Sejak dikenalkan tahun 2008, Tony Stark memang selalu menarik perhatian penggemar. Bagaimana tidak? Karakternya memberikan dampak signifikan terhadap MCU dan Avengers itu sendiri. Dialah sosok yang mendirikan Avengers, dan membangun markasnya. Dia jugalah yang menciptakan berbagai teknologi mutakhi, yang akhirnya digunakan anggota lain. Tony Stark memang tidak memiliki kekuatan super, tetapi berkat armor Iron Man-nya, Tony Stark bertransformasi menjadi sosok mematikan. Tetapi sebenarnya nih Geeks, ada beberapa karakter MCU yang pernah mengenakan armor Iron Man, dan merasakan bagaimana rasanya menjadi Iron Man. Siapa saja?

Pepper Potts

Tony Stark pernah melakukan hal fatal, di mana dia mengungkap alamat rumahnya yang berada di Malibu. Tak membutuhkan waktu yang lama bagi para teroris untuk langsung menyerang rumah Tony. Ketika serangan itu terjadi, Tony Stark berusaha menyelamatkan pacarnya, Pepper Potts. Namun cara yang digunakan Tony Stark tidak konvensional, yaitu dengan memanggil armornya dan membungkus tubuh Pepper Potts agar terlindung. Setelah kondisi aman, armor tersebut diambil kembali. Dan menariknya setelah kejadian itu, Tony Stark merancang armor yang dikhususkan untuk Pepper Potts, di mana armor tersebut diberi nama Rescue, yang Pepper Potts gunakan dalam pertempuran puncak melawan Thanos.

James “Rhodey” Rhodes

Sebagai perwakilan militer Amerika Serikat, Rhodey sebenarnya ditugasi sebagai penghubung antara pemerintah dengan Stark Industries. Oleh sebab itulah Rhodey berteman dekat dengan Tony Stark. Menariknya, dalam Iron Man 2, kita bisa melihat bagaimana Rhodey menjadi Iron Man. Ketika Tony Stark tengah mabuk dan berulah, Rhodey mencuri armor Mark II untuk menghentikan Tony Stark. Pertarungan singkat pun terjadi diantara keduanya. Tetapi tidak lama setelah kejadian itu, Tony Stark memberikan armor itu kepada Rhodey, meskipun dia ragu dengan keputusannya. Pada akhirnya, Rhodey pun terus mengenakan armor itu hingga mendapat julukan War Machine.

Matthew Ellis

Aldrich Killian adalah villain utama dalam film Iron Man 3. Dialah dalang dibalik semua kejahatan yang terjadi. Niatnya hanya satu, yaitu mengambil alih Amerika Serikat dan menjadikannya sebagai penguasa. Puncaknya, Killian berhasil menculik Presiden Amerika Serikat, Matthew Ellis, yang pernah melarang Killian untuk melakukan penelitian bioteknologi dalam pengembangan Extremis. Menariknya nih Geeks, ketika Matthew Ellis diculik, dia sempat dimasukkan ke dalam armor Iron Patriot dan menggunakan armor tersebut untuk terbang dan berjalan selama beberapa waktu. Meski singkat, tetapi itu momen yang epik, di mana seorang Presiden menjadi Iron Man.

Eric Savin

Sebagai kaki tangan Aldrich Killian, Eric Savin memang sangat kejam. Dialah yang turun langsung untuk menculik Presiden Matthew Ellis atas perintah Killian. Untuk bisa menculik presiden, Eric Savin menyamar dan menggunakan armor Iron Patriot, untuk masuk ke dalam pesawat kepresidenan. Dan setelah momen yang tepat muncul, Eric Savin dengan armor Iron Patriotnya membunuh para penjaga dan menculik Presiden. Begitu dia menangkap Presiden, Savin melepas armornya dan menukarnya dengan seragam biasa. Beruntung karena akhirnya Eric Savin berhasil dikalahkan oleh Tony Stark.

Aldrich Killian

Karakter terakhir yang sempat menjadi Iron Man adalah Aldrich Killian sendiri. Dalam ending Iron Man 3, pertempuran masif terjadi antara Extremis dan pasukan Iron Man di sebuah dermaga. Pertempuran tersebut berujung dengan duel yang terjadi antara Tony Stark dan Aldrich Killian. Killian memang sulit dikalahkan. Apalagi dengan tubuhnya yang dapat meledakkan diri. Untuk dapat mengalahkan Killian, Stark kemudian memanggil armornya yang bisa dilepas untuk menjatuhkan Killian. Armor tersebut membungkus tubuh Killian hingga akhirnya Tony meminta JARVIS untuk meledakkan diri dan Killian pun berhasil dilumpuhkan selama beberapa waktu.

Itulah dia Geeks para karakter yang pernah menggunakan armor Iron Man, sehingga mereka pernah merasakan bagaimana menjadi seorang Iron Man di MCU. Hanya Pepper Potts saja yang berkesempatan untuk menggunakan armor yang dirancang sendiri untuknya. Sementara para karakter lainnya hanya bisa menggunakan armor tersebut sangat singkat.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/