Berdiri sejak tahun 2008, saat ini Marvel Cinematic Universe berusia sekitar 15 tahun dan jauh lebih besar dari sebelumnya. Di mana saat ini terhitung sudah ada 32 film layar lebar, delapan serial, dan dua tayangan spesial MCU yang dirilis oleh Marvel Studios atas seizin presiden Marvel Studios Kevin Feige. Namun tahukah kalian Geeks, menurut sebuah laporan terbaru terlepas dari semua tayangan MCU yang bisa kita lihat, ternyata selama ini ada empat deleted scene dari film pertama Iron Man yang dilarang tayang oleh Feige.

Sebagai pengingat, sebenarnya deleted scene dari sebuah film adalah sesuatu yang sangat lumrah terjadi di industri perfilman Hollywood, tanpa terkecuali MCU. Entah karena dianggap tidak terlalu berdampak pada cerita atau karena alasan lainnya yang lebih beragam, tidak jarang juga deleted scene tersebut pada akhirnya tetap diungkap kepada publik melalui format Director’s Cut, footage behind-the-scene, atau bahkan potongan adegan yang dibagikan di media sosial. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku untuk empat deleted scene Iron Man yang filmnya tayang perdana pada tahun 2008 silam.

Informasi resmi tentang deleted scene yang sengaja disembunyikan Kevin Feige ini datang langsung dari produser film Iron Man, Jeremy Latcham. Dalam sesi wawancaranya dengan Screen Rant, Latcham mengatakan “Masih ada tiga atau empat deleted scene dari [Iron Man] yang menurut saya tidak akan pernah dirilis karena sangat buruk. Saya ingat Kevin mengatakan kepada saya pada tahun 2012, Tidak, kita tidak bisa memasukan [adegan] Abu melakukan laundry. Orang-orang akan tahu kita tidak tahu apa yang kita lakukan. Akan sangat memalukan jika mereka melihat adegan ini.”

Meskipun tidak mengungkap semua deleted scene yang dimaksud, tetapi Latcham menjelaskan bahwa salah satunya adalah adegan di mana Tony Stark diperintahkan untuk mencuci pakaian organisasi teroris Ten Rings yang menculiknya di Afganistan. Tony kemudian diam-diam melucuti onderdil mesin cuci dan nantinya akan dia gunakan untuk menciptakan armor Iron Man Mark I.

Mengingat Iron Man adalah film pertama MCU, cukup masuk akal jika di dalamnya masih ada sejumlah adegan yang kurang penting karena tim kreatif Marvel Studios sendiri masih belum mempunyai pengalaman sebanyak sekarang. Cukup bijak bagi Kevin Feige untuk melarang pengungkapan empat deleted scene tersebut kepada para penggemar MCU. Dan bukan tidak mungkin juga deleted scene Iron Man adalah sebagian kecil ‘aib’ Marvel Studios yang sampai hari ini mereka sembunyikan demi kebaikan bersama.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.