Kita semua mungkin sudah tahu bahwa secara umum Marvel Universe adalah semesta komik superhero yang mengadaptasi dunia nyata. Walaupun begitu, untuk membuat setiap kisahnya terasa lebih menarik, tidak jarang juga Marvel justru sengaja menggabungkan elemen yang ada di dunia nyata dengan beberapa lokasi fiktif, seperti Wakanda, Atlantis, dan lain sebagainya. Yang lebih menariknya lagi, meskipun eksistensi dari sebagian besar lokasi fiktif tersebut telah terungkap kepada dunia, ternyata ada juga tujuh kota di Marvel Universe yang keberadaannya sangat rahasia, yaitu Seven Capital Cities of Heaven!

Kingdom of Spiders

Sesuai dengan namanya, Kingdom of Spiders merupakan kerajaan rahasia di Marvel Universe yang semua penduduknya tinggal di sebuah kota yang sepenuhnya tertutupi oleh jaring laba-laba. Sebagai bagian dari Seven Capital Cities of Heaven yang lokasinya tersebar sekaligus tersembunyi di penjuru dunia, Kingdom of Spiders yang sering ditemukan di Nepal ini hanya bisa diakses melalui sebuah gerbang mistis yang disebut Valley of Gates. Dan siapa pun yang masuk tanpa diundang biasanya akan langsung berhadapan dengan pelindungnya, sosok bernama Bride of Nine Spiders yang menguasai ilmu bela diri serta energi chi yang dapat memanipulasi kekuatan laba-laba.

K’un-Lun

Kota rahasia selanjutnya yang keberadaannya sangat tersembunyi di Marvel Universe adalah K’un-Lun. Kota paling terkenal di antara Seven Capital Cities of Heaven ini hanya membuka gerbang mistisnya yang berada di Tibet setiap sepuluh tahun sekali. Hal itu sengaja dilakukan oleh para penduduknya demi menjaga kesucian tempat mereka. Yang lebih hebatnya lagi selain akses yang sulit ditemukan, K’un-lun juga dilindungi oleh seorang penjaga khusus yang diberi julukan Iron Fist, seperti Daniel Rand. Di mana siapa pun yang akan menjalani tugas mulia ini harus lebih dahulu mengalahkan naga lengendaris Shou-Lao, yang menjadi sumber energi kehidupan bagi K’un-lun dan semua isinya.

K’un-Zi

Dipimpin oleh sosok bernama Crane Mother, K’un-Zi adalah kota rahasia di Marvel Universe yang hampir semua penduduknya menguasai Dark Magic. Crane Mother sendiri telah menjalankan salah satu kota dari Seven Capital Cities of Heaven ini selama berabad-abad, di mana dia melahirkan ribuan anak wanita yang dijuluki Crane Daughter dan sejumlah anak pria Crane Champion yang hanya lahir setiap 300 tahun sekali. Semua anak Crane Mother ini diharuskan untuk mendalami ilmu bela diri K’un-Zi, yang juga memungkinkan mereka untuk bersatu menjadi monster Crane raksasa dengan kaki dan leher yang sangat panjang.

Peng Lai

Sedikit berbeda dari Seven Capital Cities of Heaven yang lain, Peng Lai terbilang lebih terbuka kepada pendatang, itupun jika mereka berhasil menemukan pulaunya yang tak kasatmata. Selain dilindungi oleh pejuang tangguh yang dijuluki Cobra, Peng Lai juga bisa tetap eksis karena mendapatkan energi dari ular raksasa bernama Xiang Yao yang hidup di bawah pulaunya. Kehidupan di Peng Lai sendiri sangat beragam, dari keluarga kerajaan yang menjalani pemerintahan, kemudian ada juga para master kung-fu, sampai para peternak babi, yang semuanya hidup berdampingan dalam harmoni.

Tiger Island

Tiger Island adalah salah satu Seven Capital Cities of Heaven yang lokasinya dapat dengan mudah dikenali dari keindahan alam serta keramahan penduduknya. Di kota rahasia Marvel ini para penduduk wanitanya diceritakan akan melakukan apa pun demi para pria. Hal itu dengan sukarela mereka lakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para pria yang biasanya mempunyai peran untuk melindungi Tiger Island dari dunia luar. Walupun begitu, pelindung utama dari Tiger Island sendiri sebenarnya adalah seorang wanita perkassa yang dijuluki Tiger’s Beautiful Daughter yang kekuatan dan kecepatannya seni bela dirinya tidak masuk akal.

Z’Gambo

Sebagai satu-satunya Seven Capital Cities of Heaven yang berlokasi di Afrika, Z’Gambo merupakan kota rahasia Marvel yang tandus dan juga menyeramkan, di mana banyak tulang belulang yang berserakan di setiap sudut kotanya. Faktanya Z’gambo memang sering digambarkan tidak berpenghuni, dan mungkin tulang-tulang yang ada di kotanya tersebut adalah sisa-sisa dari penduduknya. Setelah menyepakati perjanjian damai dengan Wakanda, saat ini Z’Gambo sendiri ada di bawah perlindungan Prince of Orphan yang kekuatan utamanya mampu berubah menjadi kabut hijau dan berpindah-pindah dengan wujud mistisnya tersebut.

Under City

Kota rahasia terakhir yang ada di Marvel Universe adalah Under City, satu dari Seven Capital Cities of Heaven yang keberadaannya tersembunyi dari peradaban manusia lainnya. Walaupun begitu, pemimpin sekaligus pelindungnya yang dikenal sebagai Dog Brother sering diceritakan berkeliling dunia untuk mencari dan menyelamatkan sejumlah orang yang telah kehilangan arah, di mana mereka nantinya menjalani hidup dengan damai sebagai bagian dari Under City. Sesuai dengan namanya, Dog Brother sendiri mempunyai kemampuan bela diri yang tangguh serta menguasai energi chi yang dapat digunakan untuk mengendalikan anjing-anjing liar yang ada di sekitarnya.

Itulah tujuh kota rahasia alias Seven Capital Cities of Heaven yang eksis di Marvel Universe. Setiap 88 tahun sekali, semua kota ini akan diperlihatkan menyatu menjadi sebuah lokasi surgawi yang disebut Heart of Heaven. Nantinya para penjaga dari masing-masing kota, seperti Bride of Nine Spiders, Iron Fist, Crane Champion, Cobra, Tiger’s Beautiful Daughter, Prince of Orphan, dan Brother Dog, akan saling bertarung dalam sebuah turnamen bela diri. Walaupun begitu tidak jarang juga mereka justru saling bekerja sama untuk melindungi ketujuh kotanya dari bahaya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.