Marvel Cinematic Universe alias MCU terkenal sering menghadirkan berbagai cameo menarik dan berikut adalah berbagai cameo yang tersembunyi. Selain menghadirkan berbagai alur cerita menarik dan karakter yang unik, MCU juga sering menghadirkan elemen kejutan seperti menghadirkan para cameo yang tidak terduga oleh para fans.

Contoh yang paling nyata adalah bagaimana Stan Lee sering kali menjadi cameo di hampir semua film Marvel. Berbagai cameo tersebut memang memberikan warna tersendiri dalam ceritanya, meskipun kemunculan mereka hanya sekejap. Meskipun ada cameo yang memang secara terang-terangan muncul, tetapi ada juga cameo yang tersembunyi yang disadari atau tidak ada dalam cerita film MCU. Siapa saja mereka?

Justin Theroux

cameo tersembunyi mcu

Justin Theroux adalah aktor sekaligus penulis film yang cukup sukses. Dia adalah penulis film Tropic Thunder dan juga film Iron Man. Banyak fans yang terkejut dan tidak menduga jika Justin Theroux ternyata pernah menjadi penulis di film Iron Man 2. Namun, sang sutradara, Jon Favreu, memberikan kejutan lainnya kepada para fans di mana dia ikut berperan dalam filmnya. Theroux tidak memiliki dialog saat dia menjadi cameo sebagai seorang polisi yang berkumis dalam film Iron Man 2. Karakternya nampak menemi Pepper Potts.

Trevor Noah

cameo tersembunyi mcu

Black Panther adalah sebuah film yang memberikan catatan sejarah bagi MCU dan Ryan Coogler. Mereka berhasil mengumpulkan banyak talenta hebat yang bergerak di balik layar. Buktinya adalah film tersebut banyak menerima penghargaan film. Black Panther ternyata memiliki satu cameo yang tersembunyi dari para fans MCU. Para fans tidak akan menyadari cameo ini jika tidak menonton film Black Panther versi home release. Cameo yang dimaksud adalah suara dari kecerdasan buatan di Wakanda yang dibuat oleh Shuri yaitu Griot. Kecerdasan buatan Shuri tersebut suaranya diisi oleh Trevor Noah.

Kenneth Branagh

Masih berupa cameo suara yang tidak banyak disadari oleh para fans MCU, ada cameo suara lainnya di film populer seperti Avengers: Infinity War. Film yang menjadi puncak cerita di Infinity Saga ini memiliki standar cerita yang luar biasa. Dan Joe serta Anthony Russo memberikan kejutan kecil yang mungkin tidak banyak para fans sadari, salah satunya adalah cameo dari Kenneth Branagh.

cameo tersembunyi mcu

Dia mengisi suara darurat dari kapal penduduk Asgard ketika kapal tersebut berada dalam bahaya. Kenneth sendiri merupakan sutradara dari dua film pertama Thor. Sehingga, rasanya cukup masuk akal jika kemudian Russo bersaudara tersebut memberikan apresiasi kecil kepada Brannagh untuk menyumbangkan sedikit suaranya.

Joan Rivers

Shane Black mengambil alih posisi sutradara dari Jon Favreau saat terpilih untu menjadi sutradara bagi film Iron Man 3. Film tersebut menghadirkan banyak sekali hal-hal konyol seperti memunculkan tokoh-tokoh asli, seperti salah satunya adalah Joan Rivers. Dia adalah seorang yang terkenal karena kritiknya terhadap penampilan orang lain. Dalam filmnya, Joan Rivers mempermasalahkan bagaimana War Machine yang kemudian berganti nama menjadi Iron Patriot.

Kate Mara

Sosok Kate Mara muncul secara sekilas dalam film Iron Man 2 di mana dia berperan sebagai sosok U.S. Marshall. Karakter Kate Mara tersebut meminta Tony Stark untuk menunda perjalanannya untuk segera menghadap Senat. Penampilan cameo Kate Mara ini cukup disambut hangat para fans. Sosok Kate Mara kemudian muncul dalam film Fantastic Four di mana dia berperan sebagai Sue Storm. Sayangnya, film tersebut kurang bisa diterima dengan baik dan gagal di pasaran.

