Impel Down merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia. Impel Down merupakan penjahara terbesar dan paling mengerikan yang ada di dunia One Piece. Semua jenis penjahat, mulai dari kriminal kelas ringan sampai kelas berat, bahkan mereka yang dianggap ancaman Pemerintah Dunia dan menjadi bajak laut paling kejam ditahan di sini.

Untuk bisa kabur dari penjara Impel Down hampir menjadi sesuatu yang mustahil. Karena, selain sistem penjagaan yang sangat luar biasa ketat, mereka yang kabur dari penjara tersebut harus menghadapi berbagai rintangan besar lainnya, mulai dari monster laut sampai teknologi batu laut. Tetapi, faktanya ada juga dari tahanan Impel Down yang berhasil kabur. Siapa saja?

Morley

Morley merupakan salah satu komandan di Pasukan Revolusi, dan juga merupakan salah satu Pasukan Revolusi yang pernah dipenjara di Impel Down. Lebih dari 100 tahun lalu, Morley pernah dikurung di penjara Impel Down untuk sebuah kesalahan yang tidak diketahui. Hal ini terjadi sebelum Morley bergabung dengan Pasukan Revolusi.

Namun, dengan buah iblis Oshi Oshi no Mi miliknya, dia pun kemudian membuat jalur bawah tanah di Impel Down. Dialah yang menciptakan level 5,5 yang sekarang menjadi “surga” bagi tahanan yang menemukannya. Morley menjadi tahanan Impel Down pertama yang berhasil kabur dari penjara tersebut. Yang luar biasanya adalah kaburnya Morley dari Impel Down sampai saat ini belum diketahui oleh siapa pun.

Shiki

Shiki merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece, dan merupakan sosok yang kekuatannya berada di level yang sama dengan sosok Gol D. Roger. Shiki merupakan salah satu mantan kru dari bajak laut Rocks bersama Kaido, Big Mom, dan Whitebeard, sebelum kemudian kru ini bubar dan Shiki mulai membangun namanya sendiri.

Shiki sendiri diketahui pernah dipenjara di Impel Down, namun dia kemudian berhasil memanfaatkan kelemahan dari sistem penjara Impel Down dan kabur dari sana. Shiki diketahui menjadi orang kedua yang mampu kabur dari penjara Impel Down. Dan sampai saat ini, Shiki masih belum berhasil ditangkap kembali oleh pihak angkatan laut.

Douglas Bullet

Mantan anak buah dari kru bajak laut Roger, Douglas Bullet adalah salah satu karakter villain terkuat di sepanjang franchise One Piece. Bullet memang bukan merupakan karakter canon, karena dia hanya muncul dalam film layar lebar One Piece: Stampede. Namun, terdapat sebuah fakta menarik dari sosok Douglas Bullet.

Setelah kru Roger dibubarkan, Bullet sempat ditangkap oleh angkatan laut dan kemudian dipenjara di Impel Down. Namun, sekitar 20 tahun yang lalu Douglas Bullet diketahui berhasil kabur dari Impel Down. Cara Bullet kabur dari Impel Down sendiri masih belum diketahui, namun hal tersebut menjadikan Bullet menjadi orang ketiga yang berhasil kabur dari penjara Impel Down.

Para Tahanan Lainnya

Bisa dibilang Douglas Bullet menjadi karakter terakhir yang diketahui mampu untuk lolos atau kabur dari penjara Impel Down. Namun, Impel Down harus kembali kehilangan para tahanannya beberapa dekade kemudian. Hal ini terjadi saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Ace yang dipenjara di level 6. Luffy sendiri berhasil menyusup ke penjara Impel Down berkat bantuan Boa Hancock.

Meskipun semua awalnya berjalan mulus, namun seperti yang diduga pada akhirnya situasi berubah menjadi gaduh. Luffy diperlihatkan bertemu dengan para karakter lain yang ditahan di penjara Impel Down, seperti Buggy dan Mr. 3 serta Bon Clay alias Mr. 2. Mereka pun akhirnya membantu Luffy untuk bisa pergi ke level 6.

Kekacauan pun terjadi saat Luffy menuju ke level 6, di mana para tahanan lain meminta untuk dibebaskan. Pasca bertemu dengan Emporio Ivankov dan mengetahui Ace sudah dipindahkan ke markas pusat angkatan laut, Luffy pun kemudian berhasil pergi dari Impel Down berkat bantuan dari semuanya. Bahkan Crocodile dan jinbe serta Inazuma pun ikut membantu.

Belum lagi Buggy, Mr. 3, dan kurang lebih 233 tahanan lainnya yang ikut bersama Buggy untuk keluar dari Impel Down. Kekacauan di level 6 Impel Down bukan hanya itu. Tidak lama berselang setelah Luffy dan tahanan lainnya kabur, Blackbeard pun datang. Dia mencari kru dari para tahanan level 6 dengan cara saling membunuh satu sama lain.

Dari proses tersebut, Blackbeard pun kemudian merekrut beberapa karakter seperti Shiryu, Avalo Pizzaro, Catarina Devon, dan Sanjuan Wolf. Para karakter tersebut saat ini sudah menjadi ketua divisi di kelompok bajak laut Blackbeard. Jika bukan karena kekacauan yang terjadi akibat Luffy, rasanya para karakter ini tidak akan bisa kabur dari Impel Down.

Jadi, kesimpulannya, Impel Down memang menjadi penjara yang sangat sulit untuk bisa meloloskan diri atau kabur. Kurang lebih hanya ada tiga orang yang berhasil melarikan diri secara pribadi. Mereka memang memiliki kekuatan buah iblis yang kuat, atau memang merupakan sosok yang sangat luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.