The Batman adalah salah satu waralaba film baru DC yang berhasil menarik perhatian banyak penggemar saat film perdananya rilis tahun lalu. Datang dari sutradara Matt Reeves salah satu film DC Elseworlds ini telah memperkenalkan Robert Pattinson sebagai sang Capes Crusader teranyar. Di mana salah satu musuh pertamanya adalah Oswald Cobblepot alias Penguin dari Colin Farrell, yang ke depannya akan mendapatkan series solo di HBO. Sayangnya spinoff The Batman berjudul The Penguin ini baru saja resmi berhenti produksi.

Pertama kali diumumkan pada tahun 2021, kemudian baru di follow-up Warner Bros setahun kemudian, series The Penguin yang akan mempunyai total delapan episode ini ditulis oleh Lauren LeFranc. WB sendiri telah menunjuk sutradara Craig Zobel untuk menggarap tiga episode perdananya. Dijadwalkan untuk tayang pada tahun 2024, sebenarnya sejauh ini produksi The Penguin terbilang cukup lancar. Setidaknya sampai hari ini di mana produksi spinoff The Batman yang sangat penggemar antisipasi ini terpaksa berhenti karena dampak protes dan mogok kerja Writers Guild of America.

spinoff the batman berhenti produksi

Dilansir dari laporan terbaru Deadline, alasan mengapa series The Penguin berhenti produksi adalah karena petugas piket WGA baru saja menghentikan pengambilan gambar untuk semua tayangan streaming DC yang tengah berlangsung di New York, Amerika. Sisa kegiatan produksinya sendiri baru akan kembali dilanjutkan setelah mogok kerja WGA berakhir dengan pemenuhan tuntutan mereka, khususnya regulasi ketat terhadap teknologi artificial intelligence yang belakangan dianggap mengancam profesi penulis Amerika.

Meskipun bagi sebagian penggemar ini adalah berita kurang mengenakan, tetapi di sisi lain penundaan produksi ini mungkin bisa membuat series The Penguin lebih baik. Karena sekarang studio punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain yang dapat membuat kualitas tayanganya lebih baik. Misalnya timeline pekerjaan yang tidak terlalu terburu-buru atau pemolesan visual serta CGI yang bisa lebih disempurnakan. Apalagi untuk sekarang jadwal rilisnya masih belum punya tanggal pasti.

Yang jelas jika ingin semuanya berjalan lancar spinoff The Batman yang baru saja berhenti produksi ini harus bisa rampung dan tayang sebelum film The Batman: Part II yang dijadwalkan untuk tayang tahun 2025 mendatang. Karena bukan tidak mungkin ada elemen dari series The Penguin yang akan dibutuhkan juga di film sekuel The Batman nanti. Semoga saja ke depannya semua bisa menjadi lebih baik dan berjalan lancar, baik itu WGA maupun produksi The Penguin dan tayangan DC secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.