Matt Damon

Pasca Taika Waititi yang kemudian mengambil alih kursi sutradara untuk film Thor, terdapat perubahan besar yang terjadi terhadap film-filmnya yang dimulai sejak Thor: Ragnarok. Yang paling terasa dari perubahan besar ini adalah tone cerita dari filmnya, di mana saat ini tone ceritanya menghadirkan banyak sekali sentuhan komedi. Dan hal ini juga membuat cameo tidak terduga muncul seperti kemunculan Matt Damon.

Dalam film Thor: Ragnarok terdapat adegan di mana para Asgardian sedang menonton sebuah pertunjukan drama. Sebenarnya, tontonan tersebut adalah tipu muslihat dari Loki. Dan di akhir pertunjukan, kita melihat berbagai wajah para pemeran yang mana salah satu diantaranya tentu tidak asing. Dia adalah Matt Damon, yang memerankan karakter Loki.

Rob Zombie

cameo tersembunyi mcu

Sejak pertama kali rilis, James Gunn memang sudah berhasil menggebrak MCU dengan perilisan film Guardians of the Galaxy. Filmnya menghadirkan elemen yang berbeda dan baru serta unik dari berbagai film MCU lainnya. Dan film pertamanya pun berhasil mendapatkan perhatian para fans ketika rilis di bioskop. Dan salah satu hal yang membuat filmnya menarik adalah kemunculan berbagai karakter baru serta cameo yang tidak terduga. Contohnya adalah menghadirkan sosok Rob Zombie. Sosoknya memang tidak muncul secara fisik, namun Rob Zombie muncul sebagai cameo dengan mengisi suara Navigator dari Ravager. Bahkan, suaranya pun kembali di film kedua.

Elon Musk

Trilogi Iron Man memiliki banyak hal menarik di mana filmnya berhasil mengaburkan garis antara realitas dan juga alur cerita buku komik. Persona bilyuner dari Tony Stark yang Robert Downey Jr. perankan berhasil menghipnotis para fans MCU. RDJ juga berhasil seolah menghidupkan karakter Tony Stark di dunia nyata. Yang menarik adalah dalam salah satu adegan di film Iron Man 2, Tony Stark nampak melakukan percakapan dengan sosok inventor di dunia nyata yaitu Elon Musk. Elon bahkan mengakui kejeniusan dari Tony. Namun, sayangnya, adegan ini kurang begitu dikenang oleh para fans.

Miley Cyrus

cameo tersembunyi mcu

Seperti yang disebutkan di atas, film Guardians of the Galaxy karya James Gunn berhasil membuka sisi menarik dan baru dari MCU. Film-film the Guardians tidak jarang dipenuhi bukan hanya oleh para cast utama, melainkan juga para cameo yang muncul dalam filmnya. Beberapa cameo yang muncul misalnya adalah Michael Rosenbaum, Michelle Yeoh, Vin Rhames, dan bahkan Sylvester Stallone. Salah satu cameo yang cukup berkesan di kalangan fans adalah karakter CG berupa robot bernama Mainframe, yang suara karakternya diisi oleh penyanyi Miley Cyrus. Namun, cameo dari Miley Cyrus di film ini hanya mengeluarkan beberapa kata saja.

Seth Green

Karakter Howard the Duck nyatanya tidak kalah populer dari para karakter Marvel lainnya yang muncul di film Guardians of the Galaxy. Karakternya merupakan salah satu cameo yang banyak dikenang dan selalu dinantikan oleh para fans. Suara dari Howard the Duck sendiri diisi oleh Seth Green. Pada awalnya, sosok Howard the Duck muncul sebagai salah satu hadiah yang dimiliki oleh the Collector. Howard sendiri kemudian banyak muncul di film MCU lainnya. Misalnya, dalam cerita Waht If…? Howard the Duck diperlihatkan menikah dengan Darcy Lewis. Dengan alur cerita GOTG yang sudah selesai, menarik untuk melihat bagaimana nasib dari Howard the Duck selanjutnya.

Menghadirkan para cameo untuk muncul dalam cerita di filmnya sudah menjadi salah satu ciri khas dari MCU. Namun, nyatanya, tidak semua cameo dari film tersebut diketahui oleh orang-orang. Ada juga beberapa aktor yang nyatanya mengisi cameo tersembunyi atau tidak disadari oleh para penonton, karena peranan atau dialog mereka yang tidak memberikan hal signifikan terhadap ceritanya di film MCU tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.