Marvel Cinematic Universe adalah salah satu waralaba superhero live action paling sukses di dunia, dan hampir semua tayangannya selalu disertai dengan banyak easter egg tersembunyi yang berkaitan dengan Marvel Comics. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya di Marvel Comics juga terdapat sejumlah easter egg menarik yang terinspirasi dari MCU bahkan sampai menyebutkan secara langsung hal-hal yang berkaitan dengan jagat sinema live action-nya. Berikut ini enam pesan terembunyi tentang MCU di berbagai komik Marvel yang mungkin jarang orang tahu!

The Avengers di Avenging Spider-Man #13

Baik di Marvel Comics maupun di MCU, tim superhero Avengers adalah salah satu elemen paling penting yang sering kali mengatur jalan cerita Marvel secara keseluruhan. Menariknya pernah ada sebuah easter egg MCU yang lain daripada yang lain di komik Avenging Spider-Man karya Kevin Shinick pada tahun 2012 silam. Kisah dari komiknya sendiri sebenarnya berfokus pada petualangan Spider-Man yang harus bertarung melawan antihero Deadpool dan villain Hypno-Hustler. Namun dalam salah satu easter egg-nya, alih-alih menampilkan Avengers langsung di kisahnya, sebuah layar komputer justru malah memperlihatkan ‘film live action’ The Avengers yang rilis pada tahun yang sama.

Paspor Loki di Young Avengers Vol. 2 #8

Rilis perdana pada tahun 2013, komik Young Avengers Vol. 2 karya Kieron Gillen dimaksudkan untuk kembali memperkenalkan tim superhero Avengers versi muda yang harus berurusan dengan villain tangguh bernama Mother. Saking tangguhnya Mother, para superhero muda terpaksa menggunakan kekuatan America Chavez untuk kabur ke multiverse agar mereka bisa mengulur waktu sambil menghimpun kekuatan baru. Di samping kisahnya yang seru, pada salah satu sampul komiknya yang memperlihatkan paspor Kid Loki ternyata ada easter egg yang mencantumkan cap Earth-199999, nama semesta utama MCU. Artinya Young Avengers versi komik sempat berkunjung ke MCU.

Penjara Nova Corps di Avengers World #9

Ditulis oleh Nick Spencer pada tahun 2014, komik Avengers World pada dasarnya bercerita tentang upaya dua superhero sekaligus mutant muda bernama Cannonball dan Sunspot yang diberi waktu 24 jam untuk membantu Avengers menyelesaikan misinya. Meskipun secara garis besar kisah mereka berdua berlangsung di semesta utama komik yang disebut Earth-616, ternyata pada salah satu halamannya ada sebuah easter egg tersembunyi tentang MCU. Di mana sebuah layar komputer memperlihatkan penjara galaksi Nova Corps, Klyn, yang hanya ada di MCU dan pertama kali diperkenalkan di film Guardians of the Galaxy sebagai tempat bertemunya para anggota Guardians.

Howard the Duck di S.H.I.E.L.D. Vol. 3 #10

S.H.I.E.L.D. Vol. 3 #10 adalah komik yang ditulis oleh Mark Waid dan pertama kali dirilis pada tahun 2015. Plotnya berfokus pada agen SHIELD Phil Coulson yang sengaja merekrut Howard the Duck untuk menjalankan sebuah misi penting demi menyelamatkan multiverse dari kehancuran. Ketika kisah beralih menjadi lebih serius dengan memperlihatkan berbagai portal multiverse, terlihat ada sebuah easter egg menarik tentang Earth-199999 alias MCU. Di mana versi live action Howard the Duck yang debut di film Guardians of the Galaxy terlihat sekilas dari sebuah portal multiverse.

Natalie Portman di Unbelievable Gwenpool #2

Unbelievable Gwenpool adalah komik karya Christopher Hastings yang pertama kali dirilis pada tahun 2016. Ceritanya sendiri berfokus pada Gwendolyne Poole yang menjadi Gwenpool, versi wanita Deadpool di semesta alternatif. Di edisi kedua komiknya, Gwen diceritakan harus berhadapan dengan versi wanita Thor (Jane Foster). Menariknya di tengah pertarungan tersebut, ada easter egg menarik tentang MCU. Di mana Gwenpool mencoba mengingat identitas Thor yang sesungguhnya, lucunya dia awalnya hanya mengingat nama aktris Natalie Portman, pemeran Jane Foster versi live action di MCU.

Benedict Cumberbatch di Unbelievable Gwenpool #3

Masih dari komik yang sama, yaitu Unbelievable Gwenpool, Gwen sekali lagi harus berurusan dengan superhero veteran Marvel sekelas Doctor Strange. Namun kali ini Gwen dan Strange diceritakan berada di kubu yang sama. Pada saat Strange menggunakan mantranya untuk ‘mengintip’ multiverse, sebuah portal memperlihatkan sebuah easter egg MCU tentang film Doctor Strange pertama tayang tengah di bioskop. Pada titik inilah Strange melihat poster film Doctor Strange, dan mengaku senang dengan upaya perusahaan film (Marvel Studios) karena telah menunjuk aktor Benedict Cumberbatch untuk memerankannya.

Itulah enam pesan tersembunyi atau easter egg MCU yang muncul di berbagai kisah Marvel Comics. Berdasarkan semua ini cukup jelas bahwa MCU dan Marvel Comics sebenarnya saling mengambil inspirasi untuk menciptakan alur cerita yang menarik dan penuh kejutan. Di sisi lain hal ini juga seakan-akan telah mengonfirmasi status hubungan keduanya di multiverse. Di mana Marvel Comics dan MCU sebenarnya berada di multiverse yang sama, dan bukan tidak mungkin ke depannya akan kembali bersinggungan untuk membuat kisah yang jauh lebih menarik lagi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.