Tidak jarang para bajak laut dalam cerita One Piece membentuk sebuah aliansi untuk menjalankan misi bersama atau maksud lainnya. Para bajak laut dalam cerita One Piece biasanya melakukan petualangan atau perjalanan secara mandiri atau sendiri. Hal ini karena para bajak laut tersebut saling bersaing satu sama lainnya untuk bisa menuju pulau terakhir.

Dalam persaingan ini, kita tentunya tidak jarang melihat adanya pertarungan yang terjadi. Misalnya, pertarungan antara Gol D Roger menghadapi Whitebeard yang pada akhirnya tidak menemukan pemenangnya. Namun, yang menarik adalah tidak semua bajak laut menjalani petualangan tersebut sendiri. Para bajak laut ini juga tidak jarang membangun sebuah aliansi yang kuat. Berikut adalah beberapa aliansi terkuat bajak laut dalam cerita One Piece.

Aliansi Tahanan Impel Down

Sebenarnya, ini bukan termasuk aliansi yang resmi karena para tahanan saling bekerja sama untuk bisa kabur dari Impel Down. Pada saat itu, Luffy berusaha menyelamatkan Ace yang hendak dieksekusi pihak angkatan laut dengan membebaskannya dari tahanan level 6 Impel Down. Namun, Luffy terlambat karena Ace sudah terlebih dahulu dibawa oleh pihak angkatan laut yang mencoba untuk mempercepat waktu eksekusi.

Saat Luffy hendak kembali atas dan pergi menuju Marineford, Luffy bertemu banyak karakter lain yang kemudian bekerja sama untuk membantu Luffy. Mereka adalah Crocodile, Inazuma, Ivankov, Jinbe, Buggy, Mr. 3, dan bahkan Bon Clay. Para tahanan Impel Down dan juga Luffy kemudian menjalin sebuah aliansi, di mana mereka membantu Luffy menyelamatkan Ace dan sebagai gantinya Luffy membantu mereka bebas.

Aliansi Topi Jerami Dan Bajak Laut Hati

Pasca berhasil selamat dari pulau manusia ikan, kelompok bajak laut Topi Jerami akhirnya mulai memasuki wilayah New World. Mereka pertama kali tiba di pulau Punk Hazard, sebuah pulau yang dahulu pernah berada di bawah kendali pihak angkatan laut. Di pulau tersebut, Luffy kemudian kembali bertemu dengan Trafalgaw Law yang statusnya adalah sebagai Shichibukai.

Sempat jadi misteri, akhirnya terungkap jika Law memiliki tujuan untuk menghabisi Kaido. Luffy pun kemudian menerima tawaran aliansi dari Law. Yang menarik adalah aliansi ini ternyata sangat kuat di mana bukan hanya aliansinya bertahan selama di arc Punk Hazard, namun berlanjut hingga arc Dressrosa bahkan Wano Country. Namun, kerja sama dari kedua aliansi ini benar-benar terasa di arc Dressrosa mengingat Law memiliki masa lalu kelam dengan sosok Doflamingo.

Aliansi Topi Jerami dan Fire Tank

Selain dengan kelompok Heart Pirates atau kelompok bajak laut hati, kelompok Topi Jerami juga pernah menjalin aliansi dengan kelompok bajak laut Fire Tank. Kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Capone Bege tersebut menjalin kerja sama dengan kelompok Luffy dalam arc Whole Cake Island. Luffy dan yang lain berusaha menjemput kembali Sanji, setelah dia memutuskan untuk pergi dari kelompok bajak lautnya.

Sanji diketahui dijodohkan dengan seorang anak Big Mom, yaitu Charlotte Pudding. Dalam upayanya merebut kembali Sanji, Luffy dan kelompoknya menjalin aliansi dengan bajak laut Fire Tank. Ternyata, Capone Bege pun memiliki misi yang sama yaitu menghabisi nyawa Big Mom. Sayangnya, aliansi yang awalnya berjalan dengan baik ini justru kemudian harus berantakan karena kekuatan dahsyat Big Mom yang mereka remehkan.

