Geeks tentu tahu dengan nama beken Tom Cruise. Dialah aktor yang sering tampil dalam berbagai film aksi. Meski usianya sudah tidak muda lagi, tetapi Tom Cruise tetap percaya diri tampil dalam film yang memiliki sekuens aksi berbahaya. Menariknya lagi, Cruise terkenal anti menggunakan jasa stuntman ketika syuting sebuah film. Dia lebih memilih melakukan berbagai aksi berbahaya seorang diri. Tak jarang, Cruise mengalami cedera akibat “aksi nekat-nya” itu. Lantas apa saja adegan berbahaya yang pernah Tom Cruise lakukan?

Memanjat Gedung Burj Khalifa

Film kelima dari franchise Mission Impossible memperlihatkan saat karakter Ethan Hunt yang diperankan Tom Cruise memanjat salah satu gedung tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa. Menariknya, adegan tersebut benar-benar diambil ketika Tom Cruise memanjat gedung itu, tanpa menggunakan stuntman. Tetapi demi keamanan, Cruise menggunakan bantuan pengaman, mencegah hal buruk terjadi. Adegan itu kabarnya dilakukan di ketinggian 2.000 kaki, dan memperlihatkan saat Ethan Hunt melawan penjahat sambil juga mencoba menyelesaikan misi. Karena dilakukan secara nyata, banyak yang memuji adegannya karena minim sekali penggunaan CGI.

Meloncati Atap Bangunan

Dalam film Mission Impossible: Fallout, Ethan Hunt melakukan misi pengejaran. Dan saat itu terjadi, Ethan Hunt melompati banyak sekali bangunan di Moscow. Adegan itu tampak nyata, karena pada proses syutingnya, Tom Cruise benar-benar melakukan lompatan berbahaya dari satu gedung ke gedung lainnya. Bahkan ketika syutingnya dilakukan, Tom Cruise sempat mengalami cedera yang cukup fatal, di mana dia mengalami patah tulang kaki akibat terjatuh dari ketinggian. Karena itulah syuting Mission Impossible: Fallout sempat dihentikan sementara. Beruntung karena pada akhirnya Tom Cruise dapat kembali melanjutkan perannya itu.

Beraksi Dalam Jet Tempur

Bagi orang biasa yang ingin menaiki sebuah pesawat tempur, tentu ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Harus ada ijin khusus dan pengalaman yang panjang untuk dapat berada di dalamnya. Pasalnya tubuh seseorang harus menahan G-Forces yang sangat besar dan jika tidak mampu menahan tekanan tersebut, besar kemungkinan seseorang akan pingsan. Nah dalam Top Gun: Maverick, Tom Cruise melakukan itu tanpa stuntman. Tom Cruise memang tahu cara menerbangkan pesawat, dan dia menjalani pelatihan ekstra agar tubuhnya mampu menahan G-Force agar adegan pertempuran di udara dapat terlihat serealistis mungkin.

Piloti Helikopter

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Tom Cruise memang bisa menerbangkan pesawat, termasuk helikopter. Dalam film Mission Impossible: Fallout, Tom Cruise berhasil membuktikan kepiawaiannya di mana dia benar-benar menerbangkan helikopter seorang diri tanpa bantuan stuntman. Tom Cruise pernah menjelaskan bahwa dia mendapat pelatihan intensif untuk menerbangkan helikopter demi adegan aksi dalam film tersebut. Dia juga berguru kepada pilot profesional dan berlatih terbang selama beberapa bulan sebelum syuting filmnya dimulai. Hasil akhirnya? Adegan itu juga mendapat banyak pujian karena tampak nyata.

Bergelantungan di Pesawat

Jika sebelumnya Tom Cruise berada di dalam pesawat, kali ini dia berada di luar pesawat. Yap, secara teknis Tom Cruise bergelantungan di pesawat yang sedang mengudara. Adegan yang dia lakukan sendiri ini diperlihatkan dalam Mission: Impossible: Rogue Nation. Adegan epik ini direkam di bandara Uni Emirat Arab, yang mengharuskan Cruise untuk berpegangan pada sisi pesawat angkut militer yaitu Airbus A400M. Menurut beberapa sumber, Tom Cruise berlatih secara ekstensif untuk bisa melakukan aksi tersebut, dan timnya juga bekerja dengan pihak profesional untuk memastikan aksi tersebut aman.

Terjun Payung

Aksi berbahaya berikutnya dilakukan juga oleh Tom Cruise dalam film Mission Impossible: Fallout. Kali ini, dia melakukan skydiving. Dalam sebuah wawancara, Tom Cruise mengungkapkan bahwa dia harus menyelesaikan 106 kali terjun payung saat melakukan syuting adegannya. Dan menariknya, adegan terjun payungnya direkam di berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk Norwegia, Abu Dhabi, dan Selandia baru. Cruise pun harus mendapat pelatihan dari penerjun payung profesional. Meski melakukannya seorang diri, tetapi ada juga tim pemeran pengganti yang disiapkan untuk adegan itu.

Melompat dengan Motornya

Nah adegan berbahaya ini Cruise lakukan untuk film terbarunya, Mission Impossible Dead Reckoning. Adegannya sendiri sudah bisa kalian lihat dalam trailer filmnya. Di sini, Tom Cruise mengendarai sebuah motor pada lintasan yang dibuat khusus, di mana ujungnya terdapat jurang. Dan ketika Cruise sudah berada di ujung jurang tersebut, dia melompat dan menggunakan parasutnya untuk mendarat. Aksi itu Tom Cruise lakukan beberapa kali hingga dia anggap pas. Dan menariknya, tidak ada tali pengaman yang digunakan. Jadi Tom Cruise benar-benar mengandalkan parasutnya untuk mendarat.

Itulah dia Geeks beberapa adegan berbahaya yang Tom Cruise lakukan seorang diri tanpa bantuan stuntman atau pemeran pengganti. Tentu saja dia melakukan itu dengan berbagai alat pengaman untuk meminimalisir hal yang buruk terjadi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/