Secret Invasion adalah series Marvel Cinamatic Universe yang baru saja menayangkan episode perdananya tanggal 21 Juni kemarin. Di seriesnya ini karakter Nick Fury dari Samuel L. Jackson diceritakan harus menguak konspirasi alien Skrull yang ingin menguasai Bumi. Terlepas dari penayangan episode 1 yang mendapatkan respons positif dari sebagian besar penggemar, baru-baru ini sutradara Ali Selim mengaku bahwa dirinya sangat dilarang oleh Marvel Studios untuk membaca kisah Secret Invasion versi Marvel Comics.

Secara umum Marvel Studios sendiri sebenarnya sudah cukup sering mengambil inspirasi dari Marvel Comics untuk menciptakan sejumlah karakter dan kisah populer MCU. Sebut saja film Captain America: Civil War yang terinpirasi dari peristiwa komik Civil War I, kemudian Avengers: Infinity Wars serta Endgame dari kisah epik Infinity Gauntlet, dan masih banyak lagi. Judul series Secret Invasion sendiri sebenarnya mengambil inspirasi dari peristiwa komik berjudul sama yang rilis perdana pada tahun 2008 silam. Namun anehnya, Marvel Studios justru melarang Selim untuk membaca versi komiknya.

Sutradara secret invasion

Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Screen Rant, sutradara Ali Selim mengaku bahwa saat dirinya menandatangi kontrak untuk series Secret Invasion, catatan pertamanya dari Marvel Studios adalah “jangan baca komiknya.” Selim yang awalnya cukup kebingungan karena hanya berpatokan pada naskah dari Kyle Bradstreet dan tim penulisnya, pada akhirnya sadar bahwa alasan Marvel melarangnya adalah karena kisah komiknya tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka lakukan pada di seriesnya.

“Ketika saya mengambil pekerjaannya sebagai sutradara. Hal pertama yang diberitahukan kepada saya adalah jangan membaca komik. Alasannya karena itu tidak ada hubungannya dengan apa yang akan kami lakukan di seriesnya,” ungkap Selim. “Cerita sebenarnya justru tercipta dari hubungan Sam Jackson dan Ben Mendelsohn atau Nick Fury dan Talos di film Captain Marvel. Jadi mereka (tim penulis Bradstreet) menemukan cerita yang akan melanjutkan hubungan tersebut dan memperluas MCU serta karakter lain yang tidak ada di komiknya.”

Pelarangan untuk membaca kisah Marvel Comics ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh Ali Selim sebagai sutradara Secret Invasion. Sebelumnya Wakil Presiden Produksi dan Pengembangan Marvel Studios, Nate Moore, juga sempat mengungkapkan bahwa studio biasanya tidak akan merekrut sutradara atau penulis yang hobi membaca komik. Alasannya karena khawatir akan membuat kreativitas mereka terganggu saat menggarap versi film atau seriesnya. Bagaimana menurut kalian dengan aturan unik Marvel Studios ini, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.