Aliansi Angkatan Laut Dan Kelompok Roger

Dalam cerita One Piece, bajak laut merupakan musuh dari angkatan laut. Mereka sering kali diburu oleh pihak bajak laut untuk ditangkap, karena dianggap meresahkan. Namun, ternyata bajak laut dan angkatan laut pernah menjalin sebuah aliansi yang kuat dalam sebuah peristiwa bersejarah. Tepatnya peristiwa tersebut adalah insiden God Valley yang terjadi 38 tahun yang lalu.

aliansi bajak laut

Pada saat itu, kelompok bajak laut terkuat di lautan, kelompok Rocks, menyerang pulau tersebut untuk menghabisi kaum naga langit. Garp yang bertugas menjaga kaum naga langit harus menghadapi kedahsyatan dari kelompok Rocks. Beruntung, Garp tidak sendiri saat itu, dia dibantu oleh rivalnya, Gol D Roger. Pada akhirnya, aliansi ini berhasil mengalahkan Rocks dan kelompok bajak laut tersebut pun bubar.

Aliansi Kaido dan Orochi

Kurozumi Orochi merupakan salah satu villain utama yang muncul di arc Wano Country. Dia merupakan bagian dari klan Kurozumi, yang berusaha untuk mengambil alih kekuasaan Wano dari tangan klan Kozuki. Orochi melakukan segala cara untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari menipu Kozuki Sukiyaki, yang merupakan pemimpin Wano saat itu, sampai bekerja sama dengan Kaido.

aliansi bajak laut

Orochi sadar bahwa dia butuh kekuatan yang lebih besar lagi untuk bisa menguasai Wano. Karena itulah, dia pun kemudian menjalin aliansi atau kerja sama dengan pihak Kaido. Selama 20 tahun kerja sama diantara mereka begitu solid, menjadikan Wano sebagai wilayah kekuasaan mereka. Sayangnya, Kaido kemudian mengkhianati Orochi dan fakta sebenarnya terungkap bahwa Kaido tidak membutuhkan Orochi untuk tujuannya.

Aliansi Big Mom dan Kaido

Bisa dibilang aliansi dua Yonko ini menjadi salah satu aliansi bajak laut paling kuat yang pernah ada. Bahkan, kabar tentang Kaido dan Yonko yang menjalin aliansi atau bekerja sama tersebut membuat banyak orang khawatir, seperti Garp dan Fujitora. Menurut mereka, aliansi dari Big Mom dan Kaido ini bisa dipastikan akan mengganggu keseimbangan kekuatan dunia.

aliansi bajak laut

Harus diakui bahwa Big Mom dan Kaido merupakan dua Yonko kuat. Mereka juga merupakan salah satu saksi sejarah yang pernah terjadi, karena Big Mom dan Kaido adalah mantan kru bajak laut Rocks. Para Yonko tidak seharusnya menjalin aliansi demi menjaga keseimbangan New World dan seluruh dunia. Dan ketika mereka melakukannya, wajar jika banyak orang kemudian khawatir. Terbukti, aliansi kedua Yonko ini sangat dahsyat dalam pertempuran di arc Wano.

Aliansi Bajak Laut, Ninja, Samaurai, dan Suku Mink

Ini adalah aliansi bajak laut yang paling kuat dalam cerita One Piece mengingat ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Aliansi ini muncul di arc Wano Country, sebagai bentuk upaya untuk mengalahkan Kaido. Seperti yang diketahui, bahwa Kaido sudah sejak lama menyerang dan menguasai wilayah Wano. Hal tersebut membuat para penduduk Wano menderita. Kozuki Oden sempat berusaha mengalahkan Kaido, namun gagal.

aliansi bajak laut

Sekitar 20 tahun kemudian upaya mengalahkan Kaido kembali dilakukan. Yang berbeda adalah kali ini ada kelompok Topi Jerami yang bergabung. Dan bukan hanya Topi Jerami, ada juga kelompok lainnya seperti suku Minks, ninja, samurai, dan kelompok bajak laut lain – kelompok Kid dan Law – yang bersatu untuk mengalahkan satu musuh yang sama yaitu Kaido. Dan dalam ceritanya diperlihatkan meskipun mereka kalah jumlah, pada akhirnya situasi mulai berbalik menguntungkan pihak aliansi Topi Jerami. Mereka bahkan berhasil mengalahkan Big Mom dan juga Kaido.

Aliansi bajak laut memang jarang sekali muncul dalam cerita One Piece, karena mereka biasanya bergerak secara mandiri. Namun, tidak jarang juga para bajak laut menjalin kerja sama dengan bajak laut lain atau pihak lainnya seperti para aliansi di atas. Apakah akan ada aliansi kuat bajak laut lainnya pada masa yang akan datang? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.