Dengan berakhirnya Infinity Saga pada tahun 2019, banyak yang sepakat bahwa hal tersebut sekaligus menandai akhir eksistensi Thanos di Marvel Cinematic Universe. Namun pada kenyataannya sang Mad Titan ternyata sempat kembali lagi diceritakan di Multiverse Saga dengan kisah time travel atau semesta alternatif. Hal inilah yang kemudian membuat para penggemar makin merindukan sosoknya dan penasaran apakah big bad villain yang diperankan oleh Josh Brolin ini bisa kembali juga di semesta utama. Jika merujuk pada cerita Marvel Universe, begini cara Thanos versi utama bisa bangkit kembali di MCU!

Eksistensi Thanos di MCU Sekarang

Terakhir kali Thanos versi utama terlihat di MCU adalah ketika dia masih berstatus sebagai big bad di film Avengers: Endgame. Di mana dia awalnya diperlihatkan tengah menghabiskan masa pensiunnya di Planet 0259-S atau yang disebut juga Garden, pasca memusnahkan setengah kehidupan galaxy menggunakan Inifnity Stones. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi para Avengers untuk meringkus bahkan membunuh Thanos yang sudah tidak punya ambisi ini. Pada titik inilah terungkap bahwa dia telah menghanccurkan semua Infinity Stones agar tidak lagi digunakan oleh lain.

Di akhir film Endgame, varian Thanos masa lalu diperlihatkan mengikuti para Avengers ke semesta utama melalui Quantum Realm. Bersama pasukan Black Order-nya, dia lantas bertempur dengan para superhero utama MCU di Avengers Compound dan kali ini sangat berambisi untuk memusnahkan ‘semua’ kehidupan di alam semesta. Untungnya, pada detik-detik terakhir, Iron Man berhasil merebut Infinity Stone masa lalu dari tangan Thanos dan menggunakannya untuk memusnahkan sang Mad Titan dan semua anteknya. Sebagai bayarannya, Iron Man juga diperlihatkan harus mati karena efek dahsyat Infinity Stones.

Ketika memasuki awal Multiverse Saga, kita juga sempat diperlihatkan pada sejumlah varian Thanos di serial animasi What If…? (2021) dan juga film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022). Semua kemunculan melalui peristiwa time travel dan semesta alternatif tersebut membuktikan bahwa bahwa kisah Thanos di MCU mungkin masih panjang. Yang lebih menariknya lagi, sekalipun tidak menggunakan premis time travel dan semesta alternatif, Thanos bisa saja bangkit di semsta utama MCU, seperti yang sering terjadi di Marvel Universe.

Berkali-kali Mati dan Bangkit di Komik

Di Marvel Universe sudah menjadi rahasia umum bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya. Selalu ada cara bagi villain seperti Thanos untuk bangkit, di mana hal tersebut sangat mungkin diadaptasi juga di versi live action MCU. Faktanya di komik sendiri Thanos sangat dibenci oleh entitas yang disukainya yaitu Death. Karena menurutnya pendekatan yang dilakukan Thanos terlalu menyebalkan, di mana dia bahkan rela memusnahkan setengah kehidupan di alam semsta yang tidak diminta oleh Death. Hal inilah yang kemudian membuat Thanos selalu bangkit kembali karena Death tidak menginginkannya.

Banyak sekali peristiwa di Marvel Universe yang menceritakan kematian sekaligus kebangkitan Thanos. Misalnya saat Dewi Kematian Asgard’ Hela dan adik Thanos yang bernama Eros alias Starfox berusaha mencuri jasad dan membangkitkan sang Mad Titan di peristiwa ‘Final Gauntlet’, tepatnya di komik Guardians of the Galaxy Vol 5 (2019). Setelah sempat bangkit sebagai mayat hidup, Beta Ray Bill dan tim Guardians lantas menggunakan senjata black hole untuk kembali membunuh Thanos bersama Hela dan para anteknya.

Dalam penampilan terbarunya di komik Thanos: Death Notes (2022), arwah sang Mad Titan di Tower of Death diceritakan kembali bertemu dengan Death dan bertanya bagaimana dia bisa melayaninya kali ini. Death lantas memberitahu Thanos bahwa dia membutuhkan kemampuannya untuk mengembalikan keseimbangan Marvel Universe yang menurutnya belakangan ini lebih banyak kehidupan daripada kematian. Kisah yang terbilang cukup singkat ini mengindikasikan bahwa Death ingin membangkitkan Thanos agar dia bisa kembali menyebabkan banyak kematian di alam semesta.

Cara Thanos Bangkit di Semesta Utama MCU

Berdasarkan kisah komiknya, sebenarnya tidak mustahil juga bagi Thanos versi live action untuk bangkit kembali di semesta utama MCU. Lantas bagaimana caranya? Tahun lalu film Thor Love and Thunder secara tidak langsung telah mengonfirmasi keberadaan sejumlah entitas kosmik Mahakuasa di MCU melalui deretan patung yang berada di Gates of Eternity. Salah satunya adalah patung Death yang sama seperti di komik. Artinya jika Death merasa kehidupan di MCU lebih banyak dari kematian, bukan tidak mungkin dia akan kembali membangkitkan Thanos untuk mengembalikan keseimbangan alam semesta utama.

Selain itu MCU juga belum pernah menceritakan secara jelas bagaimana kelanjutan dari jasad Thanos utama yang dibunuh oleh Avengers di film Endgame. Jadi bisa saja suatu hari nanti ada sejumlah villain yang mencoba membangkitkan Thanos menggunakan jasadnya, seperti yang dilakukan oleh Hela dan Eros di komik. Bagiamanapun caranya nanti, potensi kebangkitan Thanos ini setidaknya dapat membuat Multiverse Saga makin meriah. Dengan catatan saat Thanos utama bangkit, posisinya tetap berada satu tingkat di bawah Kang the Conqueror yang sekarang menyandang status big bad villain baru di MCU.

Sekian pembahasan tentang cara Thanos bangkit dan penerapannya di semesta utama MCU. Pembahasan teori dalam artikel ini dapat menjadi jawaban bagi orang-orang yang mungkin selama ini merindukannya dan merasa “Thanos was right.” Di sisi lain kebangkitan Thanos juga dapat dimanfaatkan oleh Marvel Studios untuk membuktikan kekuatan big bad villain Kang the Conqueror yang sesungguhnya. Di mana Kang mungkin bisa diperlihatkan membunuh Thanos dengan mudah. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.