Baru saja melakukan debutnya sebagai antagonis utama di film Guardians of the Galaxy Vol 3, High Evolutionary langsung mengukuhkan posisinya sebagai salah satu villain Marvel paling mengerikan. Sejak awal Evolutionary memang dikenal sebagai seorang ilmuwan super jenius yang memfokuskan sebagian besar eksperimennya untuk evolusi. Itulah mengapa pada akhirnya High Evolutionary berhasil menciptakan sejumlah bangsa baru.

Karena akan mengandung spoiler minor terkait Guardians of the Galaxy Vol 3, jika kalian belum menyaksikan filmnya sangat tidak disarankan untuk membaca artikel ini terlebih dahulu ya, Geeks. So, baik di MCU maupun di komik, bangsa apa saja yang tercatat sebagai ciptaan High Evolutionary? Mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini!

New Immortal

Pertama kali diperkenalkan di komik Mighty Thor #422 (1990), New Immortal adalah salah satu bangsa ciptaan High Evolutionary yang bermula dari keinginannya untuk menciptakan makhluk abadi seperti dewa. Kunci untuk menciptakan New Immortal sendiri Evolutionary dapatkan setelah dia melihat fenomena Black Galaxy saat terdampar di luar angkasa. Pada titik inilah dia lantas menggabungkan pengetahuan genetik dan evolusinya dengan teknologi Celestial untuk melahirkan New Immortal pertama, termasuk Analyzer, Juvan, Tagar, Nobilus, dan Zon, yang kekuatannya kurang lebih mirip seperti Eternal.

Animen

Animen atau New Men adalah bangsa ciptaan High Evolutionary yang terlahir setelah dia berhasil mendorong evolusi hewan secara paksa. Itulah mengapa setiap Animen pasti mempunyai fisik dan kecerdasan layaknya manusia dengan kekuatan hewan yang jauh lebih superior. Di komik Thor #133 (1966) Animen diceritakan sebagai mahakarya pertama Evolutionary yang kemudian dia tempatkan di planet ciptaannya Counter Earth, bersama keturunannya seperti Ani-Mutant. Sedangkan di MCU, Animen adalah bangsa yang lahir setelah Evolutionaru melakukan eksperimen kejam kepada sejumlah hewan malang, termasuk Rocket Raccoon dan Lylla the Otter.

Xeronian

Satu lagi bangsa yang terungkap sebagai ciptaan High Evolutionary di MCU adalah Xeronian. Meskipun MCU belum memperlihatkan seperti apa dunia dan kisah mereka, tetapi di komiknya Xeronian dikenal sebagai alien parasit yang awalnya hidup damai. Semuanya berubah setelah rajanya yang bernama Randau memutuskan untuk melakukan invasi ke planet lain dan meninggalkannya setelah menang. Melihat bahwa randau telah tumbuh menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi galaksi, para Xeronian berusah amenghanccurkan pesawat luar angkasa Randau yang malah membunuhnya juga.

Sovereign

Sovereign adalah bangsa original MCU yang melakukan debutnya di film Guardians of the Glaxy Vol 2 (2017). Dipimpin oleh seorang ratu bernama Ayesha, Sovereign digambarkan sebagai alien maju yang seluruh tubuh dan teknologinya berwarna emas. Ketika merasa dikhianati oleh Guardians di MCU, mereka lantas memutuskan untuk ‘merilis’ Adam Warlock dari kepompongnya. Di film Guardians of the Galaxy Vol 3 terungkap bahwa Sovereign adalah bangsa alien ciptaan High Evolutionary dan Warlock merupakan yang terbaik di antara mereka. Kekuatan Warlock sendiri memungkinkannya untuk terbang di luar angkasa tanpa alat bantu dan tentu saja kekuatan fisik yang sangat luar biasa.

‘Perfect Species’

Terakhir, masih belum diketahui secara pasti apa nama dari bangsa MCU yang baru diperkenalkan di film Guardians of the Galaxy Vol 3 ini. Yang jelas menurut High Evolutionary bangsa berambut putih ini adalah ‘perfect species’ yang jauh lebih baik dari Animen. Terbukti dari sosok anak kecil bernama Phyla yang terus bahagia dan tidak pernah merasa lelah walaupun melakukan aktivitas fisik untuk waktu yang lama. Di ending filmnya, spesies yang digadang-gadang paling sempurna ini diceritakan menjadi penduduk markas baru Guardian’ Knowhere. Sedangkan Phyla yang diduga superhero kosmik Phyla-Vell dari Marvel Comics, akhirnya menjadi anggota tim Guardian Galaxy baru di MCU.

Itulah berbagai bangsa yang diceritakan sebagai ciptaan High Evolutionary versi komik dan MCU. Untuk saat ini hanya New Immortal saja yang belum diperkenalkan di MCU, tetapi jika suatu hari nanti Evolutionary kembali, bukan tidak mungkin dia akan membawa bangsa dewa ini sebagai mahakarya terbaru sekaligus terbaiknya. Terlepas dari kebenarannya nanti seperti apa, yang jelas semua bangsa maju telah menjadi bukti bahwa Evolutionary adalah villain verdas yang ambisinya lain daripada yang lain. Tidak aneh jika pada akhirnya dia mengaku sebagai sosok yang mengambil alih tugas “Tuhan” di MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.