Spider-Verse 2, atau yang mempunyai judul resmi Spider-Man Across the Spider-Verse, merupakan film animasi teranyar Spidey versi Miles Morales yang sebentar lagi akan tayang di bioskop. Setelah mengetahui eksistensi para Spider-People di film pertama Into the Spider-Verse, di film keduanya nanti Miles akan kembali berurusan dengan masalah multiverse. Selain bertemu dengan banyak Spider-People yang berkumpul di Spider Lobby, nantinya dia juga akan menghadapi ancaman dari beberapa villain di filmnya. Siapa saja mereka? Berikut ini para villain yang sudah terkonfirmasi akan muncul di Spider-Verse 2!

Jonathan ‘Spot’ Ohnn

Spot adalah villain pertama Spider-Verse 2 yang kehadirannya sudah dikonfirmasi jauh-jauh hari oleh Sony, di mana karakternya sendiri akan disuarakan oleh aktor Jason Schwartzman. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, karakter bernama asli Jonathan Ohnn ini adalah seorang supervillain yang seluruh tubuhnya diselimuti sejumlah portal berbentuk lingkaran hitam yang memungkinkan dirinya melakukan perjalanan lintas ruang bahkan multiverse. Meskipun terdengar kurang mengancam, tetapi sejatinya kekuatan Spot tersebut mempu membuat siapa pun yang menghadapinya merasa kewalahan.

Terlepas dari cuplikan adegannya yang jenaka di trailer Spider-Verse 2, sebuah gambar promosi yang menegaskan posisinya sebagai villain tangguh telah memperlihatkan bahwa Spot mampu menghadapi Miles dan Spider-Gwen sekaligus. Tinju, tendangan, dan serangan lain yang dilancarkan lawannya bisa dia kembalikan melalui portal yang bisa dilepas dari tubuhnya. Hal ini sebenarnya sudah pernah diceritakan juga di komik debutnya The Spectacular Spider-Man #98 (1985), di mana Spot terbukti mampu mengakses portal Darkforce Dimension yang membuat Spider-Sense milik Spidey seakan tidak efektif.

Medieval Vulture

Selain Spot, beberapa promosi Spider-Verse 2 lainnya juga sempat memperlihatkan penampilan seorang varian Vulture sebagai salah satu villain. Sebagai pengingat, Vulture sendiri adalah salah satu villain Marvel bertema hewan yang debut di komik Amazing Spider-Man #2 (1963). Karakternya dapat dengan mudah dikenali dari sayap besarnya yang memungkinkan Vulture untuk terbang tinggi dan melesat. Dia juga biasanya diperlihatkan mempunyai paruh dan cakar tajam dari burung bangkai yang bisa mengoyak mangsa atau musuh-musuhnya, termasuk Spider-Man.

Berbeda dari versi utama di Marvel Comics dan juga versi MCU yang menggunakan teknologi untuk terbang, Vulture di Spider-Verse 2 nanti terlihat mempunyai kostum villain yang lebih tradisional dengan teknologi mekanis yang serba manual. Misalnya benang-benang yang tersambung langsung pada sayap besarnya. Menurut informasi resmi terkait karakternya, dia adalah varian Adrian Toomes dari era Renaissance sekitar abad ke-14. Villain yang disuarakan oleh Jorma Taccone ini sempat terlihat di trailer Spider-Verse 2 tengah melakukan penyerangan terhadap sejumlah Spider-People.

Spider-Man 2099 & Spider-People

Terakhir, karakter yang dipastikan akan berseberangan dengan Miles Morales, mungkin sebagai secret villain di Spider-Verse 2, adalah Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099. Perselisihannya dengan Miles sebenarnya sudah disinggung juga di trailernya. Di mana Spider-Man 2099 yang menjalankan Spider Lobby menyuruh para Spider-People lainnya untuk menangkap Miles. Meskipun Spider-People lain terlihat langsung menuruti arahan Spider-Man 2099, ada beberapa variannya yang tampaknya masih membela Miles, seperti Peter B. Parker dan Spider-Gwen yang sempat melakukan misi bersama di film pertama.

Alasan mengapa Spider-Man 2099 sangat marah tidak lain adalah karena Miles bersikukuh bahwa dia bisa menentukan takdirnya sendiri. Menurutnya, tidak semua Spider-Man harus mempunyai kisah sama yang di dalamnya selalu ada pengorbanan dari orang terdekat. Di sisi lain Spider-Man 2099 merasa bahwa keegoisan Miles tersebut dapat mengancam kestabilan multiverse, seperti yang dilakukan oleh Spider-Man MCU di No Way Home. Sebagian besar trailer Spider-Verse 2 sendiri lebih banyak menempatkan Spider-Man 2099 sebagai villain yang mau tidak mau harus berselisih dengan cara pandang Miles Morales.

Itulah para villain tangguh yang kemungkinan besar akan jadi ancaman serius bagi Miles di Spider-Verse 2 nanti. Spot dan Vulture adalah dua villain klasik Marvel yang kehadirannya dapat memberi warna menarik pada petualangan Miles, khususnya Spot yang jarang dihadirkan di luar semesta komik. Sedangkan untuk Spider-Man 2099, dia sepertinya akan menjadi villain hanya pada beberapa titik cerita, sebelum akhirnya bisa menerima argumen Miles melalui sejumlah pertarungan. Aksi dari para villain ini akan segera bisa kita saksikan saat film Spider-Verse 2 tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 31 Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.