Chris Hemsworth kembali menjadi sosok pahlawan yang menyelamatkan nyawa orang dalam film Extraction 2 dan film ini menghadirkan beberapa fakta menarik. Extraction merupakan salah satu film aksi yang diperankan oleh aktor MCU Chris Hemsworth. Film ini berkisah tentang Tyler Rake yang mencoba untuk menyelamatkan seorang anak kecil di tengah kekacauan perang narkoba.

Namun, yang Tyler Rake selamatkan tersebut bukan anak sembarangan melainkan anak dari sang gembong narkoba tersebut. Film ini sukses di pasaran yang membuat pihak Netflix kemudian memberikan lampu hijau untuk membuat film sekuelnya. Extraction 2 sendiri jadi salah satu film yang dinantikan dan ada beberapa fakta menarik dari film ini. Apa saja?

Tidak Hadapi Kendala

Ketika pandemi global COVID-19 terjadi di tahun 2020, banyak industri yang terkena dampak dari hal tersebut salah satunya adalah industri film. Banyak jadwal produksi dan jadwal tayang yang akhirnya harus tertunda atau diundur karena COVID-19. Namun, yang menarik adalah Extraction 2 justru sama sekali tidak mengalami kendala yang dirasakan oleh berbagai film lainnya.

Extraction 2 mulai memasuki proses shooting pada November 2021, satu tahun setengah pasca perilisan film pertama. Proses ini selesai pada musim semi 2022 dan proses pasca produksinya sendiri dilakukan selama hampir setahun. Namun, memang sempat ada momen pengambilan gambar ulang pada November 2022 yang mengakibatkan jadwal penayangannya juga diundur. Tetapi, secara keseluruhan proses produksinya berjalan lancar.

Aksi Yang Lebih Gila

Film Extraction pertama memperlihatkan aksi yang luar biasa dari Tyler Rake dalam upayanya menyelamatkan anak dari gembong narkoba. Aksi menegangkan mulai dari adu tembak sampai ledakan banyak dihadirkan dalam film tersebut. Meskipun nampak menegangkan dan luar biasa, namun Extraction 2 ternyata menghadirkan aksi yang jauh lebih gila lagi.

Bisa dibilang berbagai aksi yang dihadirkan di film pertama dilipat gandakan di film Extraction 2. Hal ini bisa dilihat dalam tayangan di balik layar pembuatan filmnya. Dalam video tersebut nampak bagaimana Hemsworth harus menghadapi ledakan, tabrakan, bahkan ada adegan yang memperlihatkan pendaratan sebua helikopter di atas kereta api yang sedang berjalan. Berbagai ulasan tentang filmnya pun mengungkapkan hal yang sama.

Banyak Adegan Yang Dilakukan Sendiri

Dalam film Extraction ada banyak adegan yang berbahaya yang memperlihatkan aksi dari Tyler Rake ketika melindungi sang anak. Semua adegan tersebut tentunya bisa berbahaya jika dilakukan sendiri oleh sang aktor jika tidak berhati-hati. Namun, dalam sebuah wawancara Hemsworth mengatakan jika dia banyak melakukan hal berbahaya di film tersebut sendiri.

Seperti disebutkan di atas, jika film Extraction 2 jauh lebih banyak menghadirkan adegan aksi dan juga berbahaya. Bahkan, berbagai adegan aksi dan berbahaya itu pun lebih meningkat levelnya dari film pertama. Namun, Hemsworth sendiri mengakui jika sebagian besar adegan tersebut dia lakukan sendiri tanpa menggunakan pemeran pengganti.

Adegan Paling Ditakuti

Selain melakukan banyak aksi berbahaya sendiri tanpa bantuan dari pemeran pengganti, ada fakta lainnya yang menarik dari Extraction 2. Hemsworth mengatakan jika ada satu adegan aksi yang berbahaya yang paling dia takuti saat proses shooting. Adegan tersebut adalah ketika dia harus berada di atap sebuah kereta yang sedang bergerak dengan kecepatan 65 km/jam.

fakta extraction 2

Selain itu, ada sebuah helikopter yang terbang tepat di atas kepala Hemsworth saat kereta tersebut berjalan. Namun, Hemsworth mengakui itu jadi sebuah pengalaman tersendiri baginya. Bagi Hemsworth adegan tersebut sengaja dia lakukan agar para penonton bisa juga ikut merasakan ketegangan dan adrenalin yang tinggi dibandingkan harus menggantikanya dengan efek spesial.

