Terdapat beberapa kelompok atau organisasi yang menjadi bagian dari dunia underworld atau dunia kejahatan dalam cerita One Piece. Dunia kriminal atau Underworld menjadi salah satu hal yang muncul di dunia One Piece. Sesuai namanya, dunia gelap ini dipenuhi dengan berbagai hal mengerikan. Contohnya adalah perbudakan, penyelundupan, jual-beli senjata, dan sebagainya.

Terdapat berbagai contoh nyata dari kegiatan dunia kriminal atau Underworld di sepanjang seriesnya. Misalnya, dalam arc Sabaody kita melihat bagaimana terdapat pelelangan manusia. Dengan dunia underworld yang begitu besar diketahui ada beberapa organisasi atau kelompok yang kemudian terlibat dalam berbagai hal mengerikan tersebut. Mereka bahkan jadi penguasa dari salah satu kegiatan kriminal. Siapa saja mereka?

Bajak Laut Fire Tank

Kelompok bajak laut ini dipimpin oleh salah satu Worst Generation yaitu Capone Bege. Bege merupakan karakter yang berasal dari daerah West Blue di mana dia menjadi pemimpin dari organisasi mafia Five Families. Kelompok mafia tersebut merupakan kelompok yang mengatur dunia kriminal di wilayah West Blue. Bege sendiri terkenal karena sering menghancurkan kelompok mafia lain.

Setelah bosan menjadi Mafia, dia pun memutuskan untuk menjadi seorang bajak laut yang diberi nama Fire Tank. Meskipun Bege dan kelompok Mafianya kini berubah menjadi kelompok bajak laut, bukan berarti mereka tidak memiliki ambisi atau berhenti berbuat jahat. Dalam arc Whole Cake Island diketahui mereka memiliki rencana untuk menghabisi Big Mom meskipun kemudian rencana tersebut gagal. Mereka juga bahkan berhasil menghancurkan kelompok bajak laut lainnya. Karena itu, nilai buruan Bege bisa mencapai ratusan juta Belly.

Kelompok Bajak Laut Donquixote

Kelompok bajak laut Donquixote adalah penguasa di Dressrosa. Mereka menguasai wilayah tersebut seperti halnya yang terjadi kepada Wano di mana wilayah tersebut dikuasai oleh Kaido dan kelompok Beast. Sudah sangat lama penduduk Dressrosa harus menderita akibat kelompok mereka. Kelompok bajak laut Donquixote sendiri dipimpin oleh mantan Shichibukai yaitu Donquixote Doflamingo.

Kelompok bajak laut ini dikenal sebagai salah satu kelompok penguasa dunia kriminal atau Underworld, yang bisa dilihat dari banyaknya kegiatan ilegal yang mereka lakukan. Misalnya, lelang manusia yang ada di pulau Sabaody merupakan salah satu lahan bisnis mereka. Selain itu, perdangan senjata dan juga jual beli buah iblis buatan menjadi kegiatan kriminal lainnya yang mereka lakukan. Mereka bahkan adalah penyuplai senjata dan buah iblis SMILEs bagi kelompok bajak laut Beast.

Kelompok Bajak Laut Kid

Kelompok bajak laut Kid merupakan saalah satu kelompok bajak laut yang populer di lautan One Piece. Kelompok bajak laut yang dipimpin oleh sosok Eustass Kid ini benar-benar tumbuh menjadi salah satu kelompok bajak laut yang diperhitungkan dan ditakuti, setelah mereka sebelumnya muncul hanya sebagai kelompok bajak laut biasa. Namun, reputasi mereka di mata orang-orang sangat buruk.

Di arc Sabaody terungkap bagaimana Eustass Kid bisa mendapatkan nilai buruan di atas 100 juta hanya dalam waktu yang singkat. Diketahui jika Kid bertindak apa yang biasanya dilakukan oleh seorang bajak laut, seperti menghancurkan sebuah desa, menyerang kelompok lain, dan bahkan menghabisi nyawa orang lain. Karena itulah, mereka dianggap sebagai kelompok yang mengancam oleh pihak World Government.

Kelompok Bajak Laut Beast

Dari deretan kelompok bajak laut yang masuk dalam daftar kelompok atau organisasi yang terlibat di dunia Underworld, kelompok bajak laut Beast mungkin adalah yang paling mengerikan. Bajak laut Beast adalah salah satu kelompok bajak laut terkejam di dunia One PieceMereka bermarkas di Onigashima dan dipimpin salah satu mantan Yonko bernama Kaido.

Jumlah anggota bajak laut Beasts berkisar 20.000 orang. Semakin kuat seorang anggota, maka dia pasti akan memiliki jabatan penting di bajak laut Beasts. Contohnya adalah Jack, Queen, dan King. Kelompok bajak laut Beast terkenal karena perbudakan di wilayah Wano. Mereka juga terlibat dalam perdangan jual-beli senjata secara ilegal, bahkan mereka juga menjalin kesepakatan secara diam-diam dengan pihak World Government yang diwakili oleh CP0.

Germa 66

Germa 66 merupakan divisi militer yang dibangun oleh keluarga Vinsmoke di kerajaan Germa. Dipimpin oleh Vinsmoke Judge, Germa 66 merupakan kelompok atau organisasi yang sangat mutakhir dan modern. Teknologi yang mereka gunakan bahkan sangat luar biasa, yang membuat Big Mom sampai mengincar teknologi tersebut. Beberapa diantaranya adalah teknologi Raid Suit dan kloning.

Teknologi kloning ini berhasil ditemukan berkat hasil riset dari dua orang jenius, yaitu Dr. Vegapunk dan Vinsmoke Judge. Mereka berhasil menemukan inti kehidupan, yang kemudian disebut sebagai Lineage Factor. Namun, Judge justru memanfaatkan penemuannya tersebut untuk membangun pasukan militer terkuat di dunia One Piece. Dia membangun pasukan bayaran – berupa kloning – yang bisa diterjunkan di mana pun dan kapan pun. Bahkan, teknologi dan kekuatan militer ini juga yang dispekulasikan jadi alasan mengapa kerajaan Germa memiliki kekuatan politik yang kuat.

Buggy’s Delivery

Nama Buggy si badut mungkin pada awalnya dikenal sebagai salah satu bajak laut, rekan dari Shanks, dan juga mantan kru dari kelompok Roger. Namun, saat ini, Buggy diketahui menjadi salah satu penguasa di dunia kriminal berkat organisasi atau kelompok yang dia bentuk yaitu Buggy’s Delivery. Sesuai namanya, organisasi ini menjual jasa untuk melakukan berbagai aktivitas ilegal seperti menyelundupkan senjata atau orang ke berbagai tujuan.

Kepopuleran dari Buggy’s Delivery di dunia kriminal atau Underworld benar-benar sangat luar biasa. Bahkan, ketika Doflamingo berhasil dikalahkan oleh Luffy dan kemudian dipenjara maka penguasa dunia kriminal jatuh ke tangan Buggy. Dan banyak fans yang juga berpendapat jika koneksi Buggy dengan dunia kriminal ini yang jadi pertimbangan World Government memilihnya jadi pengganti salah satu Yonko.

Cross Guild

Organisasi atau kelompok yang terlibat dalam dunia kriminal atau Underworld yang terakhir adalah Cross Guild. Ini adalah organisasi baru yang diperkenalkan dalam cerita One Piece. Dalam chapter 1056 kemarin para fans dikejutkan dengan diperkenalkannya sebuah organisasi baru bernama Cross Guild. Dalam chapter tersebut terungkap bahwa beberapa karakter seperti Dracule Mihawk, Crocodile, dan Buggy menjadi bagian dari organisasi baru itu.

Untuk saat ini, Cross Guild memang masih belum banyak memperlihatkan aksi mereka dalam serinya. Hal ini wajar, karena Cross Guild baru muncul di dua chapter. Meskipun begitu, diketahui jika kelompok ini memiliki satu tujuan yang mengerikan yaitu menghabisi para angkatan laut. Apa yang kemudian menjadi alasan pasti mereka mengincar angkatan laut memang masih belum Oda Sensei hadirkan dalam ceritanya.

Dunia bajak laut dan dunia kriminal mungkin tidak akan pernah terpisahkan terutama dalam cerita One Piece. Dan hal ini pun terbukti bagaimana ada banyak hal mengerikan yang terjadi. Berbagai hal ilegal dan mengerikan tersebut ternyata melibatkan berbagai kelompok atau organisasi yang mana di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.