Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang tayang perdana pada bulan Februari lalu adalah tayangan pembuka di Fase 5 Marvel Cinematic Universe. Di film garapan sutradara Peyton Reed ini Ant-Man bersama Wasp, Cassie Lang, Hank Pym dan Janet van Dyne diceritakan harus berhadapan dengan salah satu varian Kang yang menguasai Quantum Realm. Sekarang setelah hampir tiga bulan berlalu, sebuah gambar konsep resmi untuk Quantumania kembali mengungkap desain awal kostum Ant-Man dan keluarga supernya.

Meskipun Quantumania bukan merupakan film MCU yang berhasil memenuhi ekspektasi semua orang, setidaknya desain dan visual efek yang disajikan di dalamnya terbilang cukup apik untuk kita saksikan. Di mana kita bisa melihat penampilan keren dari keluarga super Ant-Man dan juga para villainnya, seperti Kang dan MODOK. Namun tahukah kalian bahwa apa yang kita lihat di filmnya sebenarnya telah melalui proses seleksi desain yang cukup panjang. Di mana ternyata ada salah satu gambar konsep Quantumania yang sempat mengusung ide kostum astronaut untuk Ant-Man, Wasp, Cassie, dan yang lainnya.

Gambar konsep yang bisa kita lihat di atas baru saja dibagikan langsung oleh Director of Visual Development Marvel Studios, Andy Park, melalui akun Instagram pribadinya. Desain kostum Ant-Man dan keluarga supernya yang batal tampil di film Quantumania ini terlihat mempunyai helm eksternal yang mungkin awalnya dimaksudkan untuk melindungi mereka dari lingkungan keras Quantum Realm. Menurut Andy Park kostum para superhero yang sekilas seperti versi animasi ini disebut ‘Quantum Suit’ pada saat praproduksi filmnya.

Salah satu alasan mengapa kostum ini akhirnya ditolak oleh Marvel Studios mungkin karena fungsi dan penampilannya yang sedikit kontrafiktif dengan ceritanya. Mengingat Ant-Man yang lainnya masih ke Quantum Realm secara tiba-tiba dan tanpa persiapan, cukup aneh jika mereka semua mempunyai kostum yang seakan-akan sudah dipersiapkan sebelumnya. Padahal sejak awal Janet van Dyne melarang semua anggota keluarganya untuk melakukan kontak dengan Quantum Realm karena masa lalunya.

Di sisi lain gambar konsep Quantumania yang memperlihatkan kostum alternatif Ant-Man dan keluarga supernya ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Yang mungkin akan cukup menarik jika suatu hari nanti dapat dipakai dan dieksplor lebih jauh jika mereka semua ingin kembali ke Quantum Realm pada masa mendatang. Bagi yang belum sempat menontonnya di bioskop, saat ini Ant-Man and The Wasp: Quantumania sudah bisa kalian saksikan di layanan streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.