Jalanan Ditutup Dua Pekan

Dalam proses produksi sebuah film, terutama film layar lebar, tidak mengherankan jika mereka menggunakan jalanan umum atau wilayah yang memang dekat dengan para penduduk. Tujuannya adalah untuk menghadirkan nuansa jika adegan tersebut terasa “asli.” Dan hal ini juga dilakukan saat proses produksi film Extraction 2 ketika mereka berada di Wina, Austria.

Dalam proses shooting film tersebut, mereka melakukannya di dua negara yaitu Praha, Republik Ceko dan Wina, Austria. Ketika proses shooting di wilayah Wina, tim produksi sempat menutup beberapa jalanan padat selama dua pekan. Tujuannya adalah untuk mengambil adegan pertarungan yang brutal di film tersebut. Hal ini juga dilakukan demi keamanan orang-orang di sekitarnya.

Peran Lain Sam Hagreaves

Extraction merupakan film pertama dari Sam Hagrave sebagai seorang sutradara. Dia sempat menjadi operator kamera atau kameramen dalam beberapa adegan di film pertama. Dan ternyata, Sam juga melakukan hal yang sama di film Extraction 2. Sekitar 50-60% adegan di film tersebut ternyata diambil oleh Sam, salah satunya adalah seperti adegan pertarungan di penjara.

Adegan One-Shot Lebih Panjang

Di akhir film Extraction pertama, para fans dibuat terkejut dengan sebuah adegan menarik di mana dalam adegan tersebut semuanya diambil dalam satu take atau satu ambilan gambar. Adegan ini terjadi di akhir filmnya dan durasi dari adegan one-shot tersebut adalah 12 menit. Berdasarkan fakta yang ada, Chris Hemsworth dan para kru serta cast lainnya harus banyak berlatih.

fakta extraction 2

Film Extraction 2 juga akan menghadirkan adegan one-shot tersebut. Dan yang menarik adalah durasi dari adegan one-shot tersebut kini lebih panjang yaitu lebih dari 21 menit. Dan Hemsworth juga mengatakan bahwa dalam adegan tersebut ada sekitar 300 pemain ekstra yang akan terlibat. Dan banyak adegan aksi yang berbahaya juga dalam momen ini

Terbakar Enam Kali

Salah satu adegan berbahaya yang muncul dalam momen one-shot di film Extraction 2 adalah ketika Tyler Rake menerobos ke penjara dan ada sebuah kerusuhan yang terjadi di tengah lapangan. Dalam salah satu adegan terdapat momen ketika sebuah molotov diledakan, yang mana membuat semua orang “terbakar” dalam adegan itu. Yang menarik adalah Hemsworth pun ikut terbakar.

fakta extraction 2

Menurut penuturan Hargrave, kurang lebih Hemsworth terbakar sebanyak enam sampai tujuh kali dalam adegan tersebut. Meskipun begitu, Hargrave memastikan jika semuanya aman. Misalnya, ada tim keamanan dengan alat pemadam api yang berjaga. Hemsworth sendiri menggunakan baju berlapis yang anti panas dan terbakar. Tim juga memberikan pengarahan agar api yang dilempar tidak mengenai muka Hemsworth.

Rencana Hadirkan Film Lain

fakta extraction 2

Sam Hargrave ternyata masih belum puas dengan dua film Extraction dan dia berencana untuk menghadirkan film lainnya. Sam sempat mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia memang sangat tertarik untuk membesarkan universe yang dijalani oleh Tyler Rake ini. Dia ingin menghadirkan tantangan yang berbeda bagi sang karakter, yang mana ini juga jadi alasan mengapa muncul karakter yang diperankan oleh Idris Elba. Sam berharap akan ada adegan yang memperlihatkan chemistry dari kedua karakter. Dia juga mengaku bahwa ide untuk film Extraction 3 sudah tersimpan dengan rapih.

Extraction 2 nyatanya berhasil menjadi sebuah sekuel yang apik bagi kisah Tyler Rake. Meskipun banyak reaksi beragam dari orang-orang, namun film ini nyatanya tetap banyak dinilai menarik dan menghibur. Apalagi, film ini menyuguhkan banyak adegan aksi yang lebih dahsyat dari film sebelumnya. Kita nantikan saja ya Geeks proyek selanjutnya dari film ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.