Terdapat penjelasan mengenai ending dari game Star Wars Jedi: Survivor untuk Geeks yang masih bingung dengan cerita di akhir gamenya. Jadi sekuel dari game Fallen Order, Star Wars Jedi: Survivor merupakan game yang dinanti-nanti oleh para fans dan juga penggemar franchise Star Wars. Resmi dirilis pada akhir April kemarin, Star Wars Jedi: Survivor kembali menghadirkan sosok Cal Kestis.

Cal kali ini berpetualang dengan alur cerita yang baru dan berbeda, di mana para fans diajak untuk lebih jauh mengenal sosok Cal Kestis dalam dunia Star Wars. Gamenya juga banyak menghadirkan mekanisme baru dan juga berbagai fitur yang banyak direspon baik oleh para fans. Tidak lupa juga banyak kejutan yang muncul di akhir cerita gamenya. Berikut adalah penjelasan ending dari game Star Wars Jedi: Survivor.

Berbagai Twist Di Akhir Game

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak kejutan yang disuguhkan oleh Star Wars Jedi: Survivor di akhir gamenya. Contohnya adalah pengkhianatan yang dilakukan oleh rekannya sendiri yaitu Bode Akuna. Di sepanjang gamenya, Cal tidak berpetualang sendiri. Semenjak bertemu dengan Bode Akuna, mereka berdua kemudian berpetualang bersama-sama. Bode sendiri adalah karakter baru yang diperkenalkan di gamenya.

Meskipun begitu, dalam gamenya diceritakan jika Bode dan Cal sudah sejak lama menjadi rekan. Mereka bahkan sudah sering menjalankan misi bersama sejak game sebelumnya. Namun, kejutan kemudian muncul ketika fakta mengenai Bode terkuak. Dia ternyata adalah mata-mata bagi pihak Empire. Bahkan, ternyata Bode juga merupakan mantan Jedi yang selamat dari peristiwa mengerikan Order 66.

Saat itu, Bode kabur dari kejaran pihak Empire. Dan dalam persembunyiannya dia kemudian jatuh cinta terhadap seorang gadis di mana mereka kemudian melahirkan seorang anak perempuran yaitu Kata. Pihak Empire akhirnya menemukan posisi Bode dan akhirnya menghabisi nyawa istrinya. Bode kemudian menjalin kesepakatan dengan pemimpin Imperial Intelligence.

Kesepakatan tersebut meminta pihak Empire tidak menghabisi atau menganggu anaknya, Kata. Sebagai timbal baliknya, Bode akan jadi mata-mata bagi pihak intelijen Empire. Ketika Bode berpetualang bersama Cal mereka kemudian mengetahui tentang Tanalorr, sebuah planet tersembunyi yang kemudian menjadi markas dari para pasukan Resistance. Bode sendiri melihat planet tersebut sebagai harapan di mana dia dan putrinya bisa tinggal dan bersembunyi dari pihak Empire.

Sayangnya, Bode akhirnya menunjukan sisi jahatnya di mana dia menghabisi nyawa Eno Cordova untuk mencuri kompas menuju Tanalorr. Parahnya lagi, Bode bahkan memanggil pihak Empire untuk menghancurkan semuanya. Cal sendiri berusaha untuk mengalahkan Bode, namun ternyata Bode merupakan pengguna kekuatan Force dan memiliki lightsaber berwarna merah.

Cal Hampir Pindah ke Dark Side

Apa yang terjadi kepada Bode membuat Cal berusaha untuk menyelesaikan semuanya. Dia pun kemudian pergi ke markas biro keamanan Empire (ISB) di mana dia kemudian bertemu dengan Kata. Namun, ternyata itu adalah jebakan yang sengaja dilakukan oleh Bode. Cal pun kemudian bertemu dengan Denvik, yang jadi kepala pengawas dari organisasi tersebut.

Denvik ternyata adalah sosok yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi kepada Bode, di mana dialah yang menjalin kesepakatan dengan Bode. Cal sendiri hampir saja berubah menjadi jahat dengan hampir menghabisi nyawa Denvik. Beruntung, Merrin berhasil menenangkan Cal. Dia pun kemudian berhadapan dengan puluhan ISB ketika hendak mengejar Bode.

Meskipun gagal untuk menghabisi nyawa Denvik, Dark side dalam diri Cal akhirnya muncul saat berhadapan dengan para pasukan tersebut. Dia justru membiarkan Dark Side dalam dirinya untuk muncul sebagai tambahan kekuatan untuk menghadapi semuanya. Bode sendiri pada akhirnya berhasil pergi ke planet Tanalorr bersama dengan Kata dengan memanfaatkan kompas yang dia curi.

Di akhir ceritanya, Cal dan beberapa karakter lain akhirnya berhasil menuju Tanalorr berkat bantuan dari Zee. Cal dan Bode akhirnya bertarung satu sama lain, setelah Cal memberikan kesempatan bagi Bode untuk menyerah. Namun, Bode justru memutuskan untuk tidak melakukannya dan menyerang Cal. Ketika Bode hampir menang, Cal lagi-lagi memanfaatkan Dark Side dalam dirinya untuk bangkit.

Dan pada akhirnya, Cal berhasil mengalahkan Bode. Cal kembali memberikan kesempatan untuk menyerah, namun kembali Bode memutuskan untuk menyerang Cal. Ketika keduanya hendak melakukan duel, blaster milik Bode tidak berfungsi yang akhirnya memberikan Cal kesempatan untuk menghabisi Bode.

Cal dan Kata

Setelah apa yang terjadi dengan Cal dan Bode, bagaimana dengan nasib karakter lainnya? Para kru dari The Mantis dipastikan akan menempati Tanalorr dan mengubah planetnya menjadi markas dari mereka yang ingin berlindung dari empire. Sedangkan Cal sendiri akan menjadi penjaga Kata bersama dengan yang lain. Seperti yang ghost-force Cere ingatkan di akhir cut scene, bahwa Cal harus memandu Kata melewati kegelapan, yang berarti Kata bisa saja terjerumus ke pihak dark side. Cut scene tersebut diakhiri dengan close up ke arah lightsaber Cere Junda yang kemungkinan akan jadi milik Kata.

Selain cerita tentang Kata, jika kemudian EA akan menghadirkan game selanjutnya kemungkinan mereka akan mengeksplor Dark Side Force yang ada di dalam diri Cal. Di sepanjang gamenya, Cal tidak jarang berusaha untuk mengendalikan dirinya dari amarah dan hal negatif lainnya. Mungkin, di game ketiganya Cal akan benar-benar membiarkan Dark Side mengalir dalam dirinya dan mengubahnya menjadi jahat. Bagaimana menurut kalian penjelasan ending Star Wars Jedi: Survivor ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.