Disadari atau tidak ada beberapa aktor yang muncul di Marvel Cinematic Universe memiliki peran ganda, di mana mereka memiliki peran lain di film MCU lainnya. Dengan jagat sinematik mereka yang sangat besar dan populer, Marvel Studios selalu berhasil menggaet berbagai bintang besar untuk bisa mengisi peran yang mereka sediakan.Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, dan sederet nama lainnya pernah menjadi bintang di MCU.

Para aktor tersebut biasanya melekat dengan karakter yang mereka perankan. Misalnya RDJ erat kaitannya dengan peran Tony Stark, Scarlett Johannson dengan karakter Black Widow, dan Chris Hemsworth dengan perannya sebagai Thor. Yang menarik adalah ada beberapa aktor MCU yang disadari atau tidak memiliki peran ganda. Mereka tidak hanya muncul di satu film dan satu peran saja. Lalu, siapa saja mereka?

Linda Cardellini

Bagi banyak fans MCU, sosok Linda Cardellini sangat erat kaitannya dengan karakter Laura Barton. Dia adalah istri dari Clint Barton alias Hawkeye. Linda berperan sebagai Laura Barton dalam beberapa film seperti Avengers: Age of Ultron dan juga series Hawkeye. Namun, ternyata Linda juga mengisi peran lainnya di mana dia menjadi pengisi suara dari karakter Lylla dalam film Guardians of the Galaxy: Vol. 3. Lylla merupakan salah satu hewan kreasi dari High Evolutionary seperti halnya Rocket Racoon. Dan dia diperlihatkan tewas di akhir filmnya.

Michelle Yeoh

Bintang Asia populer ini pertama kali muncul di MCU ketika dia berperan sebagai Alita Ogord dalam film Guardians of the Galaxy: Vol. 2. Namun, kemunculannya memang hanya sebentar alias hanya menjadi cameo. Alita Ogord sendiri merupakan salah satu anggota dari the Ravagers. Michelle Yeoh baru mendapatkan peran yang lebih besar dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Dia berperan sebagai Ying Nan, yang merupakan adik dari ibunya. Mengingat film Shang-Chi akan dibuat sekuelnya, artinya karakter Ying Nan sendiri akan kembali muncul.

Gemma Chan

Nama Gemma Chan masuk dalam daftar bintang Hollywood yang sedang naik daun. Kualitas aktingnya yang membuat Marvel Studios tertarik untuk merekrutnya. Gemma Chan pertama kali muncul di MCU dalam film Captain Marvel, di mana dia berperan sebagai Minn-Erva. Dia merupakan rekan dari Carol Danvers di kelompok elit bangsa Kree, Starforce.

Setelah penampilannya di film Captain Marvel, Gemma Chan kemudian kembali dipilih untuk berperan di MCU. Kali ini, dia berperan sebagai salah satu Eternals di film Eternals yaitu Sersi. Dalam filmnya diperlihatkan jika Sersi sangat peduli dengan nasib bumi dan selalu berusaha untuk membantu para manusia. Dia juga merupakan kekasih dari Dane Whitman alias Black Knight.

Kenneth Choi

Sosok Kenneth Choi pertama kali muncul di MCU pada 2011 dalam film Captain America: The First Avengers. Dia berperan sebagai Jim Mortia, salah satu anggota Howling Commandos yang bertugas bersama Captain America saat perang dunia kedua. Meskipun perannya tidak terlalu besar, Kenneth Choi kemudian kembali muncul di film populer MCU lain, yaitu Spider-Man: Homecoming.

Dia diperlihatkan berperan sebagai kepala sekolah di tempat Peter Parker belajar. Yang menarik adalah menurut informasinya karakter kepala sekolah di film Homecoming memiliki koneksi dengan film Captain America. Pasalnya, kepala sekolah Morita kemungkinan adalah cucu dari Jim Morita. Bahkan, ada foto dari keduanya di ruang kerjanya.

Benedict Cumberbatch

Benedict Cumberbatch berperan sebagai penyihir agung . Dia berperan sebagai Doctor Strange. Kepopuleran karakter Strange membuatnya muncul dalam berbagai film, seperti Avengers: Infinity War dan Endgame. Dia bahkan beberapa kali muncul sebagai cameo dalam beberapa film seperti Spider-Man: No Way Home. Berbeda dengan para aktor di atas yang muncul sebagai karakter lain dalam film lain, Benedict mampu memerankan berbagai karakter di satu franchise yang sama.

Diketahui, dalam film Doctor Strange sang aktor bahkan juga berperan dan mengisi peran sebagai sang oenguasa dimensi kegelapan yaitu Dormamu. Di Film Doctor Strange In the Multiverse of Madness, Benedict juga memerakan beberapa karakter lain. Misalnya Doctor Strange versi zombie dan juga Doctor Strange versi jahat. Menarik tentunya untuk melihat aksi Strange di film ketiganya.

Memerankan beberapa karakter di film yang berbeda dalam satu universe yang sama bisa dibilang adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Para aktor tersebut membuktikan bahwa meskipun mereka memiliki peran berbeda, namun kualitas peran dan akting yang disuguhkan tidak berbeda. Dan ini juga menjadi sebuah keunikan tersendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.