Selama lebih dari delapan puluh tahun, Marvel Universe telah menjadi rumah bagi banyak karakter heroik yang sangat populer, mulai dari superhero seperti Iron Man dan Doctor Strange, kemudian ada juga tim super sekelas Avengers dan X-Men, sampai keluarga super Fantastic Four. Di mana setiap superhero tersebut umumnya memiliki markas yang menjadi pusat operasi sebelum mereka menjalankan misi. Markas inilah yang kemudian menjadi tempat berlindung superhero sekaligus tempat strategis untuk melawan supervillain. Berikut ini lima markas superhero paling ikonis di semesta komik Marvel Universe!

Xavier’s School

Didirikan pertama kali oleh Charles Xavier di Westchester, New York, School for Gifted Youngsters adalah markas utama bagi tim superhero X-Men dan juga sejumlah mutant Marvel lainnya. Markas yang berfungsi sebagai sekolah ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, seperti ruang medis, laboratorium, cafetaria, ruang olah raga, dan bahkan ruangan khusus untuk mendeteksi mutant di muka Bumi yang disebut Cerebro. Yang lebih menariknya lagi markas ini juga mempunyai ruang bawah tanah rahasia yang digunakan sebagai pusat komando bagi para anggota X-Men sekaligus garasi untuk pesawat andalan mereka yang disebut Blackbird atau X-Jet.

SHIELD Hellicarrier

Helicarrier adalah markas bergerak berbentuk pesawat induk yang sengaja diciptakan secara khusus oleh organisasi SHIELD untuk para agennya. Sebagai pusat komando dan pangkalan militer, Helicarrier mampu menampung ratusan kru SHIELD dan juga banyak kendaraan tempur, mulai dari helikopter sampai pesawat jet. Markas ini juga dibekali dengan berbagai teknologi canggih, termasuk sistem pertahanan dan persenjataan yang membuatnya sulit untuk ditembus musuh. Selain sering digunakan oleh para agen SHIELD, Nick Fury juga terbilang sering menjadikan Helicarrier sebagai markas bagi para superhero Marvel yang berkerja sama dengan mereka.

Sanctum Sanctorum

Dari sekian banyak markas superhero Marvel, mungkin Sanctum Sanctorum adalah markas yang paling unik. Karena walaupun berada di tempat yang padat penduduk, yaitu di Greenwich, New York, tetapi Sanctum Sanctorum masih diselimuti banyak misteri. Hal tersebut bisa terjadi karena fungsi utama dari markas ini merupakan tempat tinggal bagi Sorcerer Supreme alias penyihir terkuat Marvel, seperti Doctor Strange. Meskipun dari luar terlihat seperti gedung kuno, tetapi di dalamnya ada banyak sekali teknologi canggih untuk mendukung profesi lain Strange sebagai dokter bedah. Belum lagi markas ini juga berisi perpustakaan besar yang berisi sejumlah buku ajaib dan artefak mistis.

Baxter Building

Baxter Building adalah markas keluarga super pertama Marvel, yaitu Fantastic Four, yang bisa dibilang paling ikonis dalam sejarah Marvel Comics. Karena sejak debut Fantastic Four sampai sekarang, Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing masih bertahan di Baxter Building yang berlokasi di Manhattan ini. Di markas inilah banyak penemuan dan teknologi canggih buatan Fantastic Four, khususnya Reed Richards alias Mister Fantastic, yang pada akhirnya difungsikan untuk menjaga Bumi dan memajukan peradaban manusia, mulai dari NegaPod untuk eksplorasi sains di Negative Zone, sampai Anti-Matter Injection System yang mampu mencegah tabrakan antar semesta.

Avengers Tower

Stark Tower yang kemudian berganti nama menjadi Avengers Tower adalah markas utama dari tim superhero andalan Marvel, Avengers. Menara yang terletak di pusat Kota New York ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, termasuk laboratorium canggih, pusat rekam medis, pusat komando Avengers untuk koordinasi misi, landasan untuk pesawat khusus Avengers yang disebut Quinjet, serta sejumlah kamar khusus bagi para superhero. Di Marvel Comics sendiri Avengers mungkin terbilang cukup sering berpindah-pindah markas, dari Avengers Compound sampai Avengers Mountain, tetapi jika dilihat dari segi keunikan dan kenyamanan sepertinya tidak ada yang dapat menyaingi Avengers Tower.

Itulah lima markas superhero paling ikonis dan paling populer dalam sejarah Marvel. Cukup jelas bahwa setiap markas ini memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing, yang pada akhirnya menjadikan semuanya makin dikenal dan relate dengan para penggemar. Jika tidak ada markas seperti ini, cerita superhero yang selama ini kita ikuti mungkin akan sangat berbeda, di mana para karakter favorit kita tidak akan mempunyai pusat komando untuk menyusun strategi agar bisa mengalahkan para musuhnya. Dari situlah bisa kita simpulkan betapa pentingnya markas superhero di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.