Tinggal menghitung hari sampai akhirnya film Spider-Man: Across the Spider-Verse alias Spider-Verse 2 tayang perdana di seluruh bioskop dunia. Filmnya sendiri akan bercerita tentang petualangan Miles Morales alias Spider-Man di multiverse, di mana dia bertemu dengan para Spider-People. Namun berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, hubungan antara Miles dan Spider-People khususnya Spider-Man 2099 tidak akan baik-baik saja. Salah satu alasannya mungkin karena Miles tidak datang dengan damai, melainkan rela hancurkan multiverse di Spider-Verse 2 demi selamatkan ayahnya. Begini teorinya, Geeks.

Jadi Musuh Para Spider-People

Trailer teranyar Spider-Verse 2 dimulai dengan adegan di mana tiga varian Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland berbicara tentang pengorbanan. Namun ketika cuplikan selanjutnya memperlihatkan sudut pandang Miles, dia justru merasa yakin bahwa di multiverse ada “satu Spider-Man yang bisa mengubah takdirnya.” Maksud dari perkataan Miles di sini, mungkin dia merasa yakin bahwa takdirnya bisa lebih baik dari Spider-People lain, di mana dia tidak harus merasalah kehilangan orang yang terdekat yang sangat disayangnya.

Kalimat Miles tersebut terdengar langsung dibantah oleh Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099 yang terlihat mengelola ‘lobby’ Spider-Verse di trailernya. Menurutnya menjadi seorang Spider-Man “adalah tentang pengorbanan,” dan seandainya Paman Ben tidak mati maka Spider-Man tidak akan pernah ada. Sepakat dengan dengan Spider-Man 2099, Peter B. Parker yang sebelumnya membantu Miles di film pertama juga mengatakan pilihan yang harus diambil seorang Spider-Man adalah antara “menyelamatkan seseorang atau seluruh dunia,” dalam hal ini multiverse.

Sayangnya pendirian Miles masih tetap kuat, di mana dia merasa bahwa seorang Spider-Man bisa menyelamatkan semuanya tanpa pengorbanan. Hal ini lantas membuat Spider-Man 2099 geram dan langsung menyiarkan pengumuman di akhir trailernya bahwa semua Spider-People harus memburu Miles. Hal tersebut terpaksa dilakukan karena Spider-Man 2099 merasa bahwa cara pandang Miles justru malah berpotensi hancurkan multiverse di Spider-Verse 2. Dengan berakhirnya trailer tersebut, diduga kuat alasan mengapa Miles bersikukuh adalah karena dia ingin menghidupkan kembali ayahnya yang telah mati.

Apakah Ayah Miles Mati di Spider-Verse 2?

Untuk saat ini memang tidak ada bocoran plot yang menyebutkan bahwa ayah Miles, Jefferson Davis, akan mati di Spider-Verse 2. Namun berdasarkan sejumlah teaser dan trailernya, ada sebuah adegan yang memperlihatkan Jefferson terlihat menggantung di ujung gedung sambil berpegang pada sebuah kayu. Sejuruh kemudian, kayu tersebut patah dan Jefferson terlihat jatuh bebas dari ketinggian sambil diikuti Miles yang tidak bisa mengejarnya. Adegan tersebut mirip seperti ketika Spider-Man versi Andrew Garfield kehilangan Gwen Stacy menjelang ending film The Amazing Spider-Man 2.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana nasib Jefferson di film Spider-Verse 2 nanti. Namun bukan tidak mungkin dia akan menjadi ‘pengorbanan’ yang mau tidak mau harus dialami oleh Miles, seperti Spider-Man lain. Berbeda dengan kisah komiknya, di video game Marvel’s Spider-Man sendiri menceritakan bagaimana akhirnya kematian Jefferson menjadi alasan kuat bagi Miles untuk menjadi superhero. Nah jika Spider-Verse 2 nanti punya arah yang sama seperti video gamenya, mungkin inilah awal Miles rela hancurkan multiverse agar tidak ada orang terdekatnya yang menjadi bukti pengorbanan seorang Spider-Man.

Miles Berpotensi Menjadi Penjahat Multiverse

Jika benar ayahnya akan mati di Spider-Verse 2, dan Miles bersikukuh ingin menjadi satu-satunya Spider-Man yang bisa mengubah takdir, mungkin satu-satunya cara yang harus dia lakukan adalah melawan para Spider-People walaupun hal tersebut berpotensi hancurkan multiverse. Ambisi seperti ini sebenarnya terbilang cukup lumrah di dunia superhero, sebut saja Flash dari DC yang rela melakukan perjalanan waktu ke masa lalu walaupun harus kehilangan dunia dan orang-orang terdekatnya, atau Scarlet Witch di MCU yang rela menjadi musuh banyak orang agar bisa kembali bersama anak-anaknya.

Di Spider-Verse 2 nanti bisa saja Miles menemukan cara untuk kembali ke masa lalu setibanya di lobby Spider-Verse. Atau mungkin Miles akan menemukan sebuah semesta di mana dia bisa melihat ayahnya yang masih hidup. Terlepas dari apa pun penyebab kematian ayahnya, jika benar Miles berambisi ingin mengembalikannya, dia bisa melakukan cara-cara di atas agar bisa kembali bersama orang-orang yang disayangnya, walaupun hal tersebut harus membuatnya menjadi penjahat multiverse yang harus segera dicegah oleh Spider-Man 2099 dan para Spider-People. Bagimana menurut kalian, Geeks?

Sekian teori tentang potensi Miles yang akhirnya rela hancurkan multiverse di Spider-Verse 2 demi mengubah takdirnya. Perlu kita ingat juga bahwa Spider-Verse 2 sudah dipastikan akan memiliki sekuel berjudul Beyond the Spider-Verse. Jadi jika benar Miles hancurkan multiverse di film kedua, mungkin dia akan berusaha mengembalikannya di film ketiga, kurang lebih mirip seperti premis film Avengers: Infinity Wars dan Endgame. Kita lihat saja nanti bagaimana kebenarannya saat film Spider-Verse 2 tayang perdana pada 2 Juni nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.