Light novel Sasuke Retsuden jadi salah satu cerita spinoff favorit para fans, karena kita melihat bagaimana Sasuke berusaha untuk selamatkan Naruto. Cerita utama di series Naruto atau Boruto sering memperlihatkan bagaimana sang tokoh utama melakukan berbagai hal yang jadi fokus utama ceritanya. Misalnya, kita melihat bagaimana Naruto berlatih dan menjalankan misi untuk mewujudkan mimpinya jadi Hokage.

Atau kita melihat bagaimana saat ini situasi di Konoha sedang genting ketika Naruto menghilang dalam cerita Boruto. Tetapi, dalam cerita spinoff, para penulis bisa bebas menghadirkan cerita lainnya di luar cerita utama. Salah satunya adalah dalam light novel populer Sasuke Retsuden. Lalu, seperti apa rangkuman ceritanya?

Sasuke Retsuden: Selamatkan Naruto

Bersetting pasca perang dunia shinobi keempat, ketika Naruto dan Sasuke sudah menikah, Sasuke Retsuden berfokus pada upaya Sasuke menyelamatkan sahabatnya, Uzumaki Naruto. Pasca pertempuran besar tersebut Naruto mengaku bahwa tubuhnya lemas. Ternyata, apa yang Naruto rasakan tersebut bukan sesuatu yang biasa. Aliran chakra dalam tubuhnya tidak berjalan dengan lancar.

Istri Sasuke yang juga sahabat Naruto, Haruno Sakura, kemudian melakukan penelitian tentang apa yang terjadi. Ternyata, ada hal misterius yang terjadi di tubuhnya. Tubuh Naruto justru tidak lagi bisa menerima chakra Kurama dan aliran chakra di tubuhnya pun terhambat. Yang juga menarik apa yang Naruto rasakan merupakan efek dari sosoknya yang merupakan seorang Jinchuriki.

rangkuman cerita sasuke retsuden

Sakura pun menemukan fakta jika Hagoromo Otsutsuki, Jinchuriki pertama, pernah mengalami hal yang sama. Dia pun kemudian mencari cara untuk menyembuhkan penyakitnya, sampai kemudian dia berhasil dan penyakitnya sembuh. Namun, Hagoromo menyembunyikan lokasi keberadaan obat tersebut di sebuah tempat rahasia yang sulit untuk orang lain temukan.

Mengetahui temannya sakit dan bahkan hampir tewas dan Konoha berada dalam bahaya, Sasuke beserta sang istri, Sakura, dan juga Kakashi mencoba untuk mencari jalan. Sampai kemudian mereka bertemu dengan Lyla dan ibunya, Kail. Mereka mengatakan bahwa petunjuk mengenai penyakit Naruto dan Hagoromo tertulis dalam sebuah buku. Namun, buku tersebut ada di sebuah tempat bernama Tatar Observatory di mana tempat ini ada di sebuah negara kuno Redaku.

Petualangan Sasuke Di Redaku

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Sasuke kemudian memulai misinya untuk mencari obat dan informasi mengenai penyakit Naruto di Tatar Observatory. Untuk bisa masuk ke sana, Sasuke pun kemudian melakukan sebuah cara yang cukup berani yaitu menyamar. Dia menyamar menjadi tahanan, di mana lokasi penjara negara Redaku menyatu dengan Tatar Observatory.

Banyak hal mengejutkan yang kemudian Sasuke temukan di sana. Misalnya, bagaimana ternyata Tatar Observatory bukan hanya sebuah tempat penelitian bintang saja. Ada hal mengerikan yang terjadi di sana seperti para tahanan yang menjadi budak untuk sosok Zansul atau Zansuru. Dia adalah kepala observatorium tersebut sekaligus juga seorang arkeolog yang terobsesi dengan dinosaurus.

Wilayah sekitar observatorium sendiri ternyata penuh dengan berbagai fosil dinosaurus, yang mana para tahanan dipaksa untuk melakukan kerja paksa dengan menggali fosil-fosil terbut. Yang menarik, ternyata bukan hanya Sasuke yang menyamar di sana. Sakura pun ikut menyamar sebagai salah satu peneliti. Mereka pun bekerja sama untuk mencari petunjuk tentang penyakit Hagoromo dan juga obatnya.

rangkuman cerita sasuke retsuden

Sasuke dan Sakura juga menemukan berbagai fakta mengerikan di sana. Contohnya bagaimana Zansul berupaya untuk menghidupkan kembali dinosaurus yang sudah mati. Bahkan, dia juga menggabungkannya dengan DNA manusia yang mana membuat manusia bisa berubah menjadi dinosaurus. Contoh dari hal tersebut adalah Meno, salah satu tahanan lain di Tatar Observatory.

Meno mampu berubah menjadi dinosaurus akibat ulah Zansul yang mengendalikan Meno. Dia bahkan sempat menyerang Sasuke beberapa kali. Awalnya, Sasuke tidak tahu apa yang terjadi di mana serangan Genjutsu tidak berlaku kepadanya. Sampai kemudian dia menyadari jika Meno dan dinosaurus tersebut adalah orang yang berbeda. Ketika Meno berubah jadi dinosaurus, dia kehilangan kendali tubuhnya. Namun, Sasuke berhasil merubah hal itu.

Misi Terakhir Sasuke

Mencari buku Map of Heavens yang berisi informasi tentang Ultra Particle yang mampu menyembuhkan Naruto adalah misi utama Sasuke di Redaku. Dan setelah sekian lama menyamar, akhirnya Sasuke dan Sakura pun melakukan tindakan terakhir di Tartar Observatory. Mereka mencoba untuk membebaskan semua tahanan di sana, yang mana hal ini tentunya tidak berjalan mulus.

Zansul dan karakter bernama Jiji kemudian mencoba untuk menghentikan upaya tersebut. Jiji bahkan mengkhianati Sakura di mana dia terluka parah akibat pisau beracun yang ditusukan oleh Jiji. Beruntung, Sasuke berhasil menyelamatkan nyawa sakura dengan menggunakan Ultra Particle. Yang menarik adalah di akhir cerita Meno akhirnya bergabung dengan Sasuke dan Sakura.

Mereka bertiga kemudian bertarung menghadapi pasukan dinosaurus dan naga yang dibangkitkan oleh Zansul. Tetapi, ketiganya tidak lagi khawatir setelah para tahanan lain sudah berada di tempat aman. Pertarungan sendiri benar-benar berjalan epik, di mana Zansul benar-benar mengerahkan semua kekuatan pasukan dinosaurus yang dia miliki untuk menghancurkan ketiganya.

rangkuman cerita sasuke retsuden

Bahkan, Zansul juga membangkitkan dinosaurus dengan ukuran yang sangat besar yang memiliki kekuatan Ultra Parcticle. Namun, berkat Sasuke yang menggunakan teknik Susanoo serta bagaimana Sakura juga ikut menunjukan skill miliknya, akhirnya seluruh pasukan tersebut berhasil mereka kalahkan. Dan juga rencana besar Zansu akhirnya berhasil mereka hentikan.

Momen terakhir dari Sasuke Retsuden sendiri berakhir dengan manis dan bahagia. Nampak bagaimana Sasuke dan Sakura kembali ke rumah dan dalam momen ini para fans banyak memuji bagaimana keintiman suasana antara Sakura dan Sasuke akhirnya muncul. Pasalnya, sejauh ini, cerita Boruto tidak pernah menghadirkan momen tersebut. Dan momen ini pun membat para fans senang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.