Memasuki minggu kedua penayangan series Secret Invasion di Disney+, terungkap bahwa ancaman bangsa alien Skrull bukan hanya intrik dan konspirasinya saja. Di episode 2 kemarin ada sebuah adegan yang menyinggung soal eksperimen Super Skrull di Marvel Cinematic Univese. Di mana diam-diam Skrull pemberontak yang dipimpin oleh Gravik memiliki sebuah laboratorium rahasia untuk menciptakan Skrull yang memiliki kekuatan super orang lain. Bagaimana cara kerja eksperimennya dan seperti apa kekuatan super yang bisa dimiliki oleh Super Skrull? Simak penjelasannya di bawah ini.

Eksperimen Genetik Skrull di MCU

Spekulasi tentang eksistensi Super Skrull di MCU sebenarnya sudah dibahas oleh para penggemar jauh sebelum series Secret Invasion tayang. Tepatnya saat sosok Gravik yang diperankan Kingsley Ben-Adir terlihat mampu memanjangkan tangannya seperti akar, mirip kekuatan super Groot. Sekarang melalui adegan Secret Invasion episode 2, terungkap bahwa memang ada eksperimen genetik Skrull yang tengah berlangsung di markas Skrull. Hal ini terbukti dari keberadaan laboratorium rahasia dan sejumlah ilmuwan Skrull yang diam-diam mengumpulkan DNA tertentu mungkin manusia super lain atas perintah Gravik.

Super Skrull

Ketika anak Talos, Gi’ah dari Emilia Clarke, melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap eksperimen genetik Skrull, dia lantas menemukan sebuah bukti konkret di komputer yang berisi database ilmuwan Skrull. Dalam daftar subjek eksperimen yang tengah diteliti oleh ilmuwan Skrull, setidaknya terlihat ada empat DNA yang berhasil dikumpulkan. Mulai dari DNA Groot, kemudian monster Frost Beast yang sempat tiba di Bumi saat peristiwa Thor: The Dark World, potongan tangan anak buah Thanos yang bernama Cull Obsidian, dan manipulasi genetik Extremis yang diciptakan Aldrich Killian di Iron Man 3.

Setidaknya dengan empat DNA yang sudah terungkap ini artinya seorang Super Skrull di series Secret Invasion nanti dapat memiliki sejumlah kekuatan super baru. Termasuk kekuatan super Groot seperti yang sempat ditunjukan Gravik di trailernya. Frost Beast juga dikenal sebagai monster yang memiliki kekuatan dan kecepatan luar biasa, tidak jauh berbeda dari Cull Obsidian. Belum lagi Extremis yang memungkinkan seseorang untuk menyemburkan tembakan api yang sangat mematikan dan melakukan regenerasi. Semua ini dapat membuat para Skrull pemberontak jauh lebih berbahaya dari sebelumnya.

Super Skrull Engineering di Komik

Di Marvel Comics sendiri istilah Super Skrull sudah diperkenalkan sejak tahun 1963 melalui kemunculan Kl’rt, Skrull superior pertama yang memiliki kekuatan semua anggota Fantastic Four. Semuanya bermula ketika sejumlah superhero seperti Mister Fantastic, Iron Man, Namor, dan lain sebagainya, yang tergabung tim super rahasia Illuminati pergi ke Planet Skrull untuk memperingati mereka agar menjauh dari Bumi. Mirisnya hal ini justru membuat mereka ditangkap dan disiksa, hingga para Skrull berhasil mengambil sampel DNA dan semua pengetahuan mereka untuk kemudian menciptakan versi baru Skrull.

Super Skrull

Eksperimen demi eksperimen lantas dilakukan oleh kepala ilmuwan Skrull bernama Granok untuk memasukan kekuatan superhero Bumi kepada Skrull. Keberhasilan eksperimen genetiknya baru berhasil setelah Skrull Dro’ge menemukan cara untuk memanipulasi DNA dalam tubuh Skrull menggunakan ilmu sains dan sihir. Misalnya Queen Veranke yang punya kekuatan Spider-Woman, dan Khn’nr yang memiliki kekuatan kosmik Captain Marvel. Di mana para Skrull berkekuatan superhero ini lantas diperintahkan untuk menyamar sebagai para superhero Bumi dalam peristiwa komik Secret Invasion.

Ancamannya di Secret Invasion

Super Skrull

Jika eksperimen Super Skrull ini berhasil diterapkan pada banyak Skrull di MCU, khususnya dalam peristiwa series Secret Invasion, bukan tidak mungkin Bumi akan benar-benar jatuh ke tangan mereka. Gravik bisa mengumpulkan pasukan khusus Skrull yang semuanya mempunyai kekuatan super baru layaknya superhero bahkan supervillain Bumi. Hal ini bahkan sudah menjadi salah satu janji Gravik yang baru saja dibaiat sebagai Skrull General. Di mana dia sudah mempersiapkan semuanya seandainya para superhero atau Avengers datang untuk membantu Nick Fury dalam menggagalkan rencana mereka.

Sekian pembahasan tentang eksperimen dan eksistensi Super Skrull di series Secret Invasion. Keberadaan Super Skrull secara tidak langsung menjadi salah satu alasan mengapa series teranyar MCU ini berjudul Secret Invasion seperti di komiknya. Karena ternyata invasi Skrull bukan hanya dilakukan karena Skrull mempunyai kemampuan untuk menyamar menjadi karakter lain, tetapi juga memiliki kekuatan supernya. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Nick Fury mengatasi ancaman yang lebih besar ini. Jawabannya hanya akan kita temukan di Secret Invasion episode-episode selanjutnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.