis oleh Stan Lee dan digambar oleh Jack Kirby pada tahun 1963. Sederhananya mereka adalah varian dari bangsa alien Skrull yang berasal dari planet Tarnax IV di galaksi Andromeda. Di mana fisik dan psikis mereka telah mengalami modifikasi genetik untuk memiliki kekuatan super dari para superhero.

Super Skrull

Mereka diciptakan dengan tujuan untuk menjadi senjata mematikan yang dapat menandingi kemampuan para superhero dalam peristiwa Secret Invasion. Mirisnya kemunculan mereka justru tidak luput dari peran para superhero utama Bumi yang tergabung dalam tim super rahasia Illuminati, seperti Mister Fantastic dari Fantastic Four, Iron Man dari Avengers, Black Bolt dari Inhuman, Professor X dari X-Men, dan sang Sorcerer Supreme Doctor Strange.

Awalnya Illuminati yang merasa bertanggung jawab untuk melindungi Bumi dari segala ancamannya sengaja pergi ke dunia asal alien Skrull untuk memperingati mereka agar tidak menginvasi Bumi. Namun dalam prosesnya mereka justru diculik, disiksa, dan dijadikan subjek eksperimen dengan mengambil sampel DNA dan pengetahuannya. Dari sinilah Skrull malah tahu potensi Bumi dan bertekad untuk menginvasi Bumi.

Namun karena sadar dengan pertahanan Bumi yang dijaga oleh para superhero, mereka lantas menciptakan pasukan yang lebih kuat dengan memasukan DNA dan pengetahuan superhero ke dalam tubuh para Super Skrull. Dengan terlahirnya para Super Skrull, hal inilah yang menjadi modal utama bangsa alien Skrull dalam melakukan invasi rahasia dengan menyamar sebagai para superhero Bumi.

Para Tokoh Penting dan Populer 

Sejak tahun 1963, kemudian masuk ke peristiwa utama Secret Invasion di Marvel Comics, sampai hari ini ada banyak sekali para Super Skrull yang telah diperkenalkan. Sebagian besar di antara mereka adalah supervillain, sisanya hanya terhitung jari siapa saja yang pada akhirnya berpihak pada Bumi. Berikut ini tokoh Super Skrull paling populer di Marvel Universe:

Super Skrull

  • K’lrt
    Super Skrull paling pertama dan berbahaya di Marvel Universe yang memiliki kekuatan gabungan dari empat superhero Fantastic Four, termasuk kelenturan Mr. Fantastic, kemampuan menghilang Invisible Woman, mampu menjadi api dan terbang seperti Human Torch, dan tubuh sekeras batu seperti The Thing.
  • Paibok
    Salah satu Skrull terkuat di Marvel Universe yang dijuluki Power Skrull karena memiliki kekuatan fisik luar biasa. Diduga kuat Paibok mendapatkan kekuatan supernya dari campuran DNA superhero terkuat di Bumi. Itulah mengapa kekuatan fisik, daya tahan tubuh, dan kemampuan beradaptasinya mampu menandingi Avengers sekelas Hulk.
  • Khn’nr
    Pernah menyamar sebagai Captain Marvel untuk sementara waktu, Khn’nr adalah seorang Skrull yang memiliki semua kekuatan Mar-Vell alias Captain Marvel pertama. Dengan kekuatan kosmik yang mengalir dalam darahnya, dia mampu terbang dengan kecepatan cahaya serta nyaris abadi karena tubuhnya bisa terus beregenerasi.
  • Criti Noll
    Anggota pasukan Skrull berpangkat tinggi yang terpilih untuk menggantikan Dr. Henry ‘Hank’ Pym sebagai bagian dari invasi rahasia yang mereka lakukan di Planet Bumi. Kekuatan Super Skrull yang dimiliki Criti Noll memungkinkan dia untuk membesar dan mengecil layaknya Hank Pym yang memanfaatkan elemen Pym Particle ciptaannya.
  • Queen Veranke
    Antagonis utama dalam peristiwa komik Secret Invasion yang sempat menyamar sebagai Jessica Drew alias Spider-Woman. Dengan kekuatannya yang mampu merayap di dinding, mengeluarkan sengatan listrik, serta memproduksi hormon yang bisa mengubah mood orang di sekitarnya, Veranke berhasil menipu para Avengers.
  • H’rpra
    Salah satu Super Skrull baik yang awalnya ditugaskan untuk menyusup ke Avengers dengan menyamar sebagai superhero Mockingbird. Namun karena terlalu serius mendalami perannya, H’rpra yang memiliki kekuatan dan kelincahan super Mockingbird asli malah merasa dirinya adalah superhero sungguhan.
  • Xavin
    Super Skrull baik lainnya yang memiliki kekuatan kosmik Fantastic Four seperti K’lrt. Karena rasa cintanya kepada anggota tim superhero muda Runaways yang bernama Karolina Dean, pada akhirnya Xavin memutuskan untuk berkhianat pada bangsanya sendiri.

Ada berapa banyak Super Skrull di Marvel Universe? Jawabannya mungkin sudah tidak terhitung lagi. Selain yang sudah diuraikan di atas, ada lebih banyak Super Skrull tanpa nama yang pernah diceritakan mengacau di muka Bumi melalui berbagai kisah komik yang seru dan beragam. Termasuk yang memiliki kekuatan gabungan Sinister Six, kemudian Ultron Skrull, World War Hulk Skrull, Asgardian Mix Skrull, dan lain sebagainya.

Perbedaan Kekuatan dengan Skrull Biasa

Seperti yang sudah dibahas di atas, para Super Skrull diperkuat dengan kekuatan dan kemampuan khusus yang mereka diperoleh dari DNA dan pengetahun superhero yang mereka tiru. Jadi variabel kekuatannya bisa sangat beragam dan bisa dicampur antara satu kekuatan dengan yang lainnya.

Super Skrull

Pada dasarnya mereka juga tetap memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan meniru wajah orang lain seperti kemampuan utama bangsa Skrull. Nah hal inilah yang melahirkan perbedaan besar antara Super Skrull dengan Skrull biasa yang hanya mempunyai kemampuan untuk berubah bentuk saja.

Kelemahan Super Skrull

Berbicara tentang kelemahan, sebenarnya tidak ada cara spesifik untuk mengalahkan Super Skrull. Meskipun bisa terluka dan terkena penyakit, tetapi pada umumnya mereka tidak mempunyai kelemahan khusus seperti superhero atau supervillain Marvel lainnya.

Namun dalam kasus langka, ada cara mudah untuk mengetahui apakah mereka seorang Skrull atau bukan, yaitu dengan mengetes keahlian dan karakteristik yang hanya dimiliki oleh superhero tertentu. Misalnya Veranke yang penyamarannya sering terbongkar karena dia tidak bisa berbahasa Jepang seperti Spider-Woman yang asli.

Peran Super Skrull di Marvel Universe

Para Super Skrull telah memainkan peran penting dalam sejarah Marvel Universe. Salah satu contohnya adalah terlibat dalam perang Kree-Skrull yang berlangsung selama bertahun-tahun. Bangsa Skrull mencoba memanfaatkan kekuatan mereka untuk mendominasi bangsa lain khususnya Kree dan manusia Bumi.

Super Skrull

Mereka terbilang sering mengirim pasukan khususnya ke Bumi untuk menyamar sebagai superhero khususnya di peristiwa Secret Invasion. Selain itu, ada juga beberapa Super Skrull yang mendapatkan perhatian khusus dalam cerita mereka sendiri. Misalnya Kl’rt, Super-Skrull pertama yang muncul dalam cerita Fantastic Four sebagai musuh yang sangat tangguh.

Sebelum dirinya menjadi seorang Emperor di Skrull Empire, dia sempat diceritakan melakukan sejumlah perbuatan baik, seperti membantu She-Hulk mengalahkan Pendeta Skrull bernama Nogor di akhir Secret Invasion dan bahkan menjadi anggota Guardians of the Galaxy dan Galactic Council.

Sekian penjelasan lengkap tentang Super Skrull di Marvel Universe. Kesimpulannya mereka adalah musuh yang sangat berbahaya bagi para superhero. Modifikasi genetik telah membuat mereka mampu menandingi Fantastic Four, Avengers, dan lain sebagainnya. Yang terpenting adalah mereka telah memainkan peran penting dalam sejarah Marvel.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.