Belakangan ini penggemar Marvel dibuat penasaran dengan sosok Spider-Boy yang baru debut di komik Spider-Man Vol. 4 #7 bulan April lalu. Karakter ciptaan Dan Slott dan Humberto Ramos ini adalah seorang Spider-People misterius yang mengaku kenal dengan Peter Parker dan Miles Morales di semesta utama. Sebaliknya, baik Peter, Miles, maupun para penggemar justru baru pertama kali melihat karakternya. Sekarang akhirnya terungkap apa yang sebenarnya terjadi dan siapa sosok di balik topeng Spider-Boy.

Baru-baru ini di akhir cerita Marvel Comics berjudul Edge of Spider-Verse 2023 #3 bagian ‘Nobody Knows Who You Are’ karya Dan Slott dan Humberto Ramos, Spider-Boy akhirnya membuka topengnya. Sosok di balik identitas superheronya ternyata adalah seorang anak laki-laki bernama Bailey Briggs. Dia mengaku sebagai sidekick Spider-Man Peter Parker yang terhapus dari realitas Earth-616 karena ulah elder god jahat bernama Shathra. Dia baru dimunculkan kembali di Web of Life oleh Elder God Neith setelah Shathra berhasil dikalahkan.

Spider-Boy Marvel

Menariknya nama Briggs sendiri sebenarnya sudah cukup sering muncul di Marvel Universe. Misalnya seorang perambok bernama Foxy Briggs yang debut di komik Amazing Spider-Man #31 (1963), agen FBI bernama Stephanie Briggs di Web Of Scarlet Spider (1995), dan ilmuwan bernama Jeremy Briggs di Avengers Academy (2011). Walaupun begitu untuk sekarang masih belum diketahui apakah salah satu atau semua karakter di atas berhubungan dengan Bailey Briggs alias Spider-Boy baru di Marvel Universe.

Yang lebih mengejutkan lagi, sebenarnya nama Bailey Briggs sendiri pernah dipakai oleh Dan Slott di komik lainnya. Tepatnya di komik She-Hulk #3 (2004) karya Slott dan Juan Bobillo, di mana dia adalah seorang pria yang bekerja pada Hammer Aeronautics sebelum dibunuh oleh atasannya. Hantu Bailey sempat dimunculkan kembali dalam sebuah persidangan untuk mengungkap siapa pembunuhnya. Namun karena dia salah menuduh mantan kekasihnya, hantu Bailey dikirim ke Cage of Cytorak sebagai hukumannya.

Masih ada banyak misteri yang menyelimuti karakter Spider-Boy di Marvel Universe. Namun setidaknya untuk sekarang kita sudah mengetahui bahwa dia adalah seorang anak kecil bernama Bailey Briggs yang memang mempunyai kekuatan manusia laba-laba. Bailey bahkan mempunyai kemampuan Psychometry yang bisa melihat masa lalu dan masa depan dari jejak atau getaran sebuah benda. Misteri dan keunikan karakternya inilah yang membuat kisah Spider-Boy selalu menarik untuk kita antisipasi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.