Setelah sekian lama tidak merilis jenis produk baru, Apple tiba-tiba mengumumkan teknologi teranyar sekaligus tercanggihnya yang diberi nama Apple Vision Pro. Meskipun awalnya sempat diragukan, akhirnya Apple bisa membuktikan bahwa dengan Apple Vision Pro mereka sanggup menggabungkan teknologi AR (Augment Reality) dan VR (Virtual Reality). Dengan harga yang mencapai 3.499 dolar Amerika atau sekitar 52 juta rupiah, kecanggihan dari fitur Apple Vision Pro sudah tidak perlu kita ragukan lagi.

Dilansir dari Reuters, seorang analisis dari Creative Strategies’ Carolina Milanesi mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan produk kacamata VR lainnnya, “Apple [Vision Pro] ingin kita tetap ada di dunia nyata sambil memperbesarnya [setiap fungsinya].” Dengan kata lain kecanggihan Apple Vision Pro ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai fitur menarik di sekitarnya. Yang lebih hebatnya lagi, Apple Vision Pro bahkan tidak membutuhkan controller, karena sensornya sudah bisa mendeteksi suara dan gerakan tangan penggunanya, mirip seperti yang sering dilakukan oleh Iron Man.

kecanggihan fitur apple vision

Baik di komik dan film Marvel, kita mungkin sudah cukup familier dengan keseharian Iron Man yang bisa mengakses segalanya dengan AR dan VR di helmnya. Nah kabarnya fitur dari Apple Vision Pro ini memang terinspirasi dari kecanggihan teknologi Iron Man tersebut. Meskipun tidak dilengkapi AI seperti teknologi Iron Man, Disney yang melakukan kolaborasi dengan Apple terkait produk barunya ini mengumumkan bahwa Apple Vision Pro juga bisa dipakai untuk mengakses saluran Disney+ dengan teknologi AR/VR-nya.

Melalui trailer singkat tentang bagaimana konten Disney+ bisa diakses menggunakan Apple Vision Pro, terlihat sebuah cuplikan yang memungkinkan penggunanya untuk melihat serial MCU’ What If…? dengan lebih nyata. Di mana tagline dari promosinya bertanya kepada penggemar “Bagaimana jadinya (What if) jika kamu bisa menjadi superhero dan menemukan jawaban atas pertanyaan ultimate, What If…?” Dari trailernya bisa kita simpulkan bahwa kita bisa melihat tayangan Disney+ dengan sejumlah fitur AR/VR yang akan membuat pengalaman menononton lebih menyenangkan.

Dalam cuplikan lainnya kecanggihan fitur Apple Vision Pro juga dapat memberikan beberapa informasi tambahan terkait tayangan yang tengah ditonton. Di mana fitur tersebut tidak bisa didapatkan jika hanya menggunakan handphone atau televisi. Produk teranyat Apple dengan harga yang sangat fantastis serta fitur yang sangat canggih ini rencananya akan dirilis tahun depan, mulai dari Amerika dan kemudian disusul dengan perilisan di sejumlah negara lainnya. Apakah kalian tertarik, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.