Guardians of the Galaxy Vol 3, atau yang sering disingkat GOTG 3, adalah film teranyar Marvel Cinematic Universe yang akan tayang lebih awal di bioskop Indonesia mulai besok Rabu, 3 Mei 2023. Filmnya sendiri bercerita tentang perjuangan tim Guardians yang mencoba melindungi salah satu anggotanya, Rocket Racoon, dari sepervillain High Evolutionary. Nah meskipun jadwal tayang dan premis filmnya sudah cukup jelas, ternyata tidak sedikit penggemar yang masih belum tahu kapan persitiwa GOTG 3 berlangsung. Untuk itu mari kita bahas timeline resmi film Guardians of the Galaxy Vol 3 di MCU.

Trikuel yang Hampir Batal

Sebelum membahas lebih dalam tentang timeline Guardians of the Galaxy Vol 3, mari kita mundur sedikit untuk mengingat kapan penampilan terakhir dari tim Guardians versi MCU ini. Setelah tampil memukau di dua film perdananya, Star Lord dan kawan-kawan kembali terlihat di film crossover Avengers yang berjudul Infinity Wars (2018) dan Endgame (2019). Di mana Guardians sempat memainkan peran penting dalam pertarungan melawan Thanos di Planet Titan. Sayangnya tidak lama setelah film  Infinity Wars rilis, Marvel Studios memecat sutradara James Gunn karena twit kontroversialnya di Twitter.

Pemecatan tersebut lantas membuat banyak penggemar khawatir dengan nasib film trikuel Guardians of the Galaxy yang telah dikembangkan oleh Gunn sejak tahun 2017. Untungnya di tengah isu pembatalan proyek filmnya, Marvel meralat keputusannya dan kembali merekrut Gunn sebagai sutradara GOTG 3, yang baru bisa melangsungkan produksinya dari akhir tahun 2021 sampai bulan Mei tahun lalu. Setelah itu tim Star Lord dan kawan-kawan kembali terlihat film Thor: Love and Thunder dan tayangan Disney+’ The Guardians of the Galaxy Holiday Special yang berlangsung sebelum timeline GOTG 3 di MCU.

Timeline GOTG 3 di MCU

Berbekal timeline singkat tentang perjalanan tim Guardians di atas, cukup jelas bahwa peristiwa Guardians of the Galaxy Vol 3 nanti merupakan bagian dari Multiverse Saga yang berlangsung sejak tahun 2021. Lantas di mana tepatnya letak peristiwa GOTG 3 pada timeline MCU? Untuk menjawab hal ini sutradara James Gunn sendiri sampai ‘turun gunung’ dan menjelaskan dengan cukup gamblang bahwa film teranyarnya terjadi dua tahun setelah peristiwa Avengers: Endgame. “Seperti ada jarak dua tahun antara Endgame dan Vol 3,” ungkapnya di Twitter.

Meskipun Gunn mengaku tidak terlalu memerhatikan timeline dari tayangan MCU lainnya, baik itu film layar lebar maupun tayangan serial, tetapi berdasarkan pernyataannya bisa kita simpulkan bahwa peristiwa GOTG 3 akan diceritakan berlangsung sekitar tahun 2025. Letak timeline ini didapatkan dari jarak dua tahun antara pasca Blip di ending Endgame yang berlangsung pada akhir tahun 2023 dengan Guardians of the Galaxy Vol 3 nanti. Lebih spesifik lagi, karena GOTG Special yang diperkirakan berlangsung pada Natal 2025, artinya GOTG 3 terjadi sekitar akhir tahun yang sama bahkan mungkin sampai awal 2026.

Dampak Timeline GOTG 3

Sebagai pengingat, sebelumnya di tayangan GOTG Special kita sudah lebih dahulu diperlihatkan pada deretan roster baru Guardians yang terdiri dari Star Lord, Rocket, Groot, Drax, Mantis, Nebula, Kraglin, dan Cosmo the Spacedog. Nah formasi baru Guardian tersebut (ditambah Gamora) dipastikan akan kembali dengan cerita dan karakter baru, seperti High Evolutionary, Adam Warlock, dan sejumlah cameo kejutan lain di film GOTG 3 nanti.

Karena GOTG 3 sudah dipastikan akan menjadi petualangan terakhir bagi tim Guardians yang dibentuk oleh James Gunn sejak tahun 2014 silam, dampak dari ending filmnya nanti mungkin akan membuka jalan bagi generasi baru Guardians. Di mana para karakter yang berhasil bertahan hidup sampai akhir film GOTG 3, baik anggota tim Guardians of the Galaxy maupun villainnya, setidaknya dapat menerusakan kisah mereka mulai tahun 2026 pada timeline MCU dan mungkin akan kembali di tayangan selanjutnya.

Sekian pembahasan tentang timeline Guardians of the Galaxy Vol 3 di MCU. Dari pembahasan kali ini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa film yang berlangsung pada akhir tahun 2025 sampai awal tahun 2026 pada timeline MCU ini merupakan film yang sekarang letaknya paling jauh di Multiverse Saga. Detail peristiwanya sendiri hanya bisa kita saksikan saat film Guardians of the Galaxy Vol 3 tayang di bioskop. So, catat tanggalnya, pesan tiketnya, dan jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.