Selain Shibai Otsutsuki, sebenarnya ada juga beberapa anggota klan Otsutsuki yang dianggap sebagai dewa di universe Naruto. Mereka dianggap sebagai dewa karena menjadi pionir atau memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh shinobi di bumi. Mengingat level kekuatan mereka yang sangat dahsyat, wajar jika para Otsutsuki tersebut dianggap sebagai dewa oleh para shinobi.

Diperkenalkannya Shibai Otsutsuki di chapter 75 kemarin, membuat banyak fans terkejut. Seperti penjelasan dari Amado kemarin, Shibai Otsutsuki adalah dewa Otsutsuki yang memiliki kekuatan yang luar biasa dahsyat. Hal tersebut berkat Shibai yang banyak memakan buah chakra. Meskipun begitu, selain Shibai di universe Naruto sendiri nyatanya ada juga beberapa anggota klan Otsutsuki yang dianggap sebagai dewa. Siapa saja?

Urashiki Otsutsuki

Urashiki Otsutsuki menyebut dirinya sendiri sebagai “Dewa Waktu.” Hal ini karena pada dasarnya, Urashiki memang mampu mengendalikan waktu. Yang paling epik adalah bagaimana dia bisa kembali ke masa lalu, seperti yang muncul di salah satu arc dalam anime Boruto. Pada saat itu, Urashiki berniat mencuri chakra Kyuubi milik Naruto. Dan dia pun memutuskan untuk pergi ke masa lalu.

5f155-16689902970803

Urashiki menggunakan sebuah alat untuk pergi ke puluhan tahun lalu, di mana Naruto dan semua karakter masih kecil. Namun, upayanya memang tidak berhasil karena berhasil dihentikan oleh kombinasi shinobi yang luar biasa. Hal ini menunjukan jika level kekuatan Urashiki memang patut diperhitungkan, meskipun Urashiki merupakan karakter eksklusif di anime Boruto.

Hagoromo Otsutsuki

Rasanya Geeks setuju dengan sebutan dewa bagi Hagoromo melihat sejarahnya di universe Boruto. Hagoromo memang dianggap sebagai dewa bagi para shinobi dan merupakan pencipta dari para shinobi tersebut. Sage of Six Path menjadi pionir atau pelopor dari berbagai elemen yang kemudian menjadi dasar bagi para shinobi. Misalnya konsep chakra, Ninjutsu, Bijuu, dan sebagainya.

69477-16689905846978

Salah satu teknik shinobi terhebat, Sage Mode, juga berasal dari sosok Hagoromo Otsutsuki. Bahkan, kekuatan dahsyat Six Path milik Naruto dan Sasuke sendiri berasal dari Hagoromo. Bersama dengan sang adik, Hamura, Hagoromo bahkan mampu menyegel sang ibu, Kaguya Otsutsuki, dengan kedahsyatan kekuatan yang dia miliki. Meskipun dia adalah bagian dari klan Otsutsuki, namun Hagoromo memiliki sifat yang berbeda dari anggota Otsutsuki lain.

Kaguya Otsutsuki

Sang dewi kelinci dan juga “ibu” dari klan Otsutsuki yang ada di bumi. Sosok Kaguya Otsutsuki memang menganggap dirinya sebagai dewa saat muncul di seri Naruto. Kaguya memiliki kemampuan untuk bisa terbang dan bernafas di luar angkasa tanpa bantuan. Serta, dia mampu untuk melakukan berbagai hal yang luar biasa apalagi setelah memakan buah chakra. Kaguya pun bahkan adalah sosok yang menguasai monster ekor 10.

00-featured-naruto-kaguya-screenshot

Butuh berbulan-bulan bagi Hamura dan Hagoromo untuk mampu mengalahkan Kaguya dan menyegelnya di bulan. Hal ini pun menjadi bukti kedahsyatan level kekuatan dari sosok Kaguya. Dia juga bisa pergi ke dimensi lain dan menguasai berbagai elemen yang hampir membuat Naruto dan Sasuke hampir tewas. Untungnya, para shinobi berhasil untuk kemudian menyegel dia selamanya.

Momoshiki Otsutsuki

Karakter yang saat ini masih menjadi ancaman besar bagi dunia shinobi, Momoshiki Otsutsuki, juga dianggap sebagai dewa ketika dia muncul di bumi untuk menyelidiki Kaguya yang tidak terdengar kabarnya. Di awal seri Boruto, Momoshiki benar-benar memperlihatkan kekuatannya di mana dia mampu mengalahkan keempat Kage dengan mudah. Dia juga bahkan mampu menghancurkan pelindung milik Kurama.

The-Otsutsuki-Clan-Naruto

Kekuatan Momoshiki bahkan semakin menggila ketika dia menyerap Kinshiki. Sayangnya, Momoshiki terlalu serakan dengan kekuatan tersebut. Momoshiki pada akhirnya berhasil dikalahkan oleh Boruto dan Naruto. Meskipun begitu, sebelum dia tewas Momoshiki sempat menanamkan Karma di tubuh Boruto. Hal inilah yang kemudian membuatnya masih mampu untuk terus hidup, meskipun dia tidak bisa lagi bereinkarnasi.

Isshiki Otsutsuki

Terdapat sebuah fakta menarik yang muncul di seri Boruto, di mana Isshiki sebenarnya merupakan partner dari Kaguya saat menyerang bumi. Namun, Kaguya kemudian mengkhianatinya. Isshiki sendiri hampir tewas, sebelum kemudian dia hidup di tubuh seorang biksu bernama Jigen. Selama bertahun-tahun, Jigen berada dalam penguasaan Isshiki sampai akhirnya Isshiki benar-benar muncul setelah dikalahkan oleh Kashin Koji.

Isshiki-Otsutsuki

Dibandingkan para Otsutsuki di atas, Isshiki dianggap yang paling kuat dan memang terbukti di chapter sebelumnya. Dia mampu mengalahkan Naruto dan Sasuke dengan sangat mudah. Bahkan, jika bukan karena pengorbanan Kurama untuk mengaktifkan Baryon Mode, tidak ada yang mampu untuk mengalahkan Isshiki. Jika dia mampu, Isshiki dikabarkan mampu untuk menghancurkan bumi. Dan Isshiki pun sempat menanamkan segel Karma miliknya di tubuh Kawaki.

Klan Otsutsuki sering kali dideskripsikan di seri Naruto dan Boruto sebagai sebuah klan yang mendekati dewa. Mereka terus berevolusi sampai kemudian mereka berada di satu titik tertinggi, yaitu menjadi dewa (Godhood). Bukan tanpa sebab memang jika mereka memiliki anggapan demikian jika melihat berbagai kekuatan dahsyat yang mereka miliki. Dan para karakter di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.