Dalam sejarahnya, baik versi Toho maupun MonsterVerse, sang King of Monsters Godzilla selalu dihadapkan pada sejumlah kaiju yang tidak kalah hebat darinya. Di mana sebagian besar lawannya ini digambarkan sebagai monster organik yang berasal dari dalam perut bumi atau luar angkasa. Namun, tahukah kalian Geeks bahwa selain jenis monster tersebut, Godzilla juga pernah berhadapan dengan kaiju robot yang umumnya lebih kuat dari kaiju biasa, karena mereka dilengkapi dengan berbagai macam teknologi canggih. Berikut ini lima kaiju robot yang pernah jadi lawan serius bagi Godzilla!

Mechagodzilla

Kaiju robot yang pertama dan yang paling populer di kalangan penggemar Godzilla adalah Mechagodzilla. Sesuai dengan namanya Mechagodzilla lebih sering digambarkan sebagai robot raksasa yang sengaja diciptakan oleh ilmuwan manusia untuk melindungi Jepang dari Godzilla. Selain mempunyai tubuh sekeras baja, Mechagodzilla juga dibekali dengan sejumlah persenjataan canggih mulai dari rudal jari, laser beam, sampai Proton Scream yang bisa menandingi Atomic Breath milik Godzilla. Versi MonsterVerse-nya yang debut di film Godzilla vs. Kong bahkan diceritakan mampu menandingi Godzilla dan King Kong sekaligus, karena pada dasarnya dia tercipta dari kaiju yang sangat kuat yaitu Ghidorah.

Mecha-King Ghidorah

Kurang lebih sama seperti Mechagodzilla versi MonsterVerse, pada dasarnya Mecha-King Ghidorah adalah kaiju robot yang sengaja dibangkitkan oleh manusia dengan teknologi sibernetik modern untuk menghadapi Godzilla. Bedanya Mecha-King Ghidorah ciptaan studio Toho ini digambarkan mempunyai tiga kepala Ghidorah, satu berbentuk mesin dan sisanya masih organik seperti kepala aslinya. Sejak awal Mecha-King Ghidorah memang dimaksudkan untuk menjadi kaiju yang lebih kuat dari Godzilla bahkan Ghidorah sendiri. Dan dengan tubuh robotnya ini dia mampu menembakkan serangan kombinasi mematikan antara laser beam dari kepala mesinnya dan gravity beam dari kepala asli ghidorah.

Fake Godzilla

Satu lagi kaiju robot yang masih ada hubungannya dengan Mechagodzilla versi Toho adalah Fake Godzilla. Awalnya Fake Godzilla adalah nama lain dari Mechagodzilla yang muncul dengan kulit Godzilla, tetapi seiring dengan berjalannya waktu Toho kemudian kembali memperkenalkan ulang karakternya sebagai monster cyborg buatan bangsa alien Xillian yang memang terkenal karena kecanggihan teknologinya. Setibanya di Bumi, Fake Godzilla yang dikendalikan oleh seorang Xillian bernama Zagreth sengaja dibiarkan mengamuk di Jepang agar para manusia menganggapnya sebagai Godzilla asli. Mungkin karena alasan propaganda inilah di sebagian ceritanya Godzilla dianggap sebagai monster yang jahat.

Gigan

Lagi-lagi berhubungan dengan alien, Gigan adalah kaiju robot lain yang diciptakan oleh bangsa Nebulan dan sengaja dikirim ke Bumi untuk bertarung bersama King Ghidorah agar bisa mengalahkan Godzilla. Namun karena Gigan datang terlambat setelah King Ghidorah dikalahkan, pada akhirnya dia harus menghadapi Godzilla sendirian. Walaupun begitu tubuh cyborg Gigan terbukti mampu membuat Godzilla lebih kewalahan dari sebelumnya. Di mana dia mempunyai kemampuan untuk terbang melesat dengan teknologi anti-gravitasi serta mempunyai tubuh yang sepenuhnya senjata, seperti lengan sabit, kacamata laser, dan perut yang bisa mengoyak seperti gergaji mesin.

Moguera

Kaiju robot terakhir yang sempat jadi lawan serius bagi Godzilla adalah MOGUERA, singkatan dari Mobile Operation Godzilla Universal Expert Robot Aero-type. Berdasarkan kepanjangan namanya ini kita sudah bisa menebak bahwa Moguera adalah robot yang sengaja diciptakan oleh ilmuwan manusia untuk mengalahkan Godzilla. Secara bentuk Moguera mirip seperti robot tikus tanah raksasa yang mempunyai dua mode kendaraan, yaitu Land Moguera untuk menembus tanah dan Star Falcon yang bisa terbang. Selain itu dia juga dibekali dengan meriam plasma, bom EMP, misil spiral, laser, dan sebaginya. Semua senjata inilah yang membuatnya sering dianggap lebih superior dari Mechagodzilla.

Itu dia lima kaiju robot yang pernah diceritakan menghadapi Godzilla dan sama-sama menghadirkan ancaman yang besar bagi sang King of Monsters. Meskipun pada akhirnya para kaiju robot ini berhasil dikalahkan dengan upaya yang besar, tetapi jika dibandingkan dengan monster biasa mereka tetap berada di peringkat teratas sebagai kaiju terkuat dalam ceritanya, baik versi Toho maupun MonsterVerse. Hal ini membuktikan bahwa siapa pun bangsa yang ingin mengalahkan Godzilla selalu punya cara untuk terus mengembangkan ‘senjata hidup’ yang lebih kuat dari sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.