Menjelang perilisan Marvel’s Spider-Man 2, Marvel Comics dan Imsoniac Games baru saja merilis sebuah komik prekuel yang mengarah pada kisah video gamenya nanti. Nah di komik ini duo Spider-Men‘ Peter Parker dan Miles Morales harus menghadapi ancaman baru dari villain seperti Tarantula dan The Hood. Menariknya setelah keduanya berhasil dikalahkan, di komik prekuel ini Peter diperlihatkan mengantongi sebuah artefak yang disebut Lifeline Table. Artefak inilah yang berpotensi memberikan kekuatan luar biasa kepada Peter dan sangat mungkin menjadi plot point di game Spider-Man 2 nanti!

Rekap Komik Prekuel Spider-Man 2

Komik prekuel Marvel’s Spider-Man 2 dibuka dengan kemunculan duo Spider-Men’ Peter dan Miles yang unjuk kekuatan dengan meringkus Tarantula. Pada saat yang bersamaan Mary Jane tengah diejek oleh J. Jonah Jameson dalam acara podcast karena buku barunya tidak laris terjual. Selanjutnya sebagian besar kisah komik ini berfokus pada hubungan Peter, MJ, dan juga Miles, yang berjuang bersama untuk mengungkap kasus pencurian The Hood. Berbeda dengan versi komiknya, Hood di sini ternyata tidak punya kekuatan sihir dan hanya menggunakan teknologi peninggalan Tinkerer untuk mencapai tujuannya.

Tujuan Parker Davis Robbins alias Hood bersama para anteknya tidak lain adalah mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya agar bisa membeli sebuah artefak sihir. Siapa sangka ternyata tujuan utama Hood adalah menggunakan artefak yang disebut Lifeline Tablet untuk menyebuhkan penyakit kanker ibunya. Sayangnya walaupun Hood sudah mendapatkan dan membaca mantra yang ada di Lifeline Tablet, tetapi ibunya tetap tidak bisa sembuh. Setelah sempat bertarung di hadapan orang sakit, duo Spider-Men dan Hood akhirnya sepakat bahwa yang terpenting adalah momen terakhir bersama orang tercinta.

Hood pun akhirnya menyerahkan diri setelah ibunya meninggal, sementara Peter dan Miles yang sebelumnya membantu Hood menahan polisi, akhirnya berhasil menyelesaikan misinya di ending komik prekuel. Nah pada adegan sebelum ini Hood sebenarnya telah memberikan Lifeline Tablet kepada Peter, tetapi dia tidak terlihat memberikannya kepada pihak berwajib. Sehinga bukan tidak mungkin di game Spider-Man 2 nanti Peter akan menemukan cara yang tepat untuk mengakses kekuatan Lifeline Tablet, yang konon dapat menyembuhkan semua penyakit bahkan membangkitkan orang mati.

Lifeline Tablet di Marvel Universe

Di Marvel Universe sendiri Lifeline Tablet adalah salah satu artefak paling kuat dan misterius yang menjadi perebutan banyak orang, termasuk villain seperti Silvermane, Hammerhead, dan Kingpin. Pertama kali diceritakan di komik Amazing Spider-Man #68 (1968), disebutkan bahwa Lifeline Tablet diukir pada batu oleh bangsa Atlantis pada Zaman Hyborian sekitar 12.000 tahun yang lalu. Karena jarak waktu yang terbentang sangat jauh, sedikit sekali yang mengetahui cara menggunakan Lifeline Tablet. Itulah mengapa Hood gagal menyembuhkan ibunya di komik prekuel Marvel’s Spider-Man 2.

Faktanya di komik sendiri yang tertulis di Lifeline Tablet bukanlah mantra, melainkan formula biokimia untuk menciptakan serum Lifeline. Nah serum itulah yang nantinya bisa digunakan untuk menyembuhkan, membuat penggunanya awet muda, memberikan kesempatan untuk mencapai evolusi tertinggi, dan juga mengubah zombie kembali menjadi manusia seperti yang disinggung di komik Marvel Zombies Return (2009). Jika Peter di game Spider-Man 2 mendatang menemukan cara untuk mengakses kekuatan Lifeline Tablet yang sesungguhnya, dia mungkin akan memiliki kemampuan penyembuh.

Jadi Plot Point di Game Spider-Man 2?

Seperti yang sempat disinggung di komik prekuel Marvel’s Spider-Man 2, Peter adalah sosok yang jauh lebih percaya sains daripada sihir. Artinya jika di gamenya nanti Peter membaca secara seksama tulisan yang terukir di Lifeline Tablet, mungkin dia akan sadar bahwa artefak yang ada di tangannya berisi tentang forrmula biokomia. Sebagai seorang ilmuwan muda, Peter pasti bisa menggunakan formulanya untuk membuat serum berharga yang dapat memberikan kekuatan baru di game Spider-Man 2. Misalnya ketika mati karena darahnya habis, Peter atau Miles bisa langsung bangkit kembali karena serum Lifeline.

Tidak mustahil juga serum Lifeline ini nantinya akan menjadi elemen penting dalam plot game Spider-Man 2. Dengan efeknya yang dapat menyembuhkan bahkan menghidupkan orang mati, mungkin nantinya para villain di gamenya akan berlomba-lomba untuk mendapatkan serum Lifeline. Hal ini sama seperti serum Devil’s Breath yang jadi plot point di game pertama Marvel’s Spider-Man. Kuncinya adalah jika Peter benar-benar masih menyimpan Lifeline Tablet dan kemudian menemukan cara yang tepat untuk mengakses kekuatan artefak tersebut di game Spider-Man 2 mendatang.

Sekian pembahasan tentang Peter Parker yang berpotensi mendapatkan kekuatan baru untuk menyembuhkan dan bangkit dari kematian di game Spider-Man 2. Meskipun cerita komik prekuelnya selesai dengan jelas, dan para pemain tidak diwajibkan untuk membacanya sebelum memainkan Spider-Man 2 nanti, tetapi bukan tidak mungkin Marvel dan Imsoniac diam-diam memasukan elemen yang sangat berpengaruh pada gamenya nanti. Salah satunya adalah artefak Lifeline Tablet yang nasibnya mungkin akan terungkap saat game Marvel’s Spider-Man 2 rilis pada Musim Gugur tahun